Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita Otomotif

Pamer Motor Listrik Bergaya ‘Brutal’, Inilah Dragster 500GP Besutan Italjet

Italjet Dragster 500GP.
Italjet Dragster 500GP. (Sumber: Italjet)

Dragster 500GP adalah motor listrik ‘buas’ terbaru yang dipamerkan oleh Italjet.

Autos.id – Saat acara otomotif internasional EICMA 2022 di kota Milan, Italia, Italjet memperkenalkan skuter anti-mainstream yang diberi nama Dragster 500GP.

Dilansir dari Visordown, pihak Italjet mengakui bahwa dunia motor hypersport menjadi inspirasi untuk tampilan ‘unik’ Dragster 500GP. Dan disebutkan juga bahwa motor ini memang dirancang untuk pengendara yang menyukai motor yang ringan dan kelincahan berkendara.

Italjet Dragster 500GP tampak depan.

Italjet Dragster 500GP tampak depan. (Sumber: Italjet)

Massimo Tartarini selaku Presiden dan CEO Italjet menjelaskan bahwa Dragster 500GP menjadi tanda babak baru dalam sejarah kedaraan roda dua, sekaligus menjadi tren baru dari merek Italjet.

Sementara demi menghindari persamaan dengan skuter pada umumnya, karakter Dragster 500GP dibuat ‘berotot’ dan gagah, ditambah dukungan mesin yang bertenaga.

Membahas dapur pacunya, mesin satu silinder empat tak berpendingin cairan dengan empat katup disematkan pada Dragster 500GP. Mesin tersebut berkapasitas 450 cc dengan bore 94,5 mm dan stroke 64 mm sehingga mampu menghasilkan 43 tenaga kuda pada 8.000 rpm dan torsi 43 Nm pada 6.000rpm.

Kemudian yang membuat Dragster 500GP berbeda dengan skuter pada umumnya adalah tidak menggunakan transmisi CVT. Kemudian girboks 6 percepatan dengan kopling basah multi-pelat dipasang pada motor besutan Italjet ini. Sedangkan paket teknisnya mengandalkan injeksi elektronik, start elektrik dan knalpot dua arah yang terletak di bagian bawah bodi.

Untuk sasisnya sendiri, rangka teralis ditambah garpu depan upside-down 47 mm serta shock breaker ganda hidropneumatik disematkan pada Dragster 500 GP.

Lalu sistem pengeremannya, bagian depannya menggunakan dua cakram berdiameter 270 dan bagian belakang dengan cakram berdiameter 230 mm, dimana mendapatkan kaliper Brembo serta dilengkapi sistem ABS.

Italjet Dragster 500GP tampak samping ke belakang.

Italjet Dragster 500GP tampak samping ke belakang. (Sumber: Italjet)

Dragster 500 GP ini pun diberi ban Pirelli dengan ukuran depannya adalah 120/70-15 dan belakangnya adalah 160/60-15. Sementara untuk untuk bobotnya, skuter besutan Italjet ini berbobot 180 kilogram, dengan didukung wheelbase kompak 1.484 mm dan sadel setinggi 820 mm.

Terakhir, tangki bahan bakar Dragster 500 GP ini memiliki kapasitas 12 liter. Pihak Italjet sendiri belum memberi informasi secara resmi tentang harganya, namun kemungkinan besar skuter brutal ini akan dijual pada pertengahan tahun depan.

 

Sumber: Visordown

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Berita Otomotif

Address 125 versi terbaru akhirnya diluncurkan oleh Suzuki dengan klaim lebih hemat bensin. Autos.id – Suzuki baru saja meluncurkan skuter matic Address 125 versi...

Berita Otomotif

Dalam acara EICMA bulan November ini, Kymco memamerkan motor sport listrik baru yang desainnya membuat merinding. Autos.id – Kymco membuat gebrakan di acara otomotif...

Berita Otomotif

Perusahaan otomotif asal Spanyol yaitu Seat dengan bangga meluncurkan motor listrik dengan nama Mo 125 Performance. Autos.id – Mo 125 Performance adalah motor listrik...

Berita Otomotif

Aprilia dikabarkan sedang mengembangkan proyek motor listrik dengan nama Electrica. Autos.id – Aprilia sepertinya siap untuk terjun ke industri motor listrik. Perusahaan roda dua...