Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita Otomotif

Nissan Resmi Hentikan Penjualan March Secara Global

Nissan March Resmi Dihentikan Penjualannya Secara Global

Dengan diberhentikannya penjualan dan produksi Nissan March, maka berakhir sudah kiprah 40 tahun Nissan March yang sudah hadir di pasar global dan hadir dalam 4 generasi.

Autos.id – Nissan March bisa dikatakan merupakan salah satu City Car atau Small Hatchback yang cukup populer dimasanya termasuk di Indonesia. Namun seiring berjalannya waktu, popularitasnya mobil yang satu ini terus menurun. Hingga pada akhirnya di tahun 2022 ini, Nissan Motor Co memutuskan untuk menghentikan penjualan Nissan March ini di Jepang yang juga berimbas pada penjualan di pasar global.

Popularitas yang terus menurun serta fokus Nissan yang juga mulai berfokus pada elektrifikasi membuat Nissan mengambil langkah penghentian produksi dari March ini.

Nissan March Resmi Dihentikan Penjualannya Secara Global

Penghentian Penjualan Nissan March

Seperti yang dilansit oleh Kyodo, setelah kurang lebih 40 tahun Nissan March hadir di pasar global, populrasi dari mobil ini memang terus menurun terutama dalam beberapa tahun terakhir. Pabrik di Thailand yang ditunjuk Nissan sebagai basis produksi March juga sudah mengakhir produksi City Car ini. Meskipun begitu, di beberapa negara, Nissan masih akan menjual March dengan nama Micra.

Menurut Asosiasi Dealer Mobil Jepang, pada tahun 2021 saja, penjualan Nissan March hanya berhasil laku terjual sebanyak 8.000 unit saja. Artinya itu hanya sekitar 10% dari volume penjualan mobil compact dari Nissan secara keseluruhan. Misalnya bila dibandingkan Nissan Note, ditahun yang sama masih bisa terjual hingga 90.000 unit.

Selain karena alasan semakin menurunnya penjualan dan popularitas mobil ini, Nissan mengambil langkah ini juga sebagai strategi mereka yang akan mulai berfokus ke elektrifikasi. Salah satu cara yang dilakukan Nissan adalah dengan mempersempit lini produk mereka dan memfokuskan sumber daya mereka ke produksi kendaraan elektrifikasi.

Nissan March Resmi Dihentikan Penjualannya Secara Global

Bahkan Nissan sendiri sudah menginvestasikan hingga 2 Triliun Yen atau setara 14 Miliar Dolar Amerika untuk pengembangan mobil eliktrifikasi pada tahun fiscal 2026. Serta Nissan juga memang berencana akan meluncurkan hingga 15 mobil elektrifikasi pada tahun fiscal 2030 mendatang.

Selama 40 tahun kehadirannya, Nissan March sendiri memiliki penjualan kumulatif yang tergolong tinggi yaitu 2,57 juta unit di Jepang. Angka ini termasuk tinggi untuk ukuran sebuah City Car yang sudah hadir sebanyak 4 generasi tersebut. Generasi yang saat ini masih dijual ini merupakan generasi keempat yang sudah ada sejak tahun 2010 silam.

Salah satu keunggulan Nissan March sendiri dibandingkan kompetitor adalah handling dan manuver yang cukup presisi dikelasnya. Serta desain mobil ini yang cendrung membulat dan timeless membuat Nissan March banyak digemari khususnya di Jepang serta digemari oleh para wanita. Meskipun harus diakui beberapa pesaing dikelasnya seperti Toyota Yaris dan Honda Fit yang terus diberikan update dan pergantian generasi.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Berita Otomotif

Perubahan drastis Nissan March yang hanya akan tersedia dalam format mobil listrik memperkuat keseriusan aliansi Renault-Nissan-Mitsubishi yang memang mulai menggencarkan mobil elektrifikasi. Autos.id – ...

Nissan

FashionablyMarch merupakan lomba tulis untuk blogger dan lomba foto yang berhadiah jalan-jalan ke Inggris dan Pulau Komodo, serta uang tunai untuk 3 pemenang. Jakarta,...

Nissan

New Nissan March masih menggunakan desain dan mesin yang serupa pendahulunya, namun ditambahn dua fitur baru pada eksterior dan interior. Tangerang, Autos.id – New...

Nissan

Nissan March terbaru akan dibangun di Flins, Perancis dan mulai dijual di Eropa pada Maret 2017 dengan dua pilihan mesin bensin dan satu mesin...