Connect with us

Hi, what are you looking for?

Mobil

NIO Mobil Listrik Fast Chargingnya Cuma 12 Menit!

Nio Menghadirkan Teknologi Fast Charging Mobil Listrik Hanya Dalam Waktu 12 Menit

Pengisian daya Fast Charging terbaru dari NIO ini disebut-sebut menjadi pengisian daya mobil listrik tercepat yang pernah ada hingga sejauh ini.

Autos.id – Salah satu kendala dari pengisian daya mobil listrik adalah waktu pengisian daya yang sangat lama. Bahkan sekalipun dilengkapi teknologi fast charging, waktu pengisian daya sebenarnya tidak secepat yang dibayangkan. Namun, salah satu perushaan otomotif Tiongkok, NIO menghadirkan teknologi pengisian daya fast charging lebih cepat lagi.

Teknologi pengisian daya fast charging dari NIO ini bisa membuat baterai mobil listrik terisi dari 10% hingga 80% hanya dalam waktu 12 menit saja.

NIO Menghadirkan Teknologi Fast Charging Mobil Listrik Hanya Dalam Waktu 12 Menit

Teknologi Fast Charging Terbaru

Mengutip dari Gizmochina pada Rabu (28/12/2022), pengisian daya mobil listrik fast charging dari NIO ini memanfaatkan daya sebesar 500 kW. Mereka klaim bahwa pengisian daya mobil listrik dengan teknologi yang mereka kembangkan bisa setara dengan mengantri isi BBM hingga pengisian BBM apabila menggunakan mesin pembakaran konvensional.

Teknologi ini sendiri di perkenalkan oleh NIO dalam acara NIO Day 2022. Dalam penjelasannya, pihak NIO menyebut bahwa penggunaan teknologi fast charging ini tidak terbatas pada produk mobil listrik NIO saja. Sang CEO, William Li menyebut bahwa selama mobil listrik output arus maksimum 660 Ampere, maka bisa memakai pengisian daya fast charging dari NIO ini.

William menyebutkan beberapa merek mobil listrik selain NIO yang bisa gunakan teknologi ini antaranya BYD, Tesla, XPeng, serta Li Auto. “Dalam sekitar 80% daya yang tersedia pada stasiun pengisian daya yang kami miliki, nantinya akan tersalurkan hingga ke lebih dari 110 brand selain NIO”, tambahnya.

NIO Menghadirkan Teknologi Fast Charging Mobil Listrik Hanya Dalam Waktu 12 Menit

Beberapa mobil listrik yang bisa gunakan fast charging berkapasitas 500 kW ini setidaknya punya daya di atas 800 volt. Dengan begitu, mobil ini nantinya bisa terisi dengan daya yang lebih cepat daripada mobil berplatform 400 volt.

Apabila mobil listrik butuh 800 VA, untuk mengisi daya hingga 80% bisa tuntas hanya 12 menit saja. Sedangkan mobil listrik berukuran 400 Volt, waktu pengisian 10 hingga 80% butuh waktu 20 menit. Masih lebih cepat daripada charger konvensional.

Jika mengisi daya dengan SPKLU konvensional, rata-rata mobil listrik butuh waktu 3 jam sampai terisi penuh. Itupun dengan syarat, charger standar atau  1 jam dengan fast charging. Sedangkan fast charging terbaru dari NIO ini, bisa mencapai 12 menit saja.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Mobil

Teknologi pengisian daya yang lebih stabil ini baru hadir di Eropa dengan kerjasama antara Honda Motor Europe dengan Kraftwerke GmbH. Autos.id – Berbicara mengenai...

Mobil

Nantimya teknologi pengisian daya mobil listrik tanpa kabel yang sedang dikembangkan oleh Obayashi dan Denso ini bisa mulai digunakan pada tahun 2025 mendatang. Autos.id...