Nantimya teknologi pengisian daya mobil listrik tanpa kabel yang sedang dikembangkan oleh Obayashi dan Denso ini bisa mulai digunakan pada tahun 2025 mendatang.
Autos.id – Dalam beberapa tahun terakhir, trend mobil listrik memang sudah semakin banyak digemari. Setiap brand otomotif dunia berlomba-lomba dalam menghadirkan berbagai produk mobil listrik yang tentu jauh lebih ramah lingkungan. Ternyata tidak berhenti sampai disitu, karena berbagai inovasi dilakukan untuk memudahkan penggunaan mobil listrik. Termasuk diantaranya adalah pengisian daya mobil listrik yang bisa saja tidak memerlukan kabel untuk pengisian daya mobil.
[tps_footer]Saat ini grup konstruksi asal Jepang Obayashi bersama pemasok suku cadanf mobil, Denso sedang mengembangkan pengisian daya mobil listrik tanpa memerlukan kabel charger atau Wireless Charging
[/tps_footer]
.
Inovasi Pengisian Daya Mobil Listrik
Seperti yang dilansir Nikkei pada Rabu (21/9/2022), Obayashi dan Denso memang sedang mengembangkan sebuah teknologi memungkinan pengisian daya mobil tidak harus menggunakan kabel pengisian daya. Dalam pengisian daya berteknologi wireless charging ini bisa bekerja pada sebuah mobil listrik berukuran kevil yang bisa berjalan dengan kecepatan 15 km/jam di jalur kumparan listrik yang tidak terputus dibawah permukaan jalan.
Nantinya alat pengisian yang tidak memerlukan kabel ini bisa beroperasi sepanjang waktu sehingga bisa digunakan oleh seluruh mobil listrik setiap saat. Dengan tidak perlu menggunakan kabel saat pengisian daya mobil listrik ini, secara tidak langsung akan menghilankan kebutuhan akan penggunaan baterai berukuran besar serta memperluas perjalanan dengan mobil listrik.
Nantinya pemanfaatan Wireless Charging atau pengisian daya pada tanpa kabel pada mobil listrik ini akan memanfaatkan induksi medan magnet. Yang artinya arus listrik bisa disalurkan ke kumparan di dalam jalan serta menghasilkan arus listrik yang sudah terpasang pada mobil listrik.
Dalam pengembangan ini, Obayashi akan menggunakan semacam beton bertulang yang bisa meningkatkan daya tahan pada perkerasan. Selain itu beton bertulang ini akan memungkinkan gulungan jalan yang bisa terpasang pada permukaan jalan untuk memberikan efek pengisian daya lebih optimal lagi.
Lalu Denso sendiri akan mengerjakan kinerja koil serta sumber daya untuk melihat bagaimana efeknya saat terpasang di mobil listrik. Dengan penggunaan teknologi ini yang memanfaatkan kumparan listrik dibawah jalan akan menyebabkan hilangnya transmisi daya. Serta tantangan yang harus dihadapi dalam proses pengembangan ini adalah biaya konstruksi yang cendrung lebih mahal dibandingkan alat untuk pengsian daya konvensional.
Untuk itulah baik dari Obayashi serta Denso masih terus mengumpulkan data dari berbagai pengetesan yang dilakukan secara tertutup. Obayashi dan Denso memastikan bahwa penggunaan pengisian daya tanpa kabel ini bisa segera terpasang dan dicoba oleh publik paling cepat pada tahun 2025 mendatang.
Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.