Berita Otomotif

New Porsche Macan, Aumannya Semakin Kencang

Perubahan New Macan tidak tanggung-tanggung, karena semua sektor telah diperbarui, mulai dari mesin, ekterior dan interior.

Jakarta, Autos.id  –  Belum lama ini di Jakarta, PT. Eurokars Artha Utama sebagai distributor mobil Porsche di Indonesia meluncurkan varian terbaru dari Macan. new Macan sebagai SUV paling sporty di entry level.

Front fascia mengadopsi teknologi 3D dengan mendesain lampu LED. Hal itu dibuktikan dengan perbedaan bentuk dari tampak depan dan dari tampak samping. Teknologi tersebut telah diperkenalkan pada Porsche Macan pertama pada lampu bagian rear lamp. Porsche menyebutnya dengan Porsche Dynamic Light System Plus (PDLS).

Kelebihan lampu PDLS ini memiliki  kemampuan mendistribusikan cahaya secara adaptif. Bila mesin dihidupkan, lampu depan bekerja atas sensor dan motorized yang dapat bekerja naik dan turun sesuai kebutuhan. Seperti saat berpapasan dengan mobil di arah berlawanan dan ditunjang dengan sebuah reflektor aktif bekerja saat mobil berbelok.

Dengan perubahan rongga grille utama didominasi garis vertikal, kemudian lampu senja terletak di side grille dengan gaya lebih tipis, dan memiliki fungsi ganda sebagai lampu sein dengan gaya floating.

Warna grille high gloss black  menunjukkan paket sport design, yang menghadirkan kesan ekslusif.

Dari lampu belakang telah mengadopsi desain baru. Tetap menggunakan desain 3D yang diperkaya dengan susunan seratus lampu LED berukuran kecil yang cukup stylish.  Logo Porsche yang terletak tepat dibawah rear lamp yang memanjang dari satu sudut ke sudut lain. Rupanya gaya ini akan menjadi patern atas varian Porsche yang sedang dikembangkan, seperti yang tertuang pada Sport 911 dan 918 Spyder.

Menuju ke sektor interior, ada sebuah fitur baru, yang oleh pihak Porsche disebut sebagai system Sport Chrono,  Sebuah tombol driving mode switch yang terdiri dari  normal,  sport, sport plus dan individual, berada tepat di sisi kanan stir.

Fitur ini diadopsi dari sports car GT ditambah sport response button yang menjadi bagian dari Sport Chrono, dengan menawarkan durasi 20 detik, untuk berakselerasi lebih cepat dan dorongan mesin yang lebih.

Kabin yang mewah didukung system infotainment ala Porsche, yang mereka sebut sebagai Porsche Communication Management (PCM). Sebuah layar infotainment 11 inci terletak di konsol tengah, dengan layar sentuh full HD yang telah diperbesar menjadi 11 inci, sama seperti Porsche Panamera dan Cayenne.

Bermain di segmen sport SUV, sasisnya telah di tuning lebih bagus, sehingga menghasilkan stabilitas dan kenyamanan. Ditopang dengan velg 20-21 inci, New Porsche Macan menjadi lebih sporty, dan memaksimalkan fitur Porche Traction Management (PTM) yang cukup cerdas saat pengemudi menginginkan dinamika berkendara diatas kebiasaan.

Sebagai Sports SUV, pilihan mode berkendara yang diinjeksi pada system Sport Chrono, juga ditopang dengan system suspensi yang mendukung. Porsche menyebutnya sebagai adaptive air suspension system dengan 2 chamber technology yang mereka sebut sebagai PASM.  Suspensi akan beradaptasi bergantung gaya berkendara, ground clearance akan turun -15 mm, atau bertambah +40 mm saat keadaan offroad.

Sektor mesin New Macan dibekali mesin baru berkapasitas 2 liter, V4 turbocharged inline, yang memberikan tenaga hingga 248 hp dan torsi 370 Nm.

Selain New Macan, Porsche juga memperkenalkan varian lainnya yaitu New Macan S yang dibekali mesin baru berkapasitas 3 liter, V6 turbocharged, yang memberikan tenaga hingga 354 hp dan torsi 480 Nm.  SUV berpenggerak all wheel drive ini berakselerasi lebih mantap, berkat penempatan turbocharger-nya yang diposisi sentral mesin V.

Hal itu berimplikasi jarak gas buang lebih pendek antara ruang bakar dan turbocharger, serta memberikan pengalaman berkendara lebih responsif.

Sayangnya, belum ada harga resmi untuk Porsche New Macan ini, namun peminat Porsche dapat melakukan inden untuk varian New Macan dan New Macan S dengan durasi 3-4 bulan, termasuk pola konfigurasi yang dikehendaki customer. Namun bila stok ready hanya cukup 1-2 bulan saja.

 

 

 

 

 

Comments

0 comments

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular

Review Mobil & Motor, Komparasi, Harga, Komunitas, Modifikasi dan Berita Industri Otomotif Indonesia.
To Top