Connect with us

Hi, what are you looking for?

Motor

Negara Ini bagi Motor Listrik Gratis ke Penduduknya

Negara Ini Membagikan Motor Listrik Secara Gratis Kepada Penduduknya

Uganda menjadi salah satu contoh negara yang mau membagikan secara gratis motor listrik langsung kepada para penduduknya.

Autos.id – Percepatan teknologi elektrifikasi mulai banyak dilakukan oleh berbagai brand hingga pemerintahan suatu negara. Salah satu hal unik ada di sebuah negara Afrika, Uganda yang memberikan secara gratis motor listrik dijual serta memberi garansi  pendukung agar penduduknya mau beralih kendaraan listrik.

Ini merupakan negara pertama di dunia yang memberikan secara gratis kendaraan elektrifikasi kepada warganya untuk mempercepat elektrifikasi.

Negara Ini Membagikan Motor Listrik Secara Gratis Kepada Penduduknya

Membagikan Motor Listrik Gratis

Dikutip dari Electrek.co, Presiden Uganda, Kaguta Musaveni mengatakan langkah ini dilakukan agar warga negaranya bisa merasakan motor listrik yang ramag lingkungan. Dalam program ini, masyarakat bisa melakukan tukar tambah motor yang mereka miliki dengan motor listrik yang sudah disiapkan pemerintah Uganda.

Musaveni menyebut bahwa pemerintah Uganda juga sudah bekerjasama dengan beberapa investor untuk memproduksi motor listrik dalam jumlah besar. “Kami sudah sepakat dengan beberapa investor untuk membuat motor listrik di negara kamu. Dengan ini akan menghemat penggunaan sepeda motor hingga 50%”, ujar Musaveni.

Dalam kebijakan ini, para investor selain akan memproduksi motor listrik, juga akan membangun statsiun pengisian daya dan pertukaran baterai motor listrik. Salah satu produsen yang akan memproduksi motor listrik di negara tersebut adalah merek lokal Zembo.

Negara Ini Membagikan Motor Listrik Secara Gratis Kepada Penduduknya

Zembo sendiri akan menghadirkan produk motor listrik yang dijual dengan harga sekitar 5 juta Shilling Uganada atau setara 1.350 Dolar Amerika atau Rp 21 jutaan. Selain menyasar pengguna pribadi, motor listrik gratis ini juga ditujukan oleh para pengendara ojek online dengan jaminan biaya opersional yang jauh lebih rendah.

Lebih lanjut, Menteri Sains dan Teknologi Uganda, Dr. Monica Mussero menyebutkan bahwa motor listrik ini diklaim memiliki biaya operasional yang lebih rendah. “Kami juga menjamin bahwa semua motor listrik yang kami bagikan 60% lebih murah karena tidak menggunakan BBM”, ujar Mussero.

Mussero menambahkan bahwa salah satu keunggulan motor listrik ini adalah tidak memerlukan perawatan rutin yang rumit serta biaya pengisian daya yang tergolong terjangkau. Ia menyebut bahwa motor-motor listrik ini juga tergolong aman dan sulit dicuri karena dibekali dengan beberapa sensor canggih.

Selain membagikan motor listrik gratis, pemerintah Uganda juga sudah menyiapakan tempat pengisian daya dan pergantian baterai motor listrik. Beberapa tempat di berbagai sudut ibukota negara tersebut, Kampala sudah mulai terisi dengan layanan tersebut.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Merk Motor

Autos.id – Gesits Raya sepertinya punya senjata baru untuk model 2023 mereka. Kabarnya nama motor listrik dengan setang telanjang ini bakalan hadir untuk memenuhi...

Berita Otomotif

Indonesia memiliki motor listrik yang sedang dikembangkan di Purbalingga dengan nama Bralink EV-1. Autos.id – Bralink EV-1 boleh jadi kebangaan warga Purbalingga, Karena bisa...

Motor

Last updated on 12 Desember, 2022 Charged Indonesia kembali dapatkan kepercayaan investasi dari VMoto. Kepercayaan ini terjalin, setelah Vmoto Soco Group suntikkan dana ke...

Motor

Autos.id – Subsidi motor listrik tahun depan oleh Pemerintah. Seperti Pemerintah buat insentif untuk menarik perhatian masyarakat. Padahal motor listrik sendiri masih baru di...