Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita Otomotif

Moge Masuk ke Tol? Memang Bisa?

moge masuk toll

Autos.id – Moge Masuk Tol? Apakah Bisa? Pertanyaan ini pasti banyak yang hadir dari beberapa punggawa moge termasuk komunitas motor gede seperti Harley Davidson.

Namun, saat ini banyak sekali yang inginkan Moge masuk ke tol dengan alasan beberapa jalanan di Luar negeri bahkan negara tetangga seperti Thailand dan Malaysia sudah memperbolehkan motor gede bisa lewat jalanan bebas hambatan tersebut.

moge masuk ke tol

Kok bisa wacana ini kembali ke permukaan? Ternyata Irianto Ibrahim, Presiden Motor Besar Club Indonesia membuat sebuah video permintaan agar bisa memberikan izin Moge lewat jalanan tol. Apa alasannya dia membuat statement lama tersebut kembali lagi dan alasan apalagi yang yang dia ungkapkan dan mendesak pemerintah untuk bolehkan Moge masuk ke Jalan tol?

Jalan tol luar negeri bolehkan Moge masuk

Tentu saja banyak pengguna moge Indonesia berseliweran atau melancong ke Indonesia. Baru ini saja Harley-Davidson Club Indonesia mengunjungi kota Melbourne, Australia untuk meresmikan cabang dari HDCI Australia tersebut. Kebetulan terdokumentasi oleh akun instagram Indonesia in Melbourne, akun resmi Konsulat Indonesia di Victoria, Australia.

Selain itu, Thailand dan Malaysia juga memperbolehkan motor gede bahkan motor bebek pun bisa masuk ke tol. Bahkan hal seperti sudah lumrah untuk mereka. Belum lagi, pengguna moge ini sebenarnya pernah cicipi berkendara di Highway Amerika Serikat.

Memang permintaan akan masuknya Moge ke jalan tol sendiri jadi polemik. Bahkan sudah 10 tahun lebih mereka meminta hal tersebut. Menurut Irianto sendiri mengutip dari CNNIndonesia mereka sebenarnya tidak ingin mengganggu masyarakat. Dan Moge sendiri bisa lewat tol akan mengurangi interaksi dengan masyarakat dan protes mereka tentu saja.

Belum lagi adanya keinginan para pelancong untuk menikmati Indonesia dan turing keliling Indonesia. Tentu jadi alasan baru soal pemasukan devisa ke Pemerintah, itu menurut mereka.

Tanggapan BPTJ dan Kepolisian Berbanding Terbalik

moge masuk toll

Sebenarnya dalam Peraturan Pemerintah pasal 38 tahun 2005 sudah ada larangan pemotor masuk ke jalan tol. Karena peraturan pemerintah pun juga mempertegas hal ini termasuk Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman juga menambahkan bahwa aturannya sudah menyatakan tidak boleh masuk ke jalan tol untuk roda dua ya harus mematuhi aturan tersebut.

Bahkan Kepala Badan Pengaturan Jalan Tol, Danang Parikesit juga mengatakan kalau urgensi mereka saat ini menekan zero fatalities. Belum lagi masuknya motor gede ke tol menambah tingkat resiko kecelakaan itu sendiri.

Karena itu, belum ada urgensi-nya masuknya moge ke tol. Lagian banyak kecelakaan melibatkan pemotor besar itu lebih berbahaya bukan.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Daftar Harga Motor

Ducati merupakan salah satu merek motor internasional yang produknya juga dipasarkan di Indonesia. Autos.id – Ducati adalah salah satu produsen motor sport terkemuka di...

Daftar Harga Mobil

MINI merupakan merek otomotif asal Inggris yang dimiliki oleh BMW dan menargetkan pasar mobil kecil. Autos.id – MINI adalah merek mobil yang terkenal dan...

Daftar Harga Motor

Harley Davidson di Indonesia memiliki pasarnya tersendiri hingga terdapat komunitasnya. Autos.id – Harley Davidson adalah perusahaan asal Amerika Serikat yang terkenal karena produksi sepeda...

Moto Guzzi

Berdiri sejak 1920-an, Moto Guzzi juga memasarkan produknya di Indonesia. Autos.id – Moto Guzzi adalah perusahaan sepeda motor asal Italia yang didirikan pada tahun...