Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita Otomotif

Mobil Termurah di Dunia Ini Bakal Diproduksi Lagi?

Logo mobil Tata Nano.
Logo mobil Tata Nano. (Sumber: Otoblitz)

Tata Motors kabarnya akan kembali memproduksi (lagi) mobil termurah yang ada di dunia.

Autos.id – Apakah pembaca ingat tentang nama ‘Tata Nano’? Mobil yang sempat hadir pada 2008-2018 dan menjadi mobil termurah yang pernah dijual di dunia. Dan kabarnya, mobil tersebut akan kembali masuk ke jalur produksi.

Membahas Tata Nano, mobil yang dibanderol Rp20 jutaan ini memang memiliki target pasar untuk keluarga menengah ke bawah, yang mana biasanya kalangan keluarga yang dimaksud adalah pengguna sepeda motor yang hanya bisa mengangkut dua orang saja.

Mobil Tata Nano.

Mobil Tata Nano. (Sumber: Jabarpublisher)

Saat pertama kali meluncur pada tahun 2008, Tata Motors selaku produsen Tata Nano percaya mobil termurah se dunia itu akan laris di India. Namun hal itu tidak sesuai harapan karena produksinya ‘terpaksa’ berhenti 10 tahun kemudian.

Menurut berbagai sumber, alasan berhenti produksi TATA Nano, karena merosotnya angka penjualan. Pada bulan Juni 2018 hanya ada satu unit yang terjual. Sedangkan setahun sebelumnya, terdapat 275 unit yang terjual.

Hal itu memperparah total penjualan dengan harga Tata Nano meningkat tajam seiring berjalannya waktu, karena terakhir kali harganya mencapai 236.447 rupee atau setara Rp40 jutaan.

EV Jadi Solusi Mobil Termurah Ini

Dilansir dari Cartoq, Chandrasekaram selaku Chairman of Tata Motors mengungkapkan bahwa ada target jangka pendek untuk perusahaannya.  Yaitu menjual 19.500 unit EV (mobil listrik) pada 2022 dan 100.000 unit pada 2024.

Sementara untuk saat ini, Tata Motors sudah menjual mobil listrik dengan tiga model yaitu Nexon, Tigor dan Tiago. Dengan maksud meningkatkan pangsa pasar, perusahaan tersebut kabarnya siap membangkitkan kembali Tata Nano.

Interior Mobil Murah Tata Nano

Interior mobil Tata Nano. (Sumber: Jabarpublisher)

Dari sumber yang sama, kabarnya  Jayem Automotives yang merupakan rekan Tata Motors mengumumkan versi listrik dari Tata Nano dengan merek Jayem Neo.

Dengan spesifikasi yang ada, termasuk baterai 17 kWh, mobil listrik tersebut klaim memiliki jarak tempuh 203 kilometer dengan satu kali pengisian daya. Untuk kecepatan tertingginya adalah 85 km/jam.

Sayangnya dengan kabar yang beredar, pihak Tata Motors belum membuat pengumuman resmi apakah mereka akan memproduksi Tata Nano versi listrik.

 

Sumber: Cartoq

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Daftar Harga Motor

Salah satu merek sepeda motor yang familiar di Indonesia adalah Suzuki, yang mana produk-produknya memiliki pelanggan loyal tersendiri. Autos.id – Suzuki adalah perusahaan Jepang...

Kymco

Meskipun tidak terbilang banyak penggunanya, sepeda motor merek Kymco juga dipasarkan di Indonesia. Autos.id – Kymco adalah produsen kendaraan roda dua asal Taiwan yang...

Daftar Harga Motor

KTM adalah perusahaan motor asal Austria, namanya diambil dari singkatan Kronreif & Trunkenpolz Mattighofen. Autos.id – KTM adalah merek sepeda motor yang berpusat di...

Royal Enfield

Di Indonesia, Royal Enfield menjadi salah satu merek yang menyasar jenis motor gede dengan kapasitas cc besar. Autos.id – Royal Enfield adalah produsen motor...