Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita Otomotif

Mobil Balap Jaguar XJR-9 Akan Dilelang, Segini Harganya!

Mobil Balap Jaguar XJR-9 Akan Dilelang, Segini Harganya!

Prestasi terbesar mobil Jaguar XJR-9 yang akan dilelang ini adalah menjadi juara ajang balap ketahanan 24 Hours of Daytona di tahun 1988 silam.

Autos.id – Baru-baru ini, salah satu mobil balap legendaris Jaguar XJR-9 yang pernah memenangkan lomba balap 24 Hours of Daytona akan segera dilelang. Mobil yang menjadi juara pada ajang balap ketahanan 24 jam terpopuler di Amerika Serikat tahun 1988 tersebut dilelang dengan harga yang sangat fantastis dengan kondisi mobil yang masih terlihat sempurna dengan nilai sejarah yang luar biasanya.

Mobil ini nantinya akan mulai dilelang di rumah lelang RM Sotheby yang akan dimulai pada tanggal 14 Mei mendatang.

Mobil Balap Jaguar XJR-9 Akan Dilelang, Segini Harganya!

Mobil Balap Juara 24 Hours of Daytona

Unit Jaguar XJR-9 yang akan di lelang kali ini merupakan mobil yang pernah merasakan juara lomba balap ketahanan 24 Hours of Daytona tahun 1988. Mobil ini sendiri pada saat itu berkompetisi di kelas GTP atau Grand Touring Prototype yang merupakan kelas tertinggi dalam ajang balap IMSA GT Championship atau ajang balap Sportscar paling bergengsi di negeri Paman Sam tersebut.

Seperti dikutup dari Motor Authority pada Rabu (11/5/2022), mobil Jaguar XJR-9 yang akan dilelang tersebut menggunakan sasis TWR-J12C-388. Mobil ini sendiri berkompetisi diajang balap IMSA GT Championship selama 3 tahun mulai tahun 1988 hingga 1990 silam.

Selama berkompetisi diajang balap tersebut, salah satu prestasi terbaik mobil ini adalah pernah menjadi juara ajang balap ketahanan 24 Hours of Daytona di tahun 1988. Saat itu mobil ini kendarai oleh 3 pembalap ternama seperti Davy Jones, Jan Lammers, serta Andy Wallace. Setelah digunakan selama 3 tahun, mobil tersebut lalu dikirimkan ke Musem TWR dan sempat mendapat restorasi pada tahun 2006 silam.

Mobil Balap Jaguar XJR-9 Akan Dilelang, Segini Harganya!

Berbicara mengenai spesifikasi mesin, Jaguar XJR-9 yang digunakan diajang balap tersebut menggunakan mesin 6.000 cc, V12 yang mampu menghasilkan tenaga hingga 690 Hp. Mobil ini sendiri memiliki bobot sekitar 893 kg. Untuk unit yang akan dilelang, mobil tersebut menggunakan warna hijau, putih, dan merah dengan adanya sponsor Castrol dan TWR Engineering.

Dalam ajang lelang ini, rumah lelang RM Sotheby sudah mematok harga lelang yang tergolong sangat fantastis. Kabarnya mobil ini akan dilelang mulai dari rentang harga 2 hingga 2,5 juta Dollar Amerika. Bila dikonversi ke Rupiah, mobil ini dihargai mulai dari Rp 29,8 hingga Rp 36,4 Miliyar . Apakah anda tertarik dengan mobil yang satu ini berminat mengikuti lelang yang satu ini?

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Balap

Selain akan digunakan untuk ajang ketahanan 24 Hours of Daytone, mobil prototipe LMDh dari BMW juga siap berlaga pada ajang balap ketahanan bergengsi 24...

Berita Otomotif

Mobil balap lawas yang jaya di balapan era 19-50an yakni Jaguar D-Type siap dihadirkan kembali. Kehadirannya sebagai bentuk perayaan bersejarahnya dalam mengangkat nama Jaguar...