Tahun 2019, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) bertekad menggeser Toyota menjadi No. 1 pasar otomotif di Indonesia
Jakarta, Autos.id – Tahun 2018 menjadi pencapaian menggembirakan bagi MMKSI karena penjualan selama Januari-Desember 2018 lalu mencapai 146.805 unit, yang berasal dari mobil penumpang sebanyak 98.964 unit dan 47.841 unit dari kendaraan niaga ringan.
Pencapaian tahun 2018 membawa optimisme bagi MMKSI dalam menghadapi persaingan pasar kendaraan penumpang tahun ini. Bahkan Mitsubishi pun langsung menyatakan ambisi untuk mendekati angka pemegang tahta terlaris penjualan mobil nasional oleh salah satu merek.
Maka tahun 2019, target Mitsubishi mencapai 150 ribu kendaraan yang meliputi 108 ribu mobil penumpang dan 42 ribu mobil niaga ringan.
Salah satu strategi untuk menambah volume jualan tahun ini adalah menambah line up baru pada tahun ini. Termasuk penyegaran produk yang telah dikembangkan sebelumnya.
Airbag Berujung Maut, Honda Kembali Recall Mobilnya
“Tahun 2019 kami akan membawa model baru ke Indonesia. Dengan adanya model baru, tentunya ini akan dapat meningkatkan volume penjualan. Kami akan mendekatkan jarak (penjualan) dengan yang sekarang ada di nomor satu,” kata Presiden Direktur MMKSI Naoya Nakamura di sela-sela media gathering di Jakarta baru-baru ini.
Kendati tidak menyebutkan model apa saja yang bakal meluncur tahun ini, namun Mitsubishi memberikan bocoran gambar sebuah mobil yang terselubung kain merah. Dari gambar tersebut, nampak seperti sosok Sport Utility Vehicle (SUV). “Saya tidak akan memberitahukan (apa modelnya), masih rahasia. Tunggu kehadirannya,” jawab Naoya Nakamura sedikit tertawa.
Selain rencana memperkenalkan mobil baru, tahun ini MMKSI akan mempercepat pengiriman kendaraan, terutama Xpander. Rata-rata waktu pengiriman maksimal satu bulan untuk wilayah DKI Jakarta. Sementara kapasitas produksi pabrik Mitsubishi Motors di Indonesia akan ditingkatkan hingga 160.000 unit per tahun dari di tahun fiskal 2020.
Strategi lain untuk menggenjot penjualan agar bisa menjadi yang pertama adalah menambah jaringan pemasaran di seluruh Indonesia. MMKSI berencana memenuhi target pengembangan dealer resmi khusus kendaraan penumpang Mitsubishi menjadi 153 dealer resmi kendaraan penumpang di akhir tahun fiskal 2019.
Fasilitas resmi Mitsubishi Bodi & Cat juga ditargetkan meningkat pada akhir tahun fiskal 2019 menjadi 20 fasilitas di seluruh Indonesia. “Sebenarnya sudah ada beberapa dealer yang telah berdiri dan beroperasi, hanya saja itu belum dilakukan seremoni (peresmian),” pungkas Director of Sales and Marketing MMKSI Irwan Kuncoro.
Proton Bantah Hengkang Dari Indonesia
Sedangkan untuk saat ini, Mitsubishi masih berada di peringkat ketiga dalam pasar otomotif di Indonesia. Untuk pelanggan terlaris, masih dipegang Toyota yang tetap menjadi nomor satu dengan perolehan 352.161 unit. Merek terlaris kedua yaitu Daihatsu (202.738 unit), diikuti Honda (162.170 unit) di posisi ketiga, dan Mitsubishi Motors di peringkat keempat (142.861 unit).
Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.