Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita Otomotif

Mengenal M20A-FXS, Mesin yang Rumornya Disematkan Toyota Pada Kijang Innova Hybrid Terbaru

Toyota Kijang Innova Hybrid.
Toyota Kijang Innova Hybrid. (Sumber: Toyota Astra Motor)

Seiring dengan kabar diluncurkannya Kijang Innova Hybrid terbaru, ada rumor bahwa Toyota akan menyematkan mesin M20A-FXS.

Autos.id – Setelah kabar diluncurkannya Kijang Innova Hybrid oleh Toyota, kini merebak rumor bahwa mesin M20A-FXS akan jadi andalan dari mobil terbaru yang dimaksud.

Dilansir dari MyMotorlist, mesin M20A-FXS merupakan mesin baru yang dimiliki oleh keluarga Toyota Dynamic Force. Membahas spesifikasinya, mesin tersebut memiliki kapasitas 1.986 cc dan desainnya sengaja dibuat agar memberikan efisiensi thermal hingga 41%.

Salah satu yang menarik dari mesin M20A-FXS adalah jika dikombinasikan dengan sistem hybrid, maka dapat memberikan keunggulan yang jauh lebih baik dibandingkan sistem hybrid berkapasitas 1.800 cc.

Mesin M20A-FXS.

Mesin M20A-FXS. (Sumber: MyMotorlist)

Pertama adalah dalam hal bobot, dimana M20A-FXS lebih ringan dibandingkan hybrid 1.800 cc, dan hal ini didapat berkat dukungan Power Control Unit (PCU) yang secara ukuran lebih kecil 20% dan lebih ringan 10%.

Tersiar kabar bahwa pihak Toyota menaruh PCU tepat di atas transaxle yang membuat sistem hybrid M20A-FXS menjadi lebih ringkas.

Selain hadirnya PCU, baterai pada sistem hybrid bermesin M20A-FXS pun lebih kompak namun mampu memuat sel lebih banyak jika dibandingkan dengan hybrid 1.800 cc.

Kelebihan lainnya dari sistem hybrid M20A-FXS adalah mesin ini diklaim memiliki power loss lebih rendah hingga 25%. Dan untuk mengurangi power loss tersebut, pihak Toyota mengkombinasikan sistem hybrid M20A-FXS dengan motor baru yang memiliki struktur rolling coil.

Sistem hybrid bermesin M20A-FXS.

Sistem hybrid bermesin M20A-FXS. (Sumber: Toyota Motor Corporation)

Motor baru tersebut merupakan motor listrik yang memiliki tenaga yang jauh lebih kuat dibanding hybrid 1.800 cc, yaitu mencapai 80 kW atau 107 dk dan torsi 202 Nm.

Dengan semua keunggulan tersebut, Toyota juga mengklaim bahwa mesin M20A-FXS yang dikombinasikan dengan sistem hybrid dapat memacu akselerasi 18% lebih baik dan juga konsumsi bahan bakar lebih hemat hingga 9%, dimana hal itu sesuai dengan standar JC08.

 

 

Sumber: MyMotorlist

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Berita Otomotif

Masih ‘seumur jagung’, pihak TKM India akan menghentikan penjualan unit Urban Cruiser. Autos.id – Kabar mengejutkan datang dari salah satu mobil besutan Toyota, yaitu...

Daftar Harga Mobil

Di pasar Indonesia, ada banyak merek mobil bekas dengan banderol terjangkau di bawah Rp100 juta. Autos.id – Bagi yang ingin membeli mobil murah namun...

Toyota

Toyota merupakan produsen mobil asal Jepang yang sudah lama memberikan mobil berkualitas di pasar Indonesia. Bagi yang berencana membeli mobil Toyota, kami hadir untuk...

Berita Otomotif

Kerjasama dengan Google membuat fitur asisten suara pada mobil-mobil Toyota tidak membutuhkan koneksi internet lagi. Autos.id – Untuk mengembangkan teknologi asisten suara, Toyota menjalin...