Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita Otomotif

Mengenal FWD yang Rumornya Akan Disematkan Pada Toyota Innova Hybrid

Toyota Innova Hybrid.
Toyota Innova Hybrid. (Sumber: Motor1)

Toyota Innova Hybrid disebut-sebut akan segera diluncurkan, namun kabarnya akan menggunakan sistem penggerak roda ‘baru’.

Autos.id – Dalam waktu dekat, Toyota kabarnya akan meluncurkan Innova versi mesin hybrid. Namun, selain tentang mesin, mobil hybrid besutan Toyota yang akan datang ini juga dikabarkan akan mengubah sistem penggerak.

Dilansir dari berbagai sumber, Toyota kabarnya akan menyematkan sistem penggerak roda depan alias FWD pada Innova Hybrid, dan juga menggunakan platform TNGA seperti yang ada pada mobil hybrid lainnya yang dibuat oleh Toyota.

Sistem penggerak roda depan (FWD).

Sistem penggerak roda depan (FWD). (Sumber: Torque)

Membahas tentang perubahan sistem penggerak pada Toyota Innova Hybrid, seperti apakah kelebihan dari FWD?

Sistem penggerak roda depan atau FWD ini dikabarkan akan punya dua kelebihan utama, yaitu dalam hal traksi dan juga harganya. Dengan menyematkan FWD, maka tenaga mesin disalurkan lewat roda depan mobil.

Kemudian komponen dari FWD juga lebih sederhana karena as roda terhubung langsung dengan mesin dan sistem transmisi. Cara memasang FWD pun jauh lebih mudah, begitu juga dengan cara merawatnya.

Selain dari pemasangan dan perawatan yang mudah, penggunakan FWD membuat biaya produksi bisa dipangkas. Tak hanya itu, desain yang sederhana membuat mobil yang menggunakan sistem FWD jauh lebih efisien.

Dengan sistem penggerak roda depan (FWD), mobil juga lebih hemat dalam penggunaan bahan bakar. Sementara untuk mobil hybrid, FWD memberi keuntungan dalam hal traksi, dimana mobil akan mendapatkan daya cengkeram yang bagus pada bagian depan.

Mengingat Toyota Innova identik dengan mobil keluarga, tentu penggunaan FWD bisa jadi keuntungan tersendiri. Sistem penggerak roda depan dikenal dapat membuat mobil menghasilkan suara yang halus saat dikemudikan dikarenakan tidak adanya gardan.

Detail sistem penggerak roda depan (FWD).

Detail sistem penggerak roda depan (FWD). (Sumber: Pinimg)

Membahas tenaga, mobil yang menyematkan FWD akan memiliki tenaga yang lebih besar namun bobot yang lebih ringan. Hal ini karena posisi mesin berada di bagian depan dan juga membuat konsumsi bahan bakar jadi lebih efisien alias hemat.

Sebagai informasi tambahan, Toyota sudah menggunakan sistem penggerak roda depan (FWD) pada Avanza yang sejak awal diluncurkan setia menggunakan RWD. Jadi, bukan tidak mungkin Innova Hybrid juga disematkan sistem yang sama.

 

 

Sumber: Berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Komparasi

Hyundai Ioniq 5 kini memiliki pesaing baru di pasar mobil listrik Tanah Air, yaitu Toyota bZ4X. Autos.id – Toyota bZ4X baru-baru ini diluncurkan oleh...

Berita Otomotif

Masih ‘seumur jagung’, pihak TKM India akan menghentikan penjualan unit Urban Cruiser. Autos.id – Kabar mengejutkan datang dari salah satu mobil besutan Toyota, yaitu...

Daftar Harga Mobil

Di pasar Indonesia, ada banyak merek mobil bekas dengan banderol terjangkau di bawah Rp100 juta. Autos.id – Bagi yang ingin membeli mobil murah namun...

Toyota

Toyota merupakan produsen mobil asal Jepang yang sudah lama memberikan mobil berkualitas di pasar Indonesia. Bagi yang berencana membeli mobil Toyota, kami hadir untuk...