Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita Otomotif

Mau Pasang AC Double Blower di Toyota Calya dan Daihatsu Sigra? Segini Harganya

Toyota Calya dan Daihatsu Sigra.
Toyota Calya dan Daihatsu Sigra. (Sumber: Autofun)

Masih sering jadi pertanyaan mengapa Toyota Calya dan Daihatsu Sigra tanpa double blower.

Autos.id – Toyota Calya dan Daihatsu Sigra menggunakan sistem ‘kipas angin’ yang disebut Air Recirculator untuk mendinginkan penumpang di bagian belakang. Sistem ini bekerja dengan menghisap udara dari bagian depan mobil dan mengembuskannya ke bagian belakang. Hal ini berbeda dengan double blower yang langsung mengambil udara dingin dari sistem AC.

Pertanyaannya, mengapa Toyota dan Daihatsu tidak menggunakan double blower? Pertanyaan ini timbul karena mobil ini memiliki ruang yang cukup luas dan masih ada ruang di bagian atap yang dapat digunakan untuk saluran AC ke double blower. Jadi, alasan tidak menggunakan double blower bukan karena keterbatasan ruang.

Toyota Calya.

Toyota Calya. (Sumber: Toyota Astra)

Daihatsu memberikan tanggapan terkait hal ini. Meskipun mobil ini menggunakan merek Toyota, sebenarnya keduanya diproduksi oleh Daihatsu. Oleh karena itu, mereka memiliki keahlian yang cukup untuk menjawab pertanyaan tersebut.

Air Recirculator dilengkapi dengan pengatur kecepatan dan masih memberikan sensasi dingin hingga ke baris jok ketiga.

Baca juga: Inilah Penyebab AC Mobil Cepat Rusak

Daihatsu Sigra.

Daihatsu Sigra. (Sumber: Kompas)

Berdasarkan informasi dari berbagai sumber, pihak PT Astra Daihatsu Motor mengungkap alasan mereka adalah terkait harga. Karena mobil-mobil yang dimaksud termasuk dalam skema LCGC (Low-Cost Green Car), ada batasan harga maksimum yang ditetapkan oleh pemerintah. Jika double blower ditambahkan ke spesifikasi mobil-mobil yang disebutkan, maka harganya akan melebihi batas yang telah ditetapkan.

Kehadiran sensor parkir depan, airbag, dan sistem pengereman ABS harus dikompensasi dengan menghilangkan satu sandaran kepala di bagian tengah serta menggunakan seat belt 2 titik untuk tiga penumpang di bagian belakang.

Baca juga: Tutup Tahun 2022, Penjualan Daihatsu Melonjak 24,9%, Sigra Masih Menjadi Kontribusi Terbesar

Interior Toyota Calya.

Interior Toyota Calya. (Sumber: Toyota Astra)

Apakah Bisa Dipasang Double Blower?

Dikutip dari berbagai sumber, apabila melihat dimensinya, baik Toyota Calya maupun Daihatsu Sigra dapat dipasang double blower Denso yang digunakan pada Suzuki Ertiga. Sedangkan terkait biaya, perkiraannya adalah sekitar Rp 3 jutaan sudah termasuk biaya pemasangan, kabel dan saluran pipa yang diperlukan.

Interior Daihatsu Sigra.

Interior Daihatsu Sigra. (Sumber: Carvaganza)

 

Sumber: Berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Mobil

Last updated on 27 Mei, 2024 Autos.id – Tidak hanya mobil bertenaga listrik, mobil bertenaga BBM pun masih terus menunjukkan eksistensinya. Berbagai merek terus...

Mobil

Last updated on 27 Maret, 2024 Autos.id – Perkembangan mobil ramah lingkungan tengah menjadi trend pada saat ini di pasaran otomotifnya. Dalam hal ini,...

Daftar Harga Mobil

Daihatsu Gran Max jadi salah satu jenis mobil yang terlibat ‘skandal’ keselamatan di Jepang. Autos.id – Skandal yang melibatkan Daihatsu, yang telah berlangsung sejak...

Daftar Harga Mobil

Pihak Jepang melarang penjualan sejumlah mobil Daihatsu, termasuk Gran Max. Autos.id – Kementerian Pertanahan, Infrastruktur, Transportasi, dan Pariwisata (MLIT) Jepang telah mencabut persetujuan tipe...

error: Content is protected !!