Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita Otomotif

Masalah Pada Seat Belt, Audi Recall A3 dan S3 Di Amerika Serikat

Masalah Pada Seat Belt, Audi Recall A3 dan S3 Di Amerika Serikat
Audi A3

Recall mobil Audi A3 dan S3 yang terjadi di Amerika Serikat merupakan mobil-mobil yang diproduksi selama kurang lebih setahun terakhir.

Autos.id – Brand otomotif asal Jerman, Audi baru-baru ini kembali melakukan recall pada beberapa produknya di Amerika Serikat. Brand yang masih berada dibawah payung Volkswagen Group ini terpaksa melakukan recall atau penarikan unit kembali pada A3 dan S3 yang diproduksi selama rentang setahun terakhir ini.

Recall pada Audi A3 dan S3 yang terjadi di Amerika Serikat berkaitan pada perangkat Seat Belt mobil yang bermasalah dan berpotensi menimbulkan bahaya ketika digunakan.

Masalah Pada Seat Belt, Audi Recall A3 dan S3 Di Amerika Serikat

Audi S3

Unit-Unit Yang Terdampak Recall

Seperti yang dilansir oleh Carscoops pada Rabu (27/7/2022), unit Audi A3 dan S3 yang terdampak recall masalah seat belt ini berjumlah 2.584 unit. Rincian detailnya adalah 2.221 unit Audi A3 yang diproduksi antara 26 Juli 2022 hingga 26 Januari 2022 serta 363 unit Audi S3 yang diproduksi antara 8 Juli 2021 hingga 25 Januari 2022.

Dalam investigasi yang dilakukan internal Audi, mereka menemukan bahwa penguat seat belt mobil tidak terpasang secara kuat ketika digunakan. Dengan begitu ketika terjadi kecelakaan, seat belt yang seharusnya bisa menjadi penyelemat malah menjadi sumber petaka karena mudah terlepas ketika terjadi benturan.

Selain itu dengan penguat seat belt yang tidak terpasang dengan baik ini akan membuat penumpang di bagian depan akan terlempar keluar dan justru akan sangat membahayakan. Kemungkinan yang terjadi selain mengakibatkan luka yang cukup serius, bisa saja jatuh korban jiwa karena perangkat seat belt yang tidak terpasang seperti seharusnya.

Masalah Pada Seat Belt, Audi Recall A3 dan S3 Di Amerika Serikat

Audi S3

Audi sendiri pertama kali menemukan masalah ini pada 10 Januari 2022. Saat itu ketika Audi melakukan crash test untuk RS3, mereka menemukan bahwa posisi posisi penguat seat berada posisi yang tidak seharusnya. Karena hal tersebut membuat Audi harus merancang ulang posisi penguat seat belt sesuai dengan standar keamanan yang berlaku.

Untuk recall ini, Audi sendiri akan mengganti penguat seat belt dibagian pengemudi dan penumpang depan. Selain itu, pabrikan asal Jerman ini akan melakukan perubahan pengetesan ulang setelah proses recall untuk memastikan penguat seat belt bisa bekerja sesuai dengan standar keamanan. Serta untuk produksi mobil setelah 26 Januari 2022 yang sudah menggunakan konfigurasi yang aman, Audi memastikan tidak akan melakukan recall.

Audi akan mengirimkan surat pemberitahuan kepada konsumen yang mobilnya terdampak recall sebelum 16 September 2022. Para pemilik mobil yang terdampak recall ini juga dipastikan tidak akan dikenakan biaya sedikitpun dalam proses recall ini.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Mobil

Recall dari Audi ini berkaitan dengan masalah sensor bahan bakar yang tidak akurat dan bepotensi kehabisan bahan bakar meskipun di indikator tidak menunjukan bahan...

Berita Otomotif

Audi dan VW memberikan kesempatan pada konsumen untuk merasakan sensasi mengendarai model-model SUV tangguh mereka diakhir pekan lalu. Tangerang, Autos.id – PT Garuda Mataram...

Audi

Recall Audi harus dilakukan terhadap 80 ribu unit kendaraan akibat kerusakan pada sistem perangkat lunak untuk mengatur lampu sein dan lampu parkir. California, Autos.id...