Pencipta Toyota 86 menegaskan jika tak akan ada versi turbo dari mobil ini, karena sesungguhnya mobil dua pintu tersbeut diciptakan bukan untuk dipasang turbo.
Tokyo, Autos.id – Siapa yang tak kenal Toyota 86, mobil sport dua pintu yang begitu banyak penggemarnya di dunia, termasuk juga di Indonesia. Namun belum lama ini ada sebuah pernyataan dari sang desainer kembaran Subaru BRZ tersebut.
Adalah Tetsuya Tada, Chief Engineer Toyota untuk model 86 dan Supra yang mengemukakan jika Toyota 86 bukan didesain untuk pakai mesin berturbo.
“Ketika kami meluncurkan 86, saya mendapat jutaan pertanyaan dari seluruh dunia ‘kapan Anda akan meluncurkan versi turbo?’ Dan sering kali saya jawab jika tidak akan ada versi turbo dari mobil ini”
“Ketika kami meluncurkan 86, saya mendapat jutaan pertanyaan dari seluruh dunia ‘kapan Anda akan meluncurkan versi turbo?’ Dan sering kali saya jawab jika tidak akan ada versi turbo dari mobil ini,” kata Tada seperti dilansir dari Paultan, Rabu (14/03/2018).
Ia juga menyebutkan, jika 86 menggunakan turbo maka akan mengubah struktur mobil secara keseluruhan. “Saya sebenarnya suka turbo, namun jika kami menghasilkan versi turbo dari 86 dan meningkatkan kekuatan mesinnya, maka akan mengubah konfigurasi dasar sepenuhnya, untuk menemukan mobil yang saya inginkan,” lanjut maha guru mobil sport Toyota ini.
Tada menjelaskan kalau Toyota 86 dirancang untuk menjadi mobil yang gesit, lincah melahap tikungan, dan begitu nikmat untuk dikendarai. Karenanya distribusi bobot sudah disesuaikan dengan kemampuan mesinnya.
“Salah satu karakteristik dari 86 adalah keseimbangan antara bagian depan dan belakang sehingga menghasilkan pengendalian yang cepat dan lincah. Jadi jika kita datang dengan versi turbo, kita harus mengubah keseimbangan berat antara bagian depan dan belakang,” kata Tada.
“Itu berarti harus ada modifikasi platform yang sama sekali baru, bukan sekedar mengganti sedikit pada bagian-bagian mesin,” pungkasnya.
Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.