Kymco

Kymco Ionex, Motor Listrik yang Gak Repot Lagi Charging Baterai

Kymco Ionex

Kymco Ionex memiliki kelebihan yakni pada dua baterai yang dapat dicopot pasang untuk diisi dayanya pada Charge Point Network, atau melalui daya listrik di rumah.

Taiwan, Autos.id – Produsen otomotif terus menerus melakukan inovasi untuk menciptakan motor listrik. Hal ini demi mengikuti prekembangan global ke arah lingkungan yang lebih hijau.

Sayangnya, beberapa pihak masih enggan untuk mendekati motor listrik. Alasannya harga yang lebih mahal, repotnya mengisi daya baterai, serta keraguan akan jangkauan jelajah baterai di motor tersebut.

“Kymco Ionex. Sebuah motor listrik jenis scooter matik (skutik) yang memiliki tiga daya tarik utama. Yakni penampilannya yang trendi, waktu isi daya yang singkat, dan jangkauan daya baterai yang panjang”

“Kymco akan menghilangkan semua hambatan untuk seseorang menjadi lebih ‘hijau'” tulis keterangan resmi Kymco, seperti dikutip dari Motorcyclenews, Senin (26/03/2018).

Kymco Ionex

Dua baterai mudah dicopot pasang

Apa yang akan dilakukan Kymco? Yakni akan memperkenalkan Kymco Ionex. Sebuah motor listrik jenis scooter matik (skutik) yang memiliki tiga daya tarik utama. Yakni penampilannya yang trendi, waktu isi daya yang singkat, dan jangkauan daya baterai yang panjang.

Kymco Ionex

Baterai ringan

Kunci dari Kymco Ionex adalah sebuah baterai yang ringan dan dapat dicabut pasang. Kyomco menggunakan dua baterai yang bisa dilepas dan diletakkan di bawah alas kaki pengendara. Baterai ini diletakkan dalam satu tempat, yang untuk membukanya hanya dibutuhkan menekan satu tombol.

Kunci dari Kymco Ionex adalah sebuah baterai yang ringan dan dapat dicabut pasang. Kyomco menggunakan dua baterai yang bisa dilepas dan diletakkan di bawah alas kaki pengendara. Baterai ini diletakkan dalam satu tempat, yang untuk membukanya hanya dibutuhkan menekan satu tombol.

Bisa isi daya di rumah

Gunanya baterai bisa dicopot pasang adalah untuk pengisian daya yang lebih ringkas. Baterai ini hanya seberat 5 kg sehingga Kawan Autos bisa mencabutnya dan mengisi dayanya di rumah. Atau kalau tidak mau dicopot, bisa juga dengan mencolokkan motor menggunakan kabel dan soket listrik seperti halnya kendaraan listrik lain.

Kymco Ionex

Bisa isi daya di charge Point Network

Kymco juga berencana menempatkan sejumlah Charge Point Network. Lokasi ini untuk mengisi baterai motor Anda selama sekitar satu jam. Atau kalau Kawan Autos terburu-buru ke suatu tempat sementara baterai habis, Charge Point juga menyediakan penyewaan baterai ekstra. Baterai ekstra ini bisa disimpan di bagasi dibawah kursi dan Kawan Autos bisa berkendara sampai sejauh 200 km.

Kymco Ionex

Bisa sewa baterai jika dibutuhkan

Yang menarik lainnya, Kymco Ionex sebenarnya memiliki tiga baterai. Dua baterai bisa dicopot pasang, satu baterai lagi dipasang permanen. Jadi sebenarnya jika Kawan Autos kehabisan daya pada kedua baterainya, maka baterai yang utama tetap bisa digunakan untuk melanjutkan perjalanan. Kedua baterai tersebut bisa dicopot dan diisi ulang pada Charge Point Network dan Anda melanjutkan perjalanan dengan baterai permanen. Jika dua baterai tadi sudah penuh dayanya, maka baterai tersebut akan membatu mengisi ulang baterai yang permanen tadi.

Kymco Ionex

Sistem kerja Ionex

Kymco Ionex diperkenalkan di Tokyo Motorcycle Show 2018, di Jepang. Namun sebelum dijual, Kymco akan memasang infrastruktur Charge Point Network dari motor listrik ini. Rencanaya, perusahaan telah mengincar 20 negara untuk memasarkan motor tersebut. Tetapi semua tergantung lobi dengan pemerintah setempat. Indonesia kebagian?

Comments

0 comments

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular

To Top