Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita Otomotif

Kia EV6 2022 Raih Penghargaan Car Of The Year Di Eropa

Kia EV6 adalah Car of the Year (Mobil Terbaik Sepanjang Tahun) 2022 yang merupakan penghargaan yang memungkinkan jurnalis otomotif dari 23 negara Eropa memilih kendaraan baru terbaik dari 12 bulan terakhir.

Autos.id  –  Karena invasi Rusia ke Ukraina, juri memutuskan untuk tidak menghitung suara dari delegasi Rusia. Dalam pengumuman keputusan ini, pihak penyelenggara mengatakan bahwa pemungutan suara ini tidak akan mengubah peringkat pemenang atau runner-up.

Kia EV6 memenangkan penghargaan tahun ini dengan mencetak 279 poin dari juri. Jumlah suara ini mengalahkan Renault Mégane E-Tech Electric dengan 265 poin. Hyundai Ioniq 5 finis ketiga dengan 261 poin.

Finalis lainnya adalah Peugeot 308 dengan 191 poin, Skoda Enyaq dengan 185 poin, Ford Mustang Mach-E dengan 150 poin, dan Cupra Born dengan 144 poin.

Ini adalah kali pertama Kia memenangkan penghargaan Car of the Year. EV6 mampu melaju sejauh 528 kilometer (328 mil dengan sekali pengisian daya). Merek ini menawarkan model dalam berbagai bentuk. Misalnya, ada opsi baterai untuk 58.0- dan 77,4 kilowatt/hour. Juga tersedia penggerak belakang (rear wheel drive) dan semua roda (all wheel drive).

Selain dari peforma luarnya, KIA EV6 juga memiliki desain interior yang sanggup memberi kenyamanan maksimal bagi pengemudinya. Dimana interior KIA memiliki lantai kabin datar yang membuat bagian dalam EV6 terlihat lebih longgar.

“Mobil listrik yang sangat baik karena pengisian cepat dan kisaran harga yang juga terjangaku. Dibandingkan dengan Hyundai, EV6 menawarkan body roll yang lebih sedikit, penanganan yang lebih menyenangkan, dan kemudi yang lebih kencang. Secara keseluruhan sedikit lebih sporty,” kata seorang yang tidak disebutkan namanya dalam pengumuman pemenang Car of the Year.

Kia EV6 2022

KIA EV6 di Amerika Serikat

Di AS, EV6 juga tersedia dengan baterai 58.0- dan 77,4-kWh. Paket baterai yang lebih kecil pada model rear wheel drive memiliki kisaran perkiraan jarak 232 mil (373 kilometer). Yang lebih besar, meniliki jarak tempuh hingga 310 mil (499 kilometer).

Versi all-wheel-drive hanya tersedia dengan baterai 77,4-kWh. Dengan dua motor listrik, outputnya adalah 320 tenaga kuda (239 kilowatt). Kelemahan dari tenaga ekstra adalah bahwa perkiraan jangkauan turun menjadi 274 mil (441 kilometer).

Pada akhir 2022, jajaran EV6 di AS berkembang dengan menambah model GT. Versi ini juga memiliki mesin dual motor, all-wheel-drive, tetapi output daya tumbuh menjadi 576 tenaga kuda (430 kilowatt). Ini memungkinkan model mencapai 60 mil per jam (96 kilometer per jam) dalam waktu kurang dari 3,5 detik.

Tampilan belakang KIA EV6 2022

Namun, sayangnya bagi penggemar mobil listrik di Indonesia, masih belum ada kabar soal KIA yang tertarik memasarkan EV6 ini di pasar dalam negri.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Mobil

Kia EV6 yang baru saja dihadirkan di pasar Malaysia ini dijual dengan harga menembus Rp 1 Miliaran. Autos.id – Baru-baru ini, APM Kia di...