Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita Otomotif

Kia Carens Meraih Rating Bintang 3 Dalam Crash Test Global NCAP

Kia Carens Meraih Rating Bintang 3 Dalam Crash Test Global NCAP

Meskipun sama-sama meraih rating bintang 3, dalam beberapa penilaian, Kia Carens meraih hasil yang lebih baik dibandingkan Kia Seltos yang menjadi basis mobil yang satu ini.

Autos.id – Baru-Baru ini salah satu produk terbaru dari Kia yaitu Carens melakukan uji tabrak atau crash test. Dalam crash test yang dilakukan oleh Global NCAP ini, medium MPV 7 seater bergaya crossover dari Kia ini meraih rating bintang 3 dalam pengujian yang dilakukan oleh Global NCAP tersebut.

Unit mobil dari Kia Carens yang dilakukan uji tabrak ini sudah dilengakpi dengan fitur safety yang tergolong komplit dikelasnya.

Kia Carens Meraih Rating Bintang 3 Dalam Crash Test Global NCAP

Rating Bintang 3

Seperti yang dilansir oleh Autocar India, unit Kia Carens yang dilakukan uji tabrak oleh Global NCAP ini merupakan varian basicnya. Meskipun basic namun fitur safety yang dihadirkan pada dasarnya sudah tergolong komplit seperti Stability Control, Hill-Start Assist, 6 airbag, rem ABS, EBD, BA, serta rem cakram dikeempat rodanya.

Kia Carens yang diuji oleh Global NCAP merupakan mobil terakhir yang diuji dengan standar pengujian saat ini. Hal tersebut terjadi karena mulai bulan Juli mendatang, Global NCAP sedikit merevisi penilaian rating untuk crash test yang mereka lakukan sebagai bagian dari kampanye Safer Cars For India.

Dalam penilaian yang dilakukan Global NCAP, Kia Carens mendapat nilai 9,30 dari kemungkinan 17 poin untuk nilai keselamatan orang dewasa. Dalam penilaian tersebut, pihak Global NCAP menyebut bahwa saat terjadi tabrakan, bagian stuktur, dan kaki-kaki dianggap kurang stabil serta berpotensi pada kerusakan struktur sasis meskipun bukan pada level yang mengkhawatirkan.

Kia Carens Meraih Rating Bintang 3 Dalam Crash Test Global NCAP

Penilaian berikutnya adalah mengenai keselamatan untuk penumpang anak-anak. Kia Carens meraih poin 30.99 poin dari keumgkingkan 49 poin. Kia Carens sendiri sudah dilengkapi dengan jok isofix sebagai standar. Meskipun begitu, Global NCAP memberikan sedikit catatan bahwa pada resiko benturan yang tergolong masih dalam batas toleransi meskipun ada beberapa sektor yang perlu dibenahi pada sektor ini.

Alejandro Furas sekalus sekjen Global NCAP menyebut bahwa Kia Carrens sebenarnya berpotensi bisa meraih hasil uji tabrak yang jauh lebih baik dari apa yang didapatkan saat ini. “Yang menjadi kekhawatir kami adalah brand Kia yang umumnya meraih hasil rating bagus tetapi berbeda pada beberapa model, khususnya yang dibuat dan dirakit di India”, ujar Furas.

Apa yang didapatkan Kia Carens ini sedikit lebih baik dari Kia Seltos yang tidak lain adalah basis dari mobil ini. Pada crash test tahun 2020 oleh Global NCAP, Kia Seltos sebenarnya juga meraih bintang 3 tetapi mendapat beberapa parameter yang justru kurang baik dibandingkan oleh Kia Carens.

Misalnya untuk perlindungan orang dewasa, Kia Seltos hanya meraih nilai 8.03 dibandingkan 9.30 di Carens. Lalu untuk perlindungan penumpang anak-anak, Seltos hanya meraih 15 poin dan 2 bintang dibandingkan 30 poin dan 3 bintang pada Carens. Hal tersebut terjadi karena Carens memiliki konfigurasi pengaturan jok ISOFIX yang sedikit lebih baik dari Seltos.

Kia Carens Meraih Rating Bintang 3 Dalam Crash Test Global NCAP

Sekilas Kia Carens

Kia Carens yang dijual saat ini merupakan mobil generasi keempat. Meskipun sama-sama mengusung MPV 7 seater, generasi terbaru Carens ini sedikit mengadopsi model semi crossover dengan tampilan yang cendrung menyerupai sebuah SUV. Dan untuk Kia Carens generasi ini, Research, Development serta perakitan dilakukan di India dan kini ditujukan untuk pasar negara-negara berkembang.

Di Indonesia sendiri, Kia Carens juga sudah diperkenalkan oleh Kreta Indo Artha pada ajang Jakarta Auto Week bulan Maret silam. Rencananya mobil ini akan segera dijula ke konsumen Indonesia dan hadir dengan 2 pilihan mesin yang sama persis dengan Kia Seltos yang dijual di Indonesia yaitu mesin Bensin dan Diesel.

Mesin bensin yang digunakan adalah mesin 1.400 cc dengan Turbo yang menghasilkan tenaga hingga 140 Ps dan torsi 242 Nm. Untuk mesin bensin transmisi yang digunakan adalah Dual Clutch 7  Speed. Sedangkan mesin Diesel menggunakan mesin 1.500 cc dengan Variable Geometric Turbo yang menghasilkan tenaga 115 Ps dan torsi 250 Nm. Versi Diesel sendiri menggunakan transmisi otomatis 6 speed Tourqe Converter.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Mobil

Angka penjualan Kia Carens yang bisa melebihi Toyota Innova di India membuktikan bagaimana mobil ini bisa diterima oleh para konsumen di India. Autos.id –...

Berita Otomotif

Inden Kia Carens untuk pasar India ini memiliki waktu tunggu yang berbeda-beda di setiap variannya. Autos.id – Kia Carens generasi terbaru memang sudah diluncurkan...

Berita Otomotif

Hasil rating bintang 4  yang didapatkan Nissan Magnite dan Renault Kiger rakitan India ini menandakan mobil-mobil rakitan India soal safety sudah jauh lebih baik...

Mobil

Angka penjualan hingga 7 ribuan unit pada Kia Carens terbaru ini merupakan rekor tertinggi penjualan mobil baru di India di hari pertama peluncuran mobil...