Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita Otomotif

Keren! Fitur Asisten Suara pada Mobil Toyota Tidak Pakai Internet Lagi!

Ilustrasi mobil Toyota.
Ilustrasi mobil Toyota. (Sumber: Toyota Solo)

Kerjasama dengan Google membuat fitur asisten suara pada mobil-mobil Toyota tidak membutuhkan koneksi internet lagi.

Autos.id – Untuk mengembangkan teknologi asisten suara, Toyota menjalin kerjasama dengan pihak Google.

Dilansir dari Motor1, teknologi yang dimiliki Toyota adalah teknologi berbasis kecerdasan buatan atau AI (Artificial Intelligence) yang akan menyatu pada sistem infotainment untuk mobil-mobil Toyota dan Lexus generasi berikutnya.

Fitur asisten suara Toyota.

Fitur asisten suara Toyota. (Sumber: Toyota USA Newsroom)

Diketahui sebelumnya bahwa Toyota dan Lexus menggunakan sistem infotainment berbasis Linux yang telah didukung teknologi dari Google Cloud.

Sementara itu, ayanan Speech-to-Text digunakan untuk fitur asisten suaranya sehingga dijamin akurat untuk mengenali suara. Teknologi ini dikembangkan juga oleh Toyota Motor North America Connected Technologies dan organisasi Toyota Connected sejak tahun 2018.

Teknologi ini pun sudah berkembang pesat hingga saat ini dan dengan dukungan sistem kecerdasan buatan (AI) yang ada, pengendaliannya tidak membutuhkan koneksi internet seperti sebelumnya.

Seperti yang diketahui, koneksi internet sangat mempengaruhi interaksi asisten suara. Hal itu karena proses bahasa alami terjadi dengan sangat kompleks sehingga membutuhkan teknologi komputer khusus.

Dalam sebuah rilis, Umesh Vemuri selaku Vice President Global Strategic Customers & Industries Google Cloud mengatakan bahwa kerjasama dengan Toyota dibutuhkan untuk mengembangkan kemampuan perangkat.

Fitur asisten suara Lexus.

Fitur asisten suara Lexus. (Sumber: Lexus)

Selain itu, ia juga menegaskan bahwa kualitas server akan dijamin dengan kehadiran Google Cloud dan dapat membantu proses agar pengemudi mendapat pengalaman terbaik.

Hadirnya fitur dari Google Cloud pada mobil-mobil Toyota dan Lexus membuat fitur asisten suaranya tidak lagi membutuhkan koneksi internet. Sementara untuk teknologi tersebut kabarnya akan disematkan pada model terbaru mulai tahun 2023.

 

Sumber: Berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Komparasi

Hyundai Ioniq 5 kini memiliki pesaing baru di pasar mobil listrik Tanah Air, yaitu Toyota bZ4X. Autos.id – Toyota bZ4X baru-baru ini diluncurkan oleh...

Berita Otomotif

Menjadi sorotan dalam sepekan terakhir karena pernyataan kontroversial, Cristiano Ronaldo malah beli mobil baru. Autos.id – Masih jadi sorotan publik sepak bola dengan pernyataan...

Mobil

Ada beberapa cara yang harus dilakukan agar baterai mobil listrik tidak boros saat digunakan Setiap jenis kendaraan pastinya membutuhkan sumber energi untuk bisa berfungsi...

Berita Otomotif

Suzuki membuat gebrakan dengan meluncurkan mobil MPV baru dengan harga sangat murah. Autos.id – Suzuki Eeco yang merupakan mobil MPV terbaru besutan Maruti Suzuki...