Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita Otomotif

Kenapa Mobil Klasik itu Lebih Keren?

Mobil klasik punya nilai-nilai yang lebih superior daripada mobil modern.

Autos.id  –  Tidak hanya dari sudut pandang kolektor, namun juga dari sudut pandang fungsinya. Secara garis besar, tentu mobil klasik dibuat tahan lama dan juga lebih kuat dari mobil biasa. Selain itu, ada juga beberapa elemen yang mobil modern sulit dapatkan meskipun terus menerus di-update.

Berikut kami jabarkan sedikit mengenai kelebihan mobil klasik daripada mobil modern.

1. Simpel

Mobil klasik itu sederhana dan tidak rumit seperti kebanyakan mobil modern. Beberapa mobil modern memiliki lusinan tombol. Sementara mobil klasik mudah untuk diotak-atik. Tidak ada komputer dan kabel yang rumit jika kamu ingin memperbaiki mobil Anda. Dengan mobil klasik, kamu bisa langsung membongkar mobil Anda bahkan tanpa bantuan ahli.

Mini Clasic

2. Lebih Ringan dan Lebih Kecil

Mobil-mobil tertentu makin lama memiliki bodi yang makin besar. Mini, merk asal Inggris, misalnya, memiliki bobot hampir dua kali lipat sejak diluncurkan pada tahun 1959. Porsche 911 telah tumbuh sekitar 100mm lebih lebar, dan VW Golf telah diperpanjang sekitar 500mm.  Padahal, mobil sport yang lebih ringan cenderung memiliki performa yang lebih baik. Sementara mobil klasik mungkin lebih ringan dan lebih kecil dari yang modern, sebagian besar masih lebih tahan lama dan lebih kokoh. Kendaraan modern dapat dibuat untuk bertahan lebih lama, tetapi umumnya sekali pakai.

3. Dibuat khusus untuk pengemudi professional

Untuk pengemudi ahli, atau fanatik mobil antik, kontrol stabilitas, kontrol traksi, dan rem anti-lock bukan fitur penting. Jenis alat bantu seperti ini cenderung menghalangi menikmati kendaraan sepenuhnya. Berkat kurangnya teknologi, mobil klasik tidak memberi tahu pengemudi cara mengemudi. Seorang pengemudi bisa bebas menikmati mobilnya dengan melakukan putaran rem tangan, drifting, dan burnout.

Mobil Cisitalia-202-1947

 

4. Lebih Keren

Bayangkan jika kalian ada di sebuah car meet di mana dua kendaraan tiba pada waktu yang sama. Mereka parkir bersebelahan, salah satunya adalah Toyota Corolla 1971 yang telah direstorasi secara ahli, dan yang lainnya adalah versi baru dari Toyota. Siapa yang paling mencolok? Tentu, mobil klaisk akan lebih mencolok.

Mobil klasik memiliki identitas unik dan hadir dalam warna-warna yang mudah diingat, dan mudah untuk membedakannya satu sama lain. Sekarang,  mobil modern memiliki bentuk-bentuk yang sangat mirip antara satu dan yang lainnya.

Mini Morris 1948

5. Lebih Hemat Bensin

Sementara mobil modern mungkin tampak lebih tenang dan lebih irit pada awalnya, kendaraan klasik dengan mesin kecil bisa sama iritnya dibandingkan mobil modern.Mobil antik seperti Mini, Ford Popular, Ford Anglia, MG Midget, dan Morris Minor ungul dengan banyak mobil modern dalam hal penghematan bahan bakar.

Pada tahun 1950, hanya dua tahun setelah Morris Minor pertama memasuki pasar, The Motor, sebuah majalah otomotif Inggris, melakukan uji jalan pada kendaraan tersebut dan menemukan bahwa mesin 918 cc dapat melakukan 0 – 60 hanya dalam 50 detik dan dengan bahan bakar konsumsi menghasilkan> 42 mil per galon. Itu sangat luar biasa untuk mobil yang pertama kali diproduksi pada tahun 1948.

 

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Berita Otomotif

Jakarta, Autos.id- New York International Auto Show merupakan pameran mobil yang diadakan di Manhattan pada akhir Maret atau awal April tiap tahunnya. Biasanya pameran...

Mobil

Last updated on 19 Desember, 2018 Mobil klasik memang selalu menarik untuk dibicarakan. Salah satu mobil klasik yang kini tengah banyak dibicarakan adalah Mini....

Mobil

Fullerton Concours d’Elegance 2018 akan menjadi surganya penggiat mobil klasik, karena untuk pertama kalinya di Singapura ajang ini digelar dengan skala global. Singapura, Autos.id...

Alfa Romeo

Setelah Jaguar memulai program restorasi mobil klasiknya. Kini giliran GCA yang siap melakukan restorasi berbagai model klasik 1950-1980-an untuk museumnya Amerika. Autos.id – Fiat...