Connect with us

Hi, what are you looking for?

Motor

Keluar Dari MotoGP, Begini Nasib Motor Balap Suzuki GSX-RR

Keluar Dari MotoGP, Begini Nasib Motor Balap Suzuki GSX-RR

Beberapa part dari bekas motor balap Suzuki di MotoGP akan dimuseumkan, sedangkan sisa part lainnya akan dihancurkan tanpa tersisa.

Autos.id – Seperti yang mungkin sudah diketahui bahwa pabrikan asal Jepang, Suzuki resmi mengundurkan diri dari ajang balap MotoGP setelah musim 2022 berakhir. Satu hal yang menjadi pertanyaan setelah Suzuki keluar dari MotoGP adalah apa yang akan dilakukan pabrik asal Jepang ini pada motor balap GSX-RR.

Dan Suzuki sendiri memiliki beberapa opsi bagaimana kelanjutan motor balap GSX-RR yang tidak akan digunakan lagi.

Keluar Dari MotoGP, Begini Nasib Motor Balap Suzuki GSX-RR

Nasib Motor Balap Suzuki

Dikutip dari Visordown, Team Principal Suzuki Ecstar, Livio Suppo menyebut ada beberapa cara yang akan mereka lakukan setelah dua motornya pensiun dari ajang balap. Salah satunya adalah beberapa bagian dari komponen motor seperti mesin akan dimuseumkan di Museum Suzuki yang berada di daerah Hamamatsu, Jepang.

Pria asal Italia ini juga menyebut bahwa beberapa komponen lainnya akan dihancurkan seperti beberapa suku cadang yang dianggap tidak penting. Ia menyebut bahwa karena masalah pajak di Jepang yang sangat tinggi dan membebani Suzuki membuat mereka mau tidak mau tidak menyimpannya dalam bentuk motor yang utuh.

Keluar Dari MotoGP, Begini Nasib Motor Balap Suzuki GSX-RR

Sebenarnya salah satu dari motor GSX-RR ini ingin diserahkan kepada salah satu pembalapnya, Alex Rins. Pembalap yang musim depan akan membela tim LCR Honda ini tertarik untuk membawa pulang bekas motor balap yang ia gunakan selama bertarung dimusim 2022 tersebut. Namun sayangnya, karena ada beberapa persayaratan yang dianggap tidak menguntungkannya seperti pajak yang sangat tinggi membuat Rins mengurungkan niatnya membawa pulang motor balapnya.

Beberapa komponen seperti mesin dan suku cadang penting akan disimpan di museum Suzuki di daerah Hamamatsu, Jepang. Di museum ini juga terdapat motor milik Joan Mir yang mengantar pembalap asal Spanyol ini menjadi juara dunia MotoGP di musim 2020 silam.

Menjelang perpisahannya di ajang MotoGP. Suzuki justru tampil sangat mengesankan di akhir musim. Ini terlihat dari dua kemenangan yang didapatkan oleh Alex Rins di GP Australia dan seri terakhir GP Valencia. Dengan menghilangnya Suzuki membuat MotoGP kini hanya memiliki sebelas tim untuk musim 2023 serta kehadiran pabrikan baru GasGas yang akan bekerjasama dengan tim Tech3 mulai musim depan.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Balap

Pengunduran diri Suzuki kali ini banyak disayangkan oleh banyak pihak karena semenjak comeback pada tahun 2015, prestasi yang diraih Suzuki diajang MotoGP tergolong konsisten...

Balap

Last updated on 11 Mei, 2022 Kabar Suzuki akan meninggalkan ajang balap MotoGP ini belum keputusan final. Karena hingga saat ini belum ada konfirmasi...

Balap

Maverick Vinales meraih podium utama saat balap MotoGP di Sirkuit Silverstone, Inggris. Ini menjadi kemenangan pertama bagi Suzuki setelah 2007. Silverstone, Autos.id – Maverick...

Balap

Alex Rins bersama Andrea Iannone telah resmi menjadi pembalap untuk tim Suzuki Ecstar mulai MotoGP musim 2017 dan 2018 mendatang. Tokyo, Autos.id – Suzuki...