Connect with us

Hi, what are you looking for?

Balap

Suzuki Terancam Meninggalkan Ajang Balap MotoGP Akhir Tahun Ini

Suzuki Terancam Akan Meninggalkan Ajang Balap MotoGP Di Akhir Tahun Ini
Dua Pembalap Tim Suzuki Ecstar, Joan Mir (Kiri) dan Alex Rins (Kanan)

Last updated on 11 Mei, 2022

Kabar Suzuki akan meninggalkan ajang balap MotoGP ini belum keputusan final. Karena hingga saat ini belum ada konfirmasi resmi dari Suzuki soal kabar tersebut.

Autos.id – Kabar mengejutkan datang dari slah satu pabrikan ptomotif asal Jepang, Suzuki. Pasalnya pabrikan yang satu ini akan meninggalkan keikutsertaan mereka di ajang balap MotoGP pada akhir tahun ini. Juara dunia tim pada musim 2020 ini terancam akan meninggalkan ajang balap motor bergengsi ini karena adanya beberapa alasan.

Ini bukan kali pertama Suzuki meninggalkan MotoGP karena pada akhir 2012 sempat memutuskan pamit dari ajang MotoGP sebelum akhirnya comeback pada tahun 2015 silam.

Belum Keputusan Final

Meskipun kabar hengkangnya Suzuki dari ajang MotoGP ini sudah semakin santer terdengar, belum ada pernyataan resmi dari pabrikan Jepang tersebut hingga saat ini. Tentunya kabar akan hengkangnya Suzuki dari ajang balap MotoGP ini tentu membuat heboh penggemar MotoGP. Terlebih sejak comeback mereka tahun 2015 silam, prestasi mereka dari tahun ke tahun semakin berkembang pesat.

Suzuki Terancam Akan Meninggalkan Ajang Balap MotoGP Di Akhir Tahun Ini

Joan Mir

Puncaknya pada musim 2020 silam. Pada musim yang berlangsung tidak normal karena adanya pandemi Covid-19, Suzuki justru menunjukan taringnya. Salah satu buah keberhasilan mereka adalah berhasil menghantarkan pembalap mereka, Joan Mir menjadi juara dunia MotoGP Musim tersebut. Tidak hanya itu, Team Suzuki Ecstar juga keluar sebagai juara dunia tim pada musim tersebut.

Banyak dugaan yang membuat Suzuki memutuskan hengkang dari ajang balap motor bergengsi di dunia tersebut. Salah satunya adalah pandemi yang belum usai yang membuat sulitnya pengembangan motor untuk kebutuhan jalan raya serta keluarnya Davide Brivio dari posisi Team Principal yang memutuskan pindah ke ajang F1 bersama Alpine.

Di musim 2022 ini, Suzuki sebenarnya sudah memiliki plan atau rencana jangka panjang dalam pengembangan motor mereka. Terlebih mereka juga merekrut Livio Suppo yang menggantikan posisi Davide Brivio sebagai pemimpin tim. Tidak ketinggalan motor GSX-RR yang dikendarai Alex Rins dan Joan Mir pada musim ini juga mendapat beberapa update yang sangat penting.

Pengembangan tersebut meliputi perbaikan untuk membuat motor ini tidak hanya bagus di lintasan lurus tetapi juga baik saat melewati tikungan. Bisa dibilang dalam beberapa tahun terakhir, motor GSX-RR ini mengalami masalah terlebih saat cornering yang di anggap masih kurang baik di bandingkan Yamaha. Baik Alex Rins dan Joan Mir juga merasa puas dengan berbagai upgrade yang di berikan Suzuki pada motor-motr mereka.

Suzuki Terancam Akan Meninggalkan Ajang Balap MotoGP Di Akhir Tahun Ini

Alex Rins

Dengan kabar hengkangnya Suzuki dari ajang MotoGP kali ini bukanlah hal yang pertama kali di lakukan pabrikan asal Jepang tersebut. Sebelumnya di akhir tahun 2011 silam, Suzuki juga sempat pamit dengan ajang MotoGP. Saat itu, pabrikan asal Jepang tersebut menyebut bahwa krisis ekonomi global dan resesi berkepanjangan di masa itu yang membuat mereka pamit dari ajang MotoGP saat itu.

Meskipun Suzuki belum secara resmi mengumumkan keluar dari ajang MotoGP, tentu yang akan paling terdampak adalah bagaimana nasib kedua pembalapnya, Alex Rins dan Joan Mir kedepannya. Meskipun begitu, bisa saja Suzuki akan berubah pikiran dan justru akan tetap berkompetsi di ajang MotoGP dalam beberapa tahun kedepannya. Kita nantikan saja pastinya.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Balap

Menjelang akhir pekan di sikuit Assen, Bagnaia berada 91 poin di belakang Quartararo setelah dua kali berturut-turut tidak mencapai garis finish, Autos.id  –  Meski...

Motor

BMW Motorrad saat ini masih berkompetisi di ajang World Superbike dimana keikutsertaan pertama kali di ajang tersebut adalah tahun 2009 silam. Autos.id – Pada...

Balap

Pengunduran diri Suzuki kali ini banyak disayangkan oleh banyak pihak karena semenjak comeback pada tahun 2015, prestasi yang diraih Suzuki diajang MotoGP tergolong konsisten...

Balap

Perangkat Ride Height Device ini yang akan dilarang digunakan pada balapan MotoGP tahun depan sudah digunakan oleh beberapa tim sejak tahun 2019. Autos.id –...