Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita Otomotif

Kelahiran Mobil Otonom Terjegal Peraturan Jalan Raya

Mobil Otonom

Mobil otonom terus digenjot untuk direalisasikan produksi massalnya. Namun ternyata kehadiran mobil tanpa awak pengemudi ini terganjal peraturan.

Amerika, Autos.id – Perkembangan mobil otonom atau self driving di negara sekelas Amerika Serikat (AS) ternyata bukan tanpa kendala. Pasalnya Departemen Transportasi AS masih mencari format dan defenisi yang tepat untuk menggarap aturan baku atas mobil tanpa awak pengemudi ini.

Kebijakan terkait aturan terus ditagih pihak produsen sebagai langkah proaktif untuk membantu teknologi ini bergerak dari prototipe menuju meja produksi.

“Anthony Foxx, Mentri Transportasi AS mengatakan, pengaturan kendaraan berteknologi otomatis harus dilandasi kerangka aturan nasional yang konsisten”

Dilansir Leftlane, Rabu (21/9/2016) Anthony Foxx, Menteri Transportasi AS mengatakan, pengaturan kendaraan berteknologi otomatis harus dilandasi kerangka aturan nasional yang konsisten untuk mengaturnya.

Mobil Otonom

Namun kesan lambannya kelahiran aturan baku membuat Departemen Transportasi Amerika terus dibanjiri tekanan agat segera menekurkan aturan agar kendaraa  otonom sepenuhnya dapat beroperasi.

NHTSA sebagai otoritas keselamatan juga angkat bicara terkait mobil otonom bahwa dengan pertibangan keselamatan meski mobil otonom mampu bergerak sendiri namun perlu ada pengemudi yang sesekali mengontrolnya.

ProPILOT

Fitur Otonomus Drive yang Diterapkan di Nissan Serena

Dengan ambiguitas yang ada pada defenisi otoritas pemerintah dan produsen nampaknya regulasi ini masih butuh pengkajian panjang, sehingga  mobil otonom hanya sebatas prototipe untuk uji coba dan belum bisa dipacu di jalan umum kota.

Jika demikian apakah produsen akan terus konsisten mengembangkannya atau berhenti dan mengalah dengan aturan yang tak kunjung direalisasikan.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Berita Otomotif

Nantinya beberapa perangkat untuk mendukung kinerja teknologi mobil otonom dari BMW ini akan disuplai dari Qualcomm dan Arriver. Autos.id – Salah satu raksasa otomotif...

Berita Otomotif

Malaysia baru-baru ini meluncurkan sebuah mobil otonom level 4 yang artinya bisa mengemudi sendiri tanpa bantuan manusia. Kuala Lumpur, Autos.id – Sebuah gebrakan mengejutkan...

Berita Otomotif

Samsung Electronics Co. dilaporkan telah mengajukan jumlah paten terbesar yang terkait dengan mobil self-driving di Eropa. Korea Selatan, autos.id – Menurut informasi dari Korea...

Berita Otomotif

Akibat kasus tabrakan mobil otonom di Arizona, Toyota memutuskan untuk menghentikan sementara tes mobil otonom, sampai keadaan berlangsung normal. Los Angeles, Autos.id – Toyota...