Connect with us

Hi, what are you looking for?

Mobil

Karena Masalah Rancangan Mesin, Konsumen Gugat Renault Dan Nissan Di Prancis

Renault Dan Nissan Digugat Karena Masalah Rancangan Mesin Di Prancis

Masalah pada konfigurasi mesin 1.200 cc dari Renault dan Nissan menjadi akar permasalahan yang digugat oleh sebagian konsumennya di Prancis.

Autos.id –  Sebuah kabar mengenakan datang dari 2 brand yang berada dalam 1 aliainsi yang sama, Renault dan Nissan. Kedua brand ini menghadapi sebuah masalah hukum di Prancis dari beberapa konsumennya. Diduga masalah rancangan mesin yang bermasalah membuat adanya gugatan kepada kedua brand aliansi tersebut.

Mesin yang menjadi sumber masalah bagi kedua brand ini adaah produksi tahun 2012 hingga tahun 2016 silam.

Renault Dan Nissan Digugat Karena Masalah Rancangan Mesin Di Prancis

Renault Captur

Adanya Gugatan Hukum

Seperti yang dilansir Reuters pada Rabu (22/6/2022), seorang pengacara untuk platform hukum MyLeo, Christophe Leguevaquez menyebut bahwa dirinya mendapat laporan dari salah satu kelompok berjumlah 1.100 orang tentang masalah ini. Ia menyebut bahwa kliennya menemukan berbagai masalah pada mobil Renault dan Nissan di Eropa sepanjang tahun 2012 hingga 2016.

Dalam laporan tersebut sekitar 400.000 unit mobil mengalami masalah yang mayoritas berasal dari mesin berkapsitas 1.200 cc. Renault sendiri menyebut bahwa mesin tersebut menggunakan oli yang cukup banyak. Meskipun begitu, Renault menyebut bahwa hal tersebut tidak menimbulkan resiko keselamatan apapun.

Renault Dan Nissan Digugat Karena Masalah Rancangan Mesin Di Prancis

Nissan Juke

Oleh karena itu mereka tidak mengeluarkan perintah recall atau penarikan unit kembali mobil yang dianggap bermasalah tersebut. Pada hari Selasa (21/2/2022), pihak produsen mobuk menyebut akan meneliti lebih jauh tentang masalah tersebut. Meskipun begitu pihak Renault dan Nissan tidak akan terlibat negosiasi kolektif.

Pihak Nissan juga menyebut bahwa bagi para pelanggan yang merasa mesin yang menjadi sumber masalah ini mengalami sesuautu yang tidak biasa, mereka bisa melaporkannya dan menghubungi pihak dealer lokal. Nantinya mereka akan memeriksa dan mendiagnosis apakah mobil ini mengalami masalah atau tidak serta mencari jalan keluar yang lebih baik.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Berita Otomotif

Nissan adalah brand otomotif asal Jepang pertama yang akan berkompetisi di ajang Formula E. Mereka akan memulai debutnya di kejuaraan balap mobil bertenaga listrik...

Renault

Renault Trezor akan menjadi mobil listrik berdesain cantik yang merupakan hasil aliansi dari Renault-Nissan dan menariknya mobil ini dikembangkan di Cina. India, Autos.id –...