Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita Otomotif

Isuzu Ingatkan Kendaraan Komersial Lengkapi Perlengkapan Keselamatan Berkendara

Isuzu selalu memberikan edukasi kepada partner tentang pentingnya perlengkapan keselamatan berkendara

Jakarta, Autos.id  –  Keselamatan berkendara tentu menjadi hal penting bagi pengguna jalan. Termasuk, tentunya para pengendara kendaraan niaga yang juga punya peran penting dalam menjaga keamanan selama di perjalanan. Tentunya dalam hal ini, agen pemegang merek (APM) otomotif juga memiliki peran penting untuk menjaga keselamatan kendaraan komersial.

Selain tentunya menambah fitur keamanan dan keselamatan, langkah memberikan edukasi kepada para pengemudi juga harus dilakukan.

Attias Asril, Sales & Marketing Division Head PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) mengatakan, sebagai agen pemegang merek (APM) selalu memberikan edukasi dan mengimbau kepada para partner agar selalu memahami dan patuh terhadap perlengkapan keselamatan berkendara.

“Tentunya dengan tujuan agar selalu aman dan nyaman selama di perjalanan. Sehingga diharapkan semua para partner untuk selalu patuh kepada regulasi yang sudah ditetapkan oleh pemerintah,” ujar Attias di booth Isuzu GIIAS 2022, Kamis (18/8/2022).

Ir. Dewanto Purnacandra, M.T. Kasubdit Uji Tipe Kendaraan Bermotor Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, menjelaskan bahwa, setiap kendaraan komersial wajib memenuhi peralatan perlengkapan keselamatan berkendara, termasuk yang sifatnya darurat.

Berdasarkan Peraturan Menteri No.74 Tahun 2021, soal Perlengkapan Keselamatan Kendaraan Bermotor Selain Sepeda Motor, banyak perlengkapan keselamatan berkendara yang harus dilengkapi pada kendaraan komersial.

Perlengkapan keselamatannya berupa, memiliki sabuk pengaman, segitiga pengaman, alat pemantuk cahaya tambahan, fasilitas tanggap darurat, ban cadangan, hingga dongkrak. “Semua perlengkapan keamanan ini wajib dimiliki oleh setiap kendaraan komersial agar selalu aman dan nyaman ketika berkendara di jalan,” tutur Danto.

Sementara menurut Ogik Giarno, Transportation Safety Application Engineer Manager PT 3M Indonesia, setiap kendaraan komersial juga wajib untuk memasang alat pemantul cahaya tambahan. Fungsinya agar ketika berkendara di malam hari, kendaraan lain di sekitar bisa mengetahui adanya truk di depan.

“Jadi untuk lebih aman lagi, maka sesuai dengan peraturan pemerintah bahwa harus ditambah alat pemantul cahaya. Banyak kejadian tabrak belakang karena kendaraan lain tidak bisa melihat di depan ada truk atau kendaraan lain,” ujar Ogik.

 

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Berita Otomotif

PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) mengikuti pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) yang di gelar di ICE, BSD, Tangerang pada 11 hingga...

Berita Otomotif

Last updated on 13 Agustus, 2022 Isuzu menjawab kekhawatiran konsumen tentang perawatan berkala hingga ketersediaan spart part Tangerang, Autos.id  – Penerapan standar emisi Euro...

Berita Otomotif

Last updated on 16 Juni, 2022 Astra Isuzu berupaya memenuhi permintaan MU-X dan D-Max Terbaru karena masih banyak dilirik Perusahaan Migas dan Pertambangan Pekanbaru,...

Berita Otomotif

Jelang libur lebaran Isuzu memberikan program service yang bertajuk “PAHALA RAMADAN” Jakarta, Autos.id – Untuk menyambut mudik lebaran tahun 2022 ini, PT Astra International...