Siapa sangka Opel yang identik dengan merek kendaraan roda empat ternyata pernah meluncurkan sepeda motor.
Autos.id – Sangat jarang produsen otomotif yang memproduksi kendaraan roda empat (mobil) dan roda dua (sepeda motor) bertahan lama. Namun, Honda adalah salah satu pabrikan yang bertahan lama untuk memproduksi keduanya.
Sebagai contoh, Yamaha hanya memproduksi sepeda motor, sedangkan Toyota adalah pabrikan yang fokus pada produksi mobil. Kemudian Peugeot yang berbasis di benua Eropa ternyata juga memproduksi sepeda motor, meskipun lebih populer adalah mobil.
Selain Peugeot, ternyata ada produsen otomotif lain dari benua Eropa yang memproduksi mobil dan sepeda motor, yaitu Opel.
Saat pertama kali didirikan, Opel pernah membuat sepeda motor meskipun tidak berlangsung lama, sekitar 30 tahun. Tepatnya pada tahun 1901, Opel menghadirkan Motorzweirad, yang jika diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris menjadi ‘motorized two-wheeler’, dimana basisnya adalah sepeda angin.
Sementara Opel terakhir kali meluncurkan sepeda motor adalah pada tahun 1928 dengan nama Motoclub 500 hadir, dimana produksinya dihentikan dua tahun kemudian. Motor tersebut sangat langka sekarang ini karena tampilan klasik dan sudah disematkan teknologi canggih di zamannya.
Dilansir dari Visordown, Motoclub 500 merupakan motor pertama yang menggunakan rangka baja tekan, dimana konstruksinya memungkinkan waktu produksi lebih singkat hingga 15-25 jam per unit.
Untuk metode dari kerangka Motoclub, Opel memiliki lisensi dari Ernst Neumann-Neander, yang mana ide tersebut diperkenalkan pada tahun 1920.
Inovasi berikutnya dari Motoclub 500 besutan Opel terletak pada bantalan udara dan pegas daun di bagian bawah jok yang membuat pengendara semakin merasa nyaman.
Terakhir membahas dapur pacunya, motor legendaris ini memiliki kapasitas mesin 499cc dengan satu silinder, 4-tak, bore x stroke 86 mm x 86 mm, serta menggunakan karburator sehingga kecepatannya mencapai 96 kpj.
Sumber: Visordown
Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.