Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita Otomotif

Inilah 5 Motor Ksatria Baja Hitam dan 3 Motor Dasarnya

Motor Ksatria Baja Hitam

Last updated on 14 September, 2023

Masih ingat Belalang Tempur, motor andalan Kotaro Minami? Inilah 5 motor yang ada di film Ksatria Baja Hitam dan dasar motor aslinya.

Autos.id – Bagi yang masa kecilnya di tahun ’90-an, tentu tidak asing dengan nama ‘Ksatria Baja Hitam’. Tokoh pahlawan dari Jepang itu memiliki nama asli ‘Kamen Rider’ dan diperankan oleh wujud manusia bernama Kotaro Minami.

Salah satu hal yang menarik dari Ksatria Baja Hitam adalah kendaraannya, seperti Belalang Tempur, Road Sector, dan lainnya. Kendaraan tersebut adalah sepeda motor yang sepertinya berbasis motor trail. Namun bukan hanya satu, seiring berkembangnya serial jagoan yang satu ini, makin banyak variasi dari kuda besinya. Atau lebih cocok disebut “belalang besi”? Sudahlah, mari kita simak apa saja motor Ksatria Baja Hitam berikut ini!

5 Motor Ksatria Baja Hitam

1. Belalang Tempur – Suzuki RA125

Battle Hopper.

Battle Hopper. (Sumber: Pinterest)

Sepeda motor pertama yang digunakan oleh Kotaro Minami sebagai Ksatria Baja Hitam, yang juga dikenal sebagai Kamen Rider Black, adalah Battle Hopper. Di Indonesia, kendaraan ini lebih dikenal dengan sebutan ‘Belalang Tempur’.

Battle Hopper sebenarnya diciptakan oleh Gorgom, yang merupakan musuh utama dari Kotaro Minami. Hebatnya, ketika mengalami kerusakan setelah terkena serangan, motor ini tidak perlu repot-repot dibawa ke bengkel, tapi Belalang Tempur ini punya kemampuan untuk pulih kembali. Keren, bukan?

Suzuki RA125.

Suzuki RA125. (Sumber: Webike Indonesia)

Namun, di akhir serial Ksatria Baja Hitam, Belalang Tempur mengorbankan dirinya dengan menabrakkan diri untuk mengalahkan Shadow Moon. Hal tersebut mengakibatkan Belalang Tempur hancur dan tidak bisa pulih lagi. Model dasar dari Belalang Tempur ini adalah Suzuki RA125.

Baca juga: Tahu KITT Dari Serial Knight Rider? Ternyata Inilah Mobil Aslinya

2. Road Sector – Suzuki GSX-R400

Road Sector.

Road Sector. (Sumber: Pinterest)

Motor kedua yang dipakai oleh Kotaro Minami sebagai Ksatria Baja Hitam ialah Road Sector. Kehadiran Road Sector tidak hanya sekadar penampilan, motor ini juga memiliki satu kemampuan khusus yang diberi nama Attack Shield.

Fungsi tersebut membuatnya mampu melindungi pengendara dari serangan apa pun yang datang. Dalam mode Attack Shield-nya, Road Sector juga dapat mengeluarkan serangkaian gerakan spesial yang dikenal dengan sebutan Sparkling Attack.

Suzuki GSX-R400.

Suzuki GSX-R400. (Sumber: KobaYogas)

Setelah pertempuran melawan Gorgom berakhir, Kotaro Minami memutuskan untuk mengembalikan Road Sector kepada Akira Daimon, anak dari pencipta Road Sector. Dalam hal rancangan, Road Sector didasarkan pada model Suzuki GSX-R400.

3. Acrobatter – Suzuki RH250

Acrobatter.

Acrobatter. (Sumber: Vio Fitz)

Walaupun tampaknya telah hancur di akhir serial Ksatria Baja Hitam, nyatanya Belalang Tempur masih memiliki potensi untuk dihidupkan kembali. Seperti perubahan kekuatan yang dialami oleh Kotaro Minami ketika bertransformasi menjadi Ksatria Baja Hitam RX atau Kamen Rider Black RX, Belalang Tempur juga mengalami perubahan dan mengadopsi identitas baru yaitu Acrobatter.

Suzuki RH250.

Suzuki RH250. (Sumber: Motorsport)

Acrobatter memiliki kemampuan istimewa yaitu berkomunikasi dengan Kotaro Minami. Selain itu, saat Ksatria Baja Hitam RX berubah menjadi dua wujud lainnya, Acrobatter juga dapat bertransformasi sesuai dengan pengendara yang memakainya. Dalam hal rancangan, Toei memilih Suzuki RH250 sebagai model dasar yang diadaptasi untuk menciptakan Acrobatter.

 

4. Roboizer – Suzuki RH250

Roboizer.

Roboizer. (Sumber: Pinterest)

Motor berikutnya yang digunakan oleh Kotaro Minami adalah Roboizer, transformasi dari Acrobatter saat Ksatria Baja Hitam RX berubah menjadi Roborider. Perbedaan mencolok antara keduanya adalah pada senjata yang dimiliki oleh Roboizer, yakni dua mesin tembak yang terpasang di bagian belakang motornya.

Uniknya, meskipun gerakan Kotaro Minami menjadi lebih lambat saat berubah menjadi Roborider, transformasi dari Acrobatter ke Roboizer justru meningkatkan kecepatan Roboizer. Kendaraan ini juga didasarkan pada model Suzuki RH250, sama seperti Acrobatter, karena pada dasarnya keduanya adalah varian dari motor yang serupa.

 

5. Macjabber – Suzuki RH250

Macjabber.

Macjabber. (Sumber: Twitter)

Saat Kotaro Minami melakukan transformasi menjadi Biorider atau RX Bio, Acrobatter pun berubah menjadi Macjabber. Macjabber adalah perubahan bentuk yang muncul setelah Acrobatter, dan ini merupakan transformasi yang paling sesuai dengan penggunaan oleh Biorider. Seperti halnya dua transformasi sebelumnya, Macjabber juga memiliki dasar model dari Suzuki RH250.

Baca juga: Menelisik Toyota AE86, Mobil Legendaris di Film Initial D

 

Sumber: Berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Yadea

Autos.id – Dalam era di mana kesadaran akan dampak lingkungan semakin meningkat, transportasi berkelanjutan menjadi lebih dari sekadar tren, tetapi sebuah kebutuhan mendesak. Kendaraan...

Motor

Last updated on 8 Mei, 2024 Autos.id – Dalam era di mana keberlanjutan dan efisiensi energi semakin menjadi perhatian utama, motor listrik telah muncul...

Motor

Last updated on 22 April, 2024 Autos.id – Tahukah Anda, bahwa pemeriksaan motor tidak hanya penting untuk dilakukan ketika motor rusak. Namun juga penting...

Merk Motor

Last updated on 4 April, 2024 Autos.id – Di segmen roda dua tanah air, beberapa varian model motor memang dapat dijumpai di jalanan setiap...

error: Content is protected !!