Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita Otomotif

Ini Kota-Kota di Indonesia yang Peduli Keselamatan Jalan

IRSA 2016

Adira Insurance mengadakan IRSA 2016 sebuah ajang penghargaan untuk kota-kota dan kabupaten di Indonesia yang peduli akan keselamatan di jalan raya.

Jakarta, Autos.id – Kecelakaan jalan raya merupakan pembunuh nomor satu di dunia. Dan di Indonesia, kecelakaan jalan raya membunuh sebagian besar masyarakat usia produktif dan usia muda.

“Setiap jam ada 2-3 korban kecelakaan jalan raya. Melihat kondisi yang memprihatinkan tersebut Adira Insurance sejak 2013 memberikan apresiasi kepada kota-kota yang turut serta meningkatkan kesadaran akan keselamatan di jalan raya,” ucap Indra Baruna, Chief Executive Officer Adira Insurance, di Jakarta, Selasa (6/12/2016).

“Ini merupakan program apresiasi kepada kota dan kabupaten terbaik di Indonesia yang telah menerapkan program keselamatan jalan”

Penghargaan ini diberikan Adira Insurance dalam Indonesia Road Safety Award (IRSA). Ini merupakan program apresiasi kepada kota dan kabupaten terbaik di Indonesia yang telah menerapkan program keselamatan jalan. “IRSA diberikan untuk menjadi dukungan kepada pemerintah kota dan kabupaten agar terus bekerja keras menerapkan pilar-pilar keselamatan jalan di lingkungannya sehingga tercipta keselamatan lalu lintas,” lanjut Indra.

IRSA 2016

Banru Terciptanya Keselamatan di Jalan Raya

Telah diselenggarakan empat kali, IRSA 2016 diberikan mengacu pada atribut lima pilar yang terdapat dalam Rancangan Umum Nasional Keselamatan Jalan (RUNK). Yakni Manajemen Keselamatan Jalan (Safer Management), Jalan yang Berkeselamatan (Safer Road), Kendaraan yang Berkeselamatan (Safer Vehicle), Perilaku Pengguna Jalan yang Berkeselamatan (Safer User), serta Penanganan Pra dan Pasca Kecelakaan (Pre and Past Cash Response).

IRSA 2016

Para Pemenang IRSA 2016

Pada IRSA 2016 total ada 110 kota dan kabupaten yang ikut serta. Dari jumlah itu disaring lagi jadi 17 finalis berdasarkan data keselamatan jalan, jumlah penduduk, jumlah kendaraan, panjang jalan, jumlah fatalitas dan data lainnya. Selain itu dilakukan pula survei dan observasi lapangan untuk menilai kualitas penerapan tata kota demi keselamatan jalan di wilayahnya.

IRSA 2016

DIsaring dari 110 Kota dan kabupaten di Indonesia

Dari 17 finalis itu tercatat Pekalongan sebagai Juara Utama kategori Kabupaten dengan Jumlah Penduduk di Bawah 1 Juta Jiwa. Balikpapan sebagai Juara Umum Kota dengan Jumlah Penduduk di Bawah 1 Juta Jiwa, Jepara untuk kategori Kabupaten dengan jumlah Penduduk di Atas 1 Juta Jiwa, dan Surabaya untuk kategori Kota dengan Jumlah Penduduk di Atas 1 Juta Jiwa.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Tips

Menurut Polda Metro Jaya, kerugian yang dialami pengendara akibat kecelakaan lalu lintas mencapai Rp 1 miliar lebih. Jakarta, Autos.id  –  Kecelakaan kendaraan bermotor hampir...

Aksesoris

Cermati Protect senantiasa terus meningkatkan layanan digital guna menciptakan pengalaman terbaik bagi masyarakat supaya semakin mudah, nyaman dan aman ketika mengakses dan membeli berbagai...

Aksesoris

Adira Insurance petakan profil keselamatan jalan di Indonesia Jakarta, Autos.id  –  Melihat tingginya angka fatalitas kecelakaan lalu lintas, PT. Asuransi Adira Dinamika Tbk (Adira...

Motor

Meski masih masa pandemi, PT Wahana Makmur Sejati (WMS) terus memberikan safety riding kepada pengguna sepeda motor meskipun secara online Jakarta, Autos.id  – Tim...