Connect with us

Hi, what are you looking for?

Motor

Honda Menghadirkan Stasiun Pengisian Dan Penukaran Baterai Untuk Motor Listrik

Honda Menghadirkan Stasiun Pengisian Dan Penukaran Baterai Untuk Motor Listrik

Teknologi ini akan memudahkan pemilik sepeda motor listrik dalam menukar baterai motor listrik mereka dengan sistem kerja yang tergolong cepat dan tanpa menunggu waktu yang lama.

Autos.id – Teknologi dan inovasi kendaraan elektrifikasi tidak hanya berlaku untuk kendaraan roda empat, tetapi juga kendaraan roda dua. Salah satu inovasi ini datang dari rakasasa otomotif asal Jepang, yaitu Honda yang menghadirkan sebuah stasiun pengisian dan penukaran baterai yang memungkinkan pengguna sepeda motor listrik menukar baterainya dengan baterai lainnya untuk digunakan di motor listrik mereka.

Sistem teknologi ini diberi nama Honda Power Pack Exchanger e: atau HPPEe: yang pertama kali di perkenalkan di Jepang.

Honda Menghadirkan Stasiun Pengisian Dan Penukaran Baterai Untuk Motor Listrik

Teknologi Tukar Baterai Motor Listrik Terpadu

Disadur dari Motor1 pada Rabu (26/10/2022), Honda Power Pack Exchange e: ini termasuk dalam proyek Honda Mobile Power Packs yang sudah diperkenalkan sejak tahun 2021 silam. Dalam teknologi ini, HPPEe: ini akan digunakan oleh pemerintah Metropolitan Tokyo yang bertujuan untuk memperluas penggunaan sepeda motor listrik di ibu kota Jepang tersebut,

HPPEe: sendiri selain dikembangkan oleh Honda, juga dikembangkan oleh perusahaan pertukaran baterai Gachaco. Dalam teknologi ini, nantinya selain Honda, berbagai brand lainnya seperti Yamaha, Suzuki, dan Kawasaki bisa menggunakan teknologi ini.

Dalam teknologi ini, Honda memasukkan sebuah unit hub pengisian daya baru yang akan tersambung dengan HPPEe:. Dalam teknologi ini para pelanggan bisa melalukan proses pengisian baterai dengan cara yang sederhana serta bisa menukar baterai sepeda motor listrik mereka dengan menggunakan kartu chip khusus.

Nantinya, para konsumen bisa memasang baterai bekas ke salah satu slot yang tersedia dan mengeluarkan baterai yang terisi penuh di slot yang berbeda. Dalam setiap slot baterai memiliki desain yang miring dengan tujuan memfasilitasi kemudahan serta kecepatan penyisipan dan pelepasan baterai yang akan digunakan konsumen.

Honda Menghadirkan Stasiun Pengisian Dan Penukaran Baterai Untuk Motor Listrik

Lalu, baterai bekas yang masuk ke dalam boks ini akan diisi otomatis oleh sistem HPPEe: hingga penuh dan nantinya bisa digunakan oleh konsumen lain. Hal ini akan membuat konsumen tidak perlu menunggu waktu lama untuk mengganti baterai mereka karena akan langsung diberikan baterai yang sudah terisi penuh.

Dalam setiap stasiun HPPEe: ini, terdapat berbagai sensor yang mengintegrasikan pendinginan baterai untuk menghindati kerusakan baterai karena panas yang berlebihan. Selain itu HPPEe: sudah terintegrasi dengan lebih dari satu unit sehingga bisa dihubungkan bersama dengan satu mega stasiun dengan Honda Power Pack Cloud.

Selain di Jepang, salah satu anak perusahaan Honda di India yaitu Honda Power Pack India Pvt Ltd juga akan menghadirkan fasilitas serupa di negeri Bollywood tersebut. Nantinya, selain sepeda motor listrik roda dua, kendaraan lainnya seperti becak listrik roda tiga bertenaga listrik juga bisa memanfaatkan fasilitas ini.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Reviews

Honda EM1 e: ini menjadi sepeda motor listrik pertama yang dijual Honda di pasar Benua Eropa dan akan dijual di beberapa negara lainnya. Autos.id...