Connect with us

Hi, what are you looking for?

Mobil

General Motors Hadirkan Program Konversi Mobil Konvensional Menjadi Listrik

General Motors Menghadirkan Program Konversi Mobil Konvensional Menjadi Mobil Listrik
Chevrolet Camaro

Program konversi mesin konvensional menjadi mobil listrik ini sebelumnya pernah dilakukan oleh Ford dengan program yang kurang lebih mirip-mirip.

Autos.id – Dalam dunia otomotif, konversi dari mobil bermesin konvensional menjadi mobil listrik bukanlah sesuatu yang baru. Tetapi sebuah langkah unik dilakukan oleh General Motors atau GM. Ditengah trend mobil listrik semakin naik daun, brand otomotif asal Amerika Serikat ini memberikan sebuah program menarik bagi anda yang tertarik dengan mobil listrik tetapi memiliki budget terbatas.

GM memberikan sebuah program dimana mobil-mobil lama GM yang masih menggunakan mesin konvensional bisa disulap menjadi mobil listrik dengan harga yang tergolong menarik.

General Motors Menghadirkan Program Konversi Mobil Konvensional Menjadi Mobil Listrik

Chevrolet Equinox EV

Program Konversi Mobil Konvensional Ke EV

Seperti yang dikutip dari Detroit Free Press, GM sendiri menyebut program ini dengan Electric Conncet dan Cruise eCrate Package. Dalam program GM ini, GM menyebut bahwa konversi mobil-mobil lama yang masih menggunakan mesin konvensional ke EV ini mengambil konsep Creat Engine atau konversi mesin 78 lawas dengan V8 generasi terbaru yang sudah dilakukan sebelumnya.

Scott Bell selaku VP Chevrolet menyebut bahwa berbagai brand dibawah naungan GM kini memiliki program konversi menjadi mobil listrik. “Program Crate Engine kali ini akan mengadopsi crate engine sebelumnya. Dan nantinya untuk program ini, kami sudah memiliki tim khusus yang sebelumnya bertugas pada Crate Engine sebelumnya dengan cara yang lebih baru dan mutakhir”, ujar Bell.

General Motors Menghadirkan Program Konversi Mobil Konvensional Menjadi Mobil Listrik

Chevrolet Blazer EV

Sebenarnya pihak GM sudah ingin mencanangkan program konversi mobil konvensional ke mobil EV ini sejak tahun 2021 silam. Namun karena pandemic Covid-19, membuat program ini ditangguhkan untuk sementara waktu. Hingga saat ini pihak GM belum mengetahui kapan program konversi ini akan segera diwujudkan.

Apa yang dilakukan oleh GM dengan program konversi mobil konvensional ke mobil listrik bukanlah yang pertama kali terjadi. Karena sebelumnya, sesama pabrikan asal Amerika Serikat, Ford juga sudah mengeluarkan yang kurang lebih sejenis dengan nama Eluminator. Dari program ini, pihak Ford mengklaim sukses karena banyaknya mobil konvensional yang dikonversi menjadi mobil listrik.

Untuk program konversi mesin yang dilakukan GM ini, mereka sudah mempersiapkan berbagai aspek. Misalnya seperti fasilitas perakitan, dealer, after market, serta adanya pelatihan dan peralatan yang nantinya akan berguna untuk merawat mobil konversi tersebut.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Mobil

Nantinya kerjasama Honda dan GM ini tidak hanya sekedar menghadirkan produk mobil listrik saja, tetapi juga menghadirkan berbagai suku cadang yang lebih ramah lingkungan....

Mobil

Masalah pada kelangkaan chip semikonduktor yang berpengaruh pada bahan baku baterai mobil listrik membuat produksi EV General Motors mengalami hambatan yang serius. Autos.id –...

Reviews

Generasi terbaru Chevrolet Trax yang meluncur di pasar global ini hadir dengan ubahan yang sangat signifikan dibandingkan generasi sebelumnya. Autos.id – Berbicara mengenai Chevrolet...

Berita Otomotif

Platform Ultium yang dikembangkan oleh General Motors ini menjadi salah satu langkah bagi GM yang ingin menguasai segmen EV di benua Eropa. Autos.id –...