Connect with us

Hi, what are you looking for?

Mobil

Fitur ADAS Ternyata Mampu Mengurangi Resiko Tabrakan Dari Belakang Hingga 50%

Fitur ADAS Ternyata Mampu Mengurangi Resiko Tabrakan Dari Belakang Hingga 50%

Studi dari MITRE dan PARTS ini menyimpulkan bahwa fitur radar seperti ADAS ini bisa mengurangi resiko tabrakan terutama tabrakan dari belakang dengan angka yang cukup tinggi.

Autos.id – Seiring berjalannya waktu, fitur safety atau keselamatan pada suatu kendaraan menjadi sangat berarti. Terlebih saat ini berbagai pabrikan otomotif dunia mulai berlomba-lomba memberikan berbagai teknologi safety tercanggih yang akan membuat anda semakin aman saat berkendara di jalan raya. Salah satunya fitur safety active yang juga sering disebut ADAS yang memberikan  dampak yang sangat positif.

Bahkan sebuah studi menyebutkan bahwa fitur ADAS mampu mengurangi resiko tabrakan dari belakang hingga 50%.

Fitur ADAS Ternyata Mampu Mengurangi Resiko Tabrakan Dari Belakang Hingga 50%

Mengurangi Resiko Tabrakan Dari Belakang

Dikutip dari Carscoops pada Selasa (15/11/2022), studi dari MITRE dan Partership for Analytics Research in Traffic Safety atau PARTS menemukan fakta bahwa penggunaan fitur radar seperti ADAS ternyata mampu mengurangi resiko kecelakaan khususnya tabrakan dari belakang hingga kurang lebih 50%.

Selain mengurangi resiko tabrakan dari belakang, fitur radar seperti ADAS ini ternyata bisa mengurangi resiko cedera yang bisa berakibat fatal hingga 53%. Beberapa fitur radar ADAS seperti Forward Collison Warning dan Autonomous Emergancy Braking menjadi 2 fitur kunci mengapa resiko-resiko ini bisa untuk dihindari.

Meskipun terlihat sangat membantu, namun fitur-fitur radar ini memang tidak sepenuhnya bisa diandalkan setiap saat. Untuk tingkat kecelakaan yang sangat parah, studi ini tidak bisa menjadi acuan utama karena apabila tingkat kecelakaan yang sangat parah, maka hanya berpotensi membantu mengurangi resiko ini sebesar 16 hingga 19%.

Fitur ADAS Ternyata Mampu Mengurangi Resiko Tabrakan Dari Belakang Hingga 50%

Dalam penelitian ini, fitur seperti autonomous emergency braking ini pada dasarnya bisa dioptimalkan di berbagai kondisi cuaca dan kondisi jalan. Selain itu beberapa fitur ADAS lainnya seperti Lane Departure Warning, Lane Keeping Assist, hingga Lane Centering System juga bisa mengurangi resiko kecelakaan yang meskipun tidak besar namun sangat berarti penggunaannya saat berjalan.

Dari berbagai penelitian yang dilakukan, bisa disimpulkan bahwa penggunaan ADAS pada mobil-mobil modern menjadi salah satu peranti penting yang memang sewajarnya mulai marak. Terlebih mobil-mobil dengan harga terjangkau, khususnya yang dijual di Indonesia juga sudah mulai menghadirkan fitur safety active yang didalam kondisi tertentu akan menyelamatkan nyawa manusia di dalam mobil.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Mobil

Selain akan hadir di line up reguler, Mercedes-Benz juga akan menyematkan fitur Semi Autonomous Level 3 ini pada mobil performance AMG mereka. Autos.id –...