Connect with us

Hi, what are you looking for?

Mobil

Dua Produk Toyota Rebadge Dari Suzuki Meraih Penjualan Yang Tinggi Di India

2 Produk Toyota Rebadge Dari Suzuki Meraih Penjualan Yang Tinggi Di India
Toyota Glanza

Selain Glanza dan Urban Cruiser, Toyota India melalui ATPM Toyota Kirloskar Motor juga baru saja meluncurkan produk terbaru hasil rebadge dari Maruti Suzuki, yaitu Toyota Urban Cruiser Hyryder.

Autos.id – Di India, brand Toyota memiliki kedekatan dengan Maruti Suzuki. Bahkan beberapa produk dari Maruti Suzuki juga di rebadge oleh Toyota di negeri Bollywood tersebut. Misalnya seperti Maruti Suzuki Baleno yang memiliki kembaran Toyota Glanza, serta Maruti Suzuki Vitara Brezza yang memiliki kembaran Toyota Urban Cruiser.

Bahkan kedua produk kembaran hasil rebadge dari Suzuki tersebut justru menjadi 2 mobil dengan penjualan yang tinggi di India.

2 Produk Toyota Rebadge Dari Suzuki Meraih Penjualan Yang Tinggi Di India

Toyota Urban Cruiser

Fakta Penjualan Toyota Di India

Seperti yang dilansir oleh The Financial Express pada Minggu (7/8/2022), Toyota Kirloskar Motor atau TKM berhasil memecahkan rekor penjualan hingga 19.693 unit hanya dalam periode 1 bulan pada bulan Juli silam. Artinya angka tersebut naik secara drastic hingga 50% bila dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Selain itu angka penjualan perbulan ini sekaligus memecahkan rekor dalam sejarah penjualan Toyota di India. Yang menarik, angka penjualan yang sangat tinggi ini mayoritas disumbangkan oleh 2 produk rebadge dengan Maruti Suzuki yaitu Glanza dan Urban Cruiser. Selama bulan Juli kemarin, kedua produk ini total berhasil terjual hingga 9.939 unit.

Sedangkan sisa 9.754 unit lainnya disumbangkan oleh gabungan beberapa produk lainnya seperti Innova Crysta, Hilux, Fortuner, Legender, Camry, serta Vellfire. Melihat apa yang terjadi dengan penjualan produk Toyota hasil kerjasama Suzuki yang tinggi ini bukanlah sebuah kebetulan belaka. Mengingat sejak 2018 silam, kedua brand ini sudah banyak melakukan kerjasama baik dari teknologi, produk, hingga pengembangan pasar di negeri Bollywood tersebut.

Produk pertama hasil kolaborasi Toyota dan Suzuki di India adalah Toyota Glanza yang menjadi kembaran dari Suzuki Baleno Hatchback pada 6 Juni 2019 silam. Lalu pada September 2020 juga lahir Toyota Urban Cruiser juga secara resmi diperkenalkan sebagai kembaran dari Suzuki Vitara Brezza yang sudah hadir sebelumnya.

2 Produk Toyota Rebadge Dari Suzuki Meraih Penjualan Yang Tinggi Di India

Toyota Urban Cruiser Hyryder

Dan berkat kedua mobil inilah, Toyota Kirkloskar Motor di India berhasil meraih penjualan yang tergolong luar biasa. Hingga bulan Juli 2022 kemarin, kedua mobil ini total sudah terjual hingga 140.317 unit, dengan rincian 78.694 unit Toyota Glanza serta 61.623 unit Toyota Urban Cruiser. Bahkan 65% pembeli Glanza merupakan pembeli pertama Toyota serta 96% pembelu Urban Cruiser sudah dibeli oleh konsumen non-Toyota.

Wakil Presiden eksekutif, penjualan, dan layanan Toyota Kirloskar Motor, Tadashi Asazuma menyebut bahwa sebelumnya mereka tidak memiliki mobil dengan harga serta selera yang sesuai dengan pasar India. Lalu Asazuma menyebut bahwa kedua produk hasil Rebadge dari Suzuki inilah yang menjadi daya tarik konsumen sehingga akhirnya produk Toyota di India menjadi naik seperti saat ini.

Setelah sukses dengan rebadge Glanza-Baleno, serta Urban Cruiser-Vitara Brezza, kedua brand ini juga baru saja meluncurkan 2 produk kembar terbarunya yang masuk ke segmen compact crossover. Kedua produk tersebut adalah Toyota Urban Cruiser Hyryder yang mengambil basis platform dan teknologi dengan Maruti Suzuki Grand Vitra.

Kedua mobil ini hadir dengan beberapa selling point unggulan. Salah satunya adalah penggunaan mesin Mild Hybrid yang dikembangkan oleh Suzuki serta mesin full Hybrid yang menggunakan basis dari Toyota tetapi menggunakan mesin dari Suzuki.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Mobil

Kabarnya Suzuki Jimny 5 Pintu akan diproduksi di pabrik Maruti Suzuki India dan akan diluncurkan di tahun 2023 serta akan diekspor ke beberapa negara....

Mobil

Ada 4 varian dari Toyota Urban Cruiser Hyryder yag dijual di pasar India dengan range harga dikisaran Rp 300 jutaan meskipun harus melalui daftar...

Mobil

Sejatinya Suzuki Grand Vitara baru akan dijual secara resmi dan dikirimkan ke konsumen pada bulan September mendatang. Autos.id – Suzuki Grand Vitara generasi terbaru...

Mobil

Nantinya Suzuki Baleno Cross juga akan memiliki kembaran dari Toyota sama seperti produk Maruti Suzuki lainnya yang juga memiliki produk kembar dari Toyota di...