Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita Otomotif

#DiRumahAja Ketika Belajar Periksa Busi

Last updated on 3 April, 2020

Jakarta, Autos.id  Diam di rumah tentu menjadi hal yang sangat membosankan, sebab tidak banyak pekerjaan yang bisa kita lakukan selain urusan rumah dan sekitarnya. Bagi kita pecinta otomotif tentu hal ini membuat jari-jari kita lebih cepat gatal, karena praktis kegiatan touring, ngoprek dan kumpul komunitas menjadi tertunda.

Sebenarnya ada banyak hal yang bisa kita lakukan untuk kegiatan ngebengkel di rumah yang sifatnya tidak banyak membutuhkan peralatan lengkap. Salah satunya adalah memeriksa kondisi busi kendaraan kita. Untuk kalian pengguna motor tentu relatif lebih mudah karena tidak banyak compartment yang harus dibuka dibandingkan dengan mobil yang lebih banyak extra-job.

Peralatan yang dibutuhkan cukup sederhana, hanya membutuhkan kunci standar untuk membuka compartment, kunci busi sesuai dengan kendaraan masing-masing, serta tambahan kaca pembesar untuk melihat seberapa kerusakan busi kita.

Busi yang sudah dibuka segera dilakukan pengecekan dengan menggunakan kaca pembesar untuk dilihat gejalanya. Gejala-gejala seperti carbon fouling, overheat, corona stain, flash over bahkan keausan normal pun bisa kita lihat secara jelas. Secara normal pemakaian busi biasanya akan mengalami pengerakan karbon ataupun tingkat keausan tinggi kalau sudah seperti ini penggantian busi menjadi alternatif pilihan yang terbaik dibandingkan membersihkannya.

Untuk proses membersihkannya juga perlu diperhatikan beberapa hal, kalau hanya membersihkan kerak kotoran yang menempel cukup menggunakan penetran pembersih kampas rem saja kemudian di bersihkan menggunakan kain. Tidak disarankan membersihkan menggunakan amplas ataupun benda tajam seperti sikat kawat.

Jika karbon sudah memenuhi seluruh permukaan elektroda dan insulator maka tidak ada jalan lain selain mengganti busi lama dengan yang baru dan itu membantu kita mengembalikan performa busi menjadi seperti baru agar kenyamanan dan keamanan berkendara menjadi lebih terjamin.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Tips

Performa busi kendaraan bisa mengalami penurunan karena beberapa faktor. Sayangnya, faktor penyebabnya masih sering disepelekan pengemudi! Apa alasannya? Jakarta, Autos.id – Busi adalah satu...

Aksesoris

NGK G-Power merupakan busi yang menggunakan bahan platinum pada ujung tip elektroda tengah (center electrode) dengan paduan nikel pada ground electrode. Jakarta, Autos.id –...

Aksesoris

Busi NGK MR9C-9N diklaim sanggup memberikan pasokan kebutuhan kelistrikan pada mesin motor modern yang sudah mengadopsi fitur ISS. Jakarta, Autos.id – Beberapa sepeda motor...

Aksesoris

Last updated on 21 November, 2021 Busi NGK G-Power di desain dengan bahan dan konstruksi terbaik guna menjaga performa mesin tetap prima ketika harus...