Last updated on 26 Juli, 2023
Sejak diluncurkan di GIIAS 2017 lalu hingga awal Maret 2019, Mitsubishi Xpander sudah diterima konsumennya sebanyak 100 ribu unit
Jakarta, Autos.id – PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) berhasil meningkatkan penjualan di segmen kendaraan penumpang dan niaga.
Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO), Mitsubishi mencatat angka penjualan sebanyak 146.805 unit sepanjang Januari – Desember 2018. Itu seiring dengan peningkatan penjualan dari industri kendaraan roda empat (R4) nasional 2018.
Dengan penjualan kendaraan penumpang memberikan sumbangsih sebanyak 98.964 unit, atau meningkat 174 persen dari tahun sebelumnya yang hanya mencatat 36.025 unit.
Sementara kendaraan niaga menyumbang 47.841 unit atau naik 9,6 persen dari tahun sebelumnya dengan catatan penjualan 43.096 unit.
Baca juga: Tipe Mitsubishi Xpander Dari Terendah Hingga Tertinggi
“Kami berharap pencapaian yang diraih Mitsubishi mampu memberikan kontribusi positif terhadap industri otomotif, pertumbuhan ekonomi, dan kepentingan masyarakat secara luas,” ujar Naoya Nakamura, President Director PT MMKSI dalam acara media gathering, di Jakarta Rabu (13/3).
PENJUALAN XPANDER CAPAI 100 RIBU
Bukan hanya peningkatan mobil yang dicapai MMKSI di tahun 2019, tetapi prestasi yang belum pernah dicapai oleh APM lainnya yaitu berhasil menjual Mitsubishi Xpander sebanyak 100 ribu unit hanya dalam waktu 18 bulan.
Nakamura mengungkapkan, prestasi ini membuatnya bangga melihat kecintaan masyarakat Indonesia terhadap produk Xpander sangat luar biasa. “Mereka percaya dengan Xpander bukan hanya kenyamanannya saat berkendara, tetapi juga servis dan layanan purnajual serta ketersediaan suku cadang yang membuat pengguna Xpander puas,” tukas Nakamura.
“Karena pelayanan purnajual dan bengkel kami yang tersedia di seluruh Indonesia, serta kepuasan konsumen, membuat MMKSI berhasil menerima penghargaan No. 1 Customer Service Index (CSI) dari JD Power. Keberhasilan menerima penghargaan ini, melengkapi penghargaan serupa yang pernah diterima Mitsubishi Motors Indonesia pada tahun 2011, 2012, dan 2014,” imbuh Nakamura.
Sementara itu, untuk penjualan mobil sepanjang 2018 secara nasional berhasil melampaui 1,1 juta unit yang sudah ditargetkan GAIKINDO.
Target ini terlewati seiring angka wholesales (penjualan dari pabrik ke dealer) seluruh merek pada Desember 2018 menyentuh 87.846 unit. Bila diakumulasi sejak Januari hingga Desember, penjualan mobil nasional mencapai 1.151.291 unit.
Baca juga: Harga Mitsubishi Xpander Naik Rp 5 Juta
Adapun untuk pelanggan terlaris, masih dipegang Toyota yang tetap menjadi nomor satu dengan perolehan 352.161 unit. Merek terlaris kedua yaitu Daihatsu (202.738 unit), diikuti Honda (162.170 unit), dan Mitsubishi Motors (142.861 unit).
Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.