Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita Otomotif

Daihatsu Rocky Hybrid Segara Launching Di Jepang, Meluncur Akhir Tahun Ini

Rencananya versi hybrid dari Daihatsu Rocky ini akan segera diluncurkan di bulan November tahun ini.

Autos.id – Daihatsu Rocky dan Toyota Raize merupakan 2 mobil hasil Kerjasama Daihatsu dan Toyota yang saat ini sedang hot-hotnya di Indonesia. Produk yang masuk yang kelas mini SUV 4 meter ini bersaing dengan beberapa nama seperti Kia Sonet, Nissan Magnite, dan Renault Kiger dipasar Indonesia. Dinegara asal mobil ini yaitu Jepang, rencananya mobil ini aka ketambahan 1 varian mesin yaitu mesin hybrid.

Rencana versi hybrid dari Daihatsu Rocky atau mungkin juga Toyota Raize akan segera diluncurkan ini sudah berembus sejak Januari tahun ini. Tapi belum banyak info serta detail yang dijelaskan. Dan setelah beberapa kasak-kusuk yang beredar, rencananya versi hybrid mobil ini akan segera dirilis disekitar akhir tahun ini, lebih tepatnya bulan November.

Seperti yang dikutip dari Creative311, basis mesin yang digunakan untuk versi hybrid dari Daihatsu Rocky adalah mesin 1.200 cc 3 silinder yang sama digunakan diversi termurah untuk pasar Indonesia ini. Untuk spek standarnya sendiri, mesin dengan kode WA-VE ini menghasilkan tenaga 88 Ps dan torsi 112 Nm dengan pilihan transmisi manual 5 percepatn serta otomatis CVT. Rencana kode mesin untuk versi hybrid ini sendiri adalah WA-VEX dengan bantuan motor listrik.

 

Rocky Hybrid

 

Yang menarik, Rocky versi hybrid atau yang nantinya akan Bernama Rocky e-smart memiliki sistem hybrid yang berbeda bila dibandingkan dengan apa yang ada di berbagai lini produk saudaranya yaitu Toyota. Kabarnya nantinya mesin konvensional yang ada dimobil ini hanya akan bertugas untuk mengisi daya baterai saja atau yang sering dikenal dengan generator. Serta penggeraknya hanya mengandalkan motor listriik atau electric driven. Teknologi ini sama persis seperti yang ada di Nissan Kicks E-Power.

Fitur One Pedal Driving

Sama seperti yang ada di Nissan Kicks E-Power, Daihatsu Rocky E-Smart ini memiliki fitur one pedal driving atau yang disini disebut dengan smart pedal. Fitur ini akan memungkinkan anda untuk bisa berkendara hanya dengan menggunakan pedal gas sehingga tidak perlu menggunakan pedal rem ketika akan berhenti. Sistem ini akan memanfaatkan pengereman regeneratif yang akan mengerem secara otomatis apabila anda secara perlahan melepas pedal gas.

Fitur one pedal driving ini akan sangat berguna terutama dikota-kota besar yang rawan kemacetan serta dijalanan turunan. Yang menarik, kabarnya Daihatsu Rocky E-Smart ini akan menggunakan rem parkir elektrik lengkap dengan auto brake hold. Kemudian dari segi tampilan ada beberapa ubahan minor dengan beberapa aksen biru yang akan semakin menguatkan kesan mobil hybrid yang ramah lingkungan.

 

Rocky Facelift Segera Hadir Di Jepang?

Selain berencana untuk meluncurkan varian hybrid untuk Rocky ini, menurut laporan dari Creative Tren juga menyebutkan bahwa versi facelift dari Rocky atau mungkin juga Toyota Raize akan segera facelift dalam waktu dekat ini. Meskipun di Indonesia sendiri baik Daihastu Rocky dan Toyota Raize baru hadir diawal tahun ini, tapi dinegara asalnya, yaitu Jepang kedua mobil kembar ini sudah ada dipasaran sejak akhir tahun 2019.

Rocky Facelift

Kabarnya untuk versi hybrid nanti akan dijual seharga 2.350.000 yen atau sekitar Rp 301 jutaan. Sedangkan untuk varian facelift dari mesin standarnya sendiri, dijual mulai dari 2.166.000 yen atau sekitar Rp 271 jutaan. Belum ada kejelasan apakah versi hybrid dari Daihatsu Rocky ini akan masuk Indonesia atau tidak. Karena kalau beneran masuk ke Indonesia akan memberikan sebuah langkah besar baik bagi Toyota dan Daihatsu dalam penjualan mobil ramah lingkungan dengan harga terjangkau nantinya.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Berita Otomotif

Ternyata Daihatsu mendaftarkan desain mobil yang laris terjual di Jepang ke Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM. Autos.id – Daihatsu Motor Co.,...

Daftar Harga Mobil

Di pasar Indonesia, ada banyak merek mobil bekas dengan banderol terjangkau di bawah Rp100 juta. Autos.id – Bagi yang ingin membeli mobil murah namun...

Berita Otomotif

SUV menjadi jenis mobil favorit banyak orang belakangan ini, tapi adakah harganya yang di bawah Rp250 Juta? Autos.id – Jenis mobil SUV menjadi primadona...

Daftar Harga Mobil

Mercedez Benz merupakan merk mobil ternama yang memiliki pasar di Indonesia. Autos.id – Mercedes Benz merupakan merk dari produsen mobil yang berbasis di Jerman....