Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita Otomotif

Daftar Kontes Modifikasi Mobil di Dunia, Nomor 1 Ada di Indonesia

kontes modifikasi mobil

Last updated on 24 Oktober, 2023

Dalam daftar kontes modifikasi mobil terkenal di dunia, ada yang dari Indonesia.

Autos.id – Mobil modifikasi telah menjadi fenomena yang populer di kalangan pecinta otomotif di seluruh dunia. Kontes modifikasi mobil adalah acara yang memungkinkan penggemar mobil untuk memamerkan karya seni bergerak mereka yang telah diubah dengan kreativitas, keahlian, dan imajinasi. Dalam kompetisi ini, para peserta berlomba untuk mendapatkan pengakuan atas upaya mereka dalam mengubah mobil biasa menjadi karya seni yang unik dan mencolok.

Kontes modifikasi mobil tidak hanya tentang meningkatkan performa kendaraan, tetapi juga tentang mengubah penampilan eksterior dan interior mobil agar menjadi sesuatu yang unik dan mencerminkan kepribadian pemiliknya. Beberapa modifikasi umum meliputi perubahan bodi mobil, penambahan spoiler, penggantian velg, pemasangan lampu neon, pengubahan warna cat, dan peningkatan sistem audio.

Acara kontes modifikasi mobil pun sering kali diadakan di tempat-tempat seperti pusat perbelanjaan, pusat hiburan, atau ajang pameran otomotif. Para peserta membawa mobil mereka yang sudah dimodifikasi dan menghadapkan mereka pada para juri dan penonton yang antusias. Para juri biasanya terdiri dari profesional dan ahli di bidang modifikasi mobil, yang menilai setiap kendaraan berdasarkan kriteria tertentu, termasuk inovasi, kualitas pekerjaan, kesesuaian tema, dan estetika.

Selain kompetisi modifikasi mobil secara keseluruhan, biasanya ada juga kategori-kategori khusus yang menghargai aspek-aspek tertentu dari modifikasi, seperti kategori mobil vintage, kategori mobil sport, atau kategori mobil audio terbaik. Pemenang kontes modifikasi mobil sering kali mendapatkan hadiah berupa pengakuan, penghargaan, dan sponsor yang berhubungan dengan industri otomotif.

Baca juga: 10 Head Unit Android Terbaik 2023

Lalu kontes modifikasi apa saja yang paling terkenal? Simak daftarnya di bawah ini.

Jadwal kontes modifikasi mobil BlackAuto Battle 2023.

Jadwal BlackAuto Battle 2023. (Sumber: Blackexperience)

1.BlackAuto Battle

BlackAuto Battle adalah sebuah acara kontes modifikasi mobil yang populer di dunia pencinta otomotif, terutama di kalangan penggemar modifikator. Acara ini merupakan pertemuan dan kontes modifikasi mobil yang diadakan secara reguler dengan tema “Black” sebagai fokus utama.

BlackAuto Battle diadakan sebagai wadah bagi para penggemar mobil modifikasi untuk memamerkan karya-karya mereka yang telah dimodifikasi dengan kekreatifan dan keahlian. Acara ini biasanya melibatkan peserta dari berbagai kalangan, mulai dari modifikator amatir hingga yang sudah berpengalaman, yang memiliki mobil dengan berbagai gaya dan kategori.

Tahun lalu, acara kontes modifikasi terbaik di Indonesia ini kembali digelar setelah vakum karena pandemi Covid-19, yang tentunya come back dengan berbagai inovasi dan karya yang lebih keren.

Black Auto Battle, yang merupakan acara khas dari Djarum, pada periode tahun lalu terbagi menjadi tiga wilayah. Central Region diadakan di Kota Solo, kemudian East Region diselenggarakan di Pantai Pandawa Bali, dan acara tersebut ditutup di QBig, BSD City sebagai lokasi terakhir pelaksanaan West Region, yang juga menjadi tuan rumah pelaksanaan Final Battle pada tanggal 3 hingga 4 Desember 2022.

Lalu bagaimana dengan tahun ini? BlackAuto Battle akan kembali digelar pada 10 Juni 2023 di Tangerang Selatan, tepatnya di Summarecon Mall Serpong. Kemudian, berlanjut di Surabaya pada bulan Juli, dan terakhir pada bulan Oktober sebagai Final BlackAuto Battle 2023 akan diselenggarakan di Yogyakarta.

BlackAuto Battle 2023 akan hadir dengan tiga kategori penilaian yang berbeda, yaitu Black Outloud, BlackAuto Modify, dan BlackAuto DynoTest.

Selain itu, ada juga keseruan lain seperti Live DJ & Black Shot Challenge!

Jadi tunggu apa lagi? Siapkan mobil kesayangan Anda untuk ikut serta dan jangan lupa ajak teman-teman Anda untuk merasakan keseruan BlackAuto Battle 2023!

Baca juga: Tips Modifikasi Mobil Pemula

kontes modifikasi mobil SEMA Show.

SEMA Show. (Sumber: The Hog Ring)

2.SEMA Show

Sebagai bagian tak terpisahkan dari budaya otomotif, produk dan ide modifikasi inti juga termasuk dalam “peralatan khusus”. Oleh karena itu, acara yang didirikan pada tahun 1963 ini telah menjadi pameran modifikasi mobil paling terkenal di dunia.

Di SEMA Show, selain forum industri dan seminar, yang paling populer adalah “kompetisi” puluhan ribu mobil modifikasi. Pada saat yang sama, penjualan produk modifikasi juga menciptakan rantai industri yang besar setiap tahun. Suku cadang perawatan mobil, suku cadang restorasi mobil klasik, elektronik mobil, dan suku cadang tuning kinerja tinggi menjadi inti dari acara ini.

Di SEMA Show, Anda juga dapat melihat pameran mobil keluarga, SUV, truk pikap hingga kendaraan off-road, RV, motorhome, dan kendaraan serbaguna.

Amerika Serikat adalah salah satu negara yang paling berkembang dalam hal budaya otomotif, dan daya tarik SEMA Show tidak dapat disangkal. Ketika acara mendekati, penggemar, pemilik mobil, dan dealer berkumpul dari seluruh Amerika Serikat ke “Vegas” untuk memamerkan karya mereka dan mengetahui tren modifikasi terbaru yang juga sangat dinantikan.

Essen Motor Show.

Essen Motor Show. (Sumber: BRM Chronographes)

3.Essen Motor Show

Essen Motor Show lahir berdasarkan pasar mobil Eropa. Acara ini juga menganut semangat Eropa dalam hal detail dan kualitas kendaraan. Meskipun Essen Motor Show juga diikuti oleh hampir seribu produsen setiap tahunnya, “populeritas” tampaknya tidak sebanding dengan SEMA Show. Alasannya adalah selain orang Eropa cenderung lebih rendah hati dan bersahaja, format pameran unik Essen Motor Show juga menjadi alasan penting.

Di Essen Motor Show, kepadatan lalu lintasnya rendah, dan “model mobil” terkenal merupakan spesies langka. Tata letak setiap stan sederhana dan elegan, hanya untuk memperlihatkan fitur dan keunggulan teknis produk sebanyak mungkin. Banyak merek mobil modifikasi terbaik di dunia berkantor pusat di Eropa. Jadi setiap tahunnya di Essen show, para raksasa ini akan membawa produk dan teknologi terbaru mereka. Keunggulan “lokasi” juga membuat profesionalisme Essen Motor Show selalu berada di tingkat teratas di industri ini.

Selain pameran itu sendiri, daya tarik terbesar Essen Motor Show terletak pada area dan “bazar” yang lebih besar. Produk modifikasi baru yang baru dirilis di pagi hari dapat ditemukan di pameran keesokan harinya.

Penggemar modifikasi dapat menikmati manfaat membeli langsung modifikasi favorit mereka. Pilihan produk yang beragam, jaminan kualitas yang terjamin, dan penawaran khusus selama pameran, faktor-faktor ini membuat Essen menjadi “ziarah” bagi penggemar tuning dari seluruh Eropa setiap tahunnya.

Selain itu, Essen Motor Show bukan hanya pameran mobil modifikasi tetapi juga pertunjukan olahraga mobil modifikasi. Di pameran ini, melalui demonstrasi mengemudi secara langsung, pesona unik modifikasi ditampilkan di sebuah arena olahraga motor independen yang besar.

Tokyo Auto Salon.

Tokyo Auto Salon. (Sumber: Carlist.my)

4.Tokyo Auto Salon

Tokyo Auto Salon adalah satu-satunya pameran mobil internasional yang tidak memiliki kata “Pameran” dalam namanya. Sebenarnya, “Salon” dalam namanya dapat lebih mencerminkan pesona unik dari pameran ini.

Sebagai catatan, Tokyo Auto Salon lebih mirip dengan pameran kolektif dunia seni Jepang setiap tahunnya. Hanya saja kendaraannya menjadi mobil.

Tokyo Auto Salon memiliki sejarah yang sama panjangnya, telah diselenggarakan selama lebih dari 40 tahun. Saat ini, pameran ini adalah acara modifikasi mobil terbesar dan paling profesional di Asia. Tokyo Auto Salon secara bertahap membentuk dua fitur utama, yaitu modifikasi mobil profesional dan karya seni mobil yang penuh imajinasi.

Sebagai pusat timur di bidang otomotif dunia, Jepang telah menjadi surga bagi para penggemar modifikasi dari seluruh dunia sejak bertahun-tahun yang lalu. Sejak tahun 1990-an, produk mobil jalanan Jepang telah terkenal di seluruh dunia, dan beberapa produsen modifikasi yang luar biasa juga telah lahir.

Saat ini, setiap kali model Jepang yang berpengaruh diluncurkan, produsen Jepang utama akan berebut untuk meluncurkan suku cadang modifikasi yang sesuai, dan bersaing dalam pameran otomotif modifikasi tahunan. Selain menguji performa di lintasan, “kompetisi penampilan” selama pameran ini juga tak kalah seru.

Baca juga: Gaya Modifikasi Mobil, Dari yang Unik Sampai Nyentrik

 

Sumber: Blackxperience.com & Berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Berita Otomotif

Inilah detail spesifikasi, fitur, dan harga Peugeot 2008 tahun 2024. Autos.id – Peugeot 2008 hadir dengan desain yang menarik dan fitur-fitur canggih yang diharapkan...

Berita Otomotif

Di Indonesia, tersedia 3 jenis konekto pengisian daya untuk mobil listrik, antara lain CCS2, CHAdeMO dan GB/T. Autos.id – CHAdeMo merupakan sistem pengisian yang...

Berita Otomotif

Siap dipasarkan di Indonesia, spesifikasi Nissan Sakura EV sangat menarik dan jadi pesaing berat Wuling Air EV. Autos.id – Nissan Sakura telah resmi diluncurkan...

Daftar Harga Mobil

Ada banyak merek mobil China yang dipasarkan di Indonesia, termasuk jenis SUV.  Autos.id – Harga mobil bekas merek China, seperti Wuling dan DFSK, relatif...

error: Content is protected !!