Connect with us

Hi, what are you looking for?

Mobil

BMW Akan Menghentikan Produksi Seri 8 Coupe dan Cabrio, Ini Alasannya!

BMW Akan Menghentikan Produksi Seri 8 Coupe dan Cabrio, Ini Alasannya!

Kabarnya BMW seri 8 akan digantikan oleh BMW i8 yang menggunakan powertrain listrik dengan bentuk Gran Coupe.

Autos.id – BMW seri genap bisa dikatakan adalah mobil yang menyasar penggemar otomotif garis keras daripada untuk pengguna harian. Salah satunya adalah BMW Seri 8 yang hadir dengan bentuk bentuk Coupe dan Convertible atau Cabriolet. Baru-baru ini, BMW berencana akan menghentikan produksi Seri 8 dalam beberapa tahun kedepan.

Karena nantinya BMW akan menghadirkan mobil Cabrio dan Convertible kelas tertinggi dengan menggunakan teknologi listrik atau EV.

BMW Akan Menghentikan Produksi Seri 8 Coupe dan Cabrio, Ini Alasannya!

Gran Coupe Berteknologi Listrik

Dilansir dari BMWBlog, BMW Seri 8 dalam beberapa tahun kedepan akan berubah menjadi mobil listrik sepenuhnya. Bahkan, BMW seri 8 elektrik ini dikabarkan masih belum ditentukan namanya dan hanya akan hadir dalam versi Gran Coupe atau yang lazim disebut sebagai Coupe 4 pintu.

Dikabarkan juga, Gran Coupe listrik dari BMW ini akan menggunakan kode body G77 dan diperkirakan akan mulai diproduksi di tahun 2026 mendatang. Nantinya Gran Coupe listrik terbaru yang memiliki kelas yang sama dengan Seri 8 saat ini, akan berada di di platform yang sama dengan  BMW Seri 7 dan i7, yaitu platfom CLAR.

Platform CLAR ini dirumorkan akan menggantikan platform BMW Neue Klasse yang akan dihentikan penggunaannya di tahun 2025 mendatang. Dalam laporan dari BMWBlog juga menyebutkan bahwa platform BMW CLAR diklaim punya fleksibilitas yang lebih baik untuk powertrain serta bisa digunakan lebih fleksibel di hampir semua model BMW, khususnya mobil listrik.

BMW Akan Menghentikan Produksi Seri 8 Coupe dan Cabrio, Ini Alasannya!

Selain itu, BMWBlog menyebutkan bahwa penerus seri 8 dengan powertrain listrik ini bisa memberi keuntungan yang lebih besar dibandingkan Seri 8 saat ini. Diketahui, BMW Seri 8 yang saat ini beredar punya biaya produksi yang lebih besar. Dengan teknologi listrik ini, biaya produksi BMW Seri 8 bisa ditekan lebih rendah.

Di Indonesia sendiri, BMW Seri 8 masih dijual oleh BMW Group Indonesia. Ada 2 tipe yang dihadirkan pada BMW Seri 8 di Indonesia yaitu Coupe dan Grand Coupe. Kedua tipe ini hadir dengan mesin 3.000 cc, 6 silinder segaris dengan Twin Turbo yang dapat menyemburkan tenaga 335 Hp dan torsi 500 Nm. Mesin ini menyalurkan tenaganya ke roda belakang melalui transmisi otomatis 8 percepatan dari ZF.

Untuk varian BMW Seri 8 Coupe sendiri dijual dengan harga Rp 2,8 Miliyar Off The Road atau nyaris Rp 3 Miliyar untuk kondisi On The Road. Sedangkan untuk varian Gran Coupe dengan model 4 pintu dijual dengan harga yang hampir sama, yaitu Rp 2,86 Miliyar Off The Road. Baik varian Coupe dan Gran Coupe sama-sama hadir dengan model M Sport Pro.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Mobil

BMW rencananya akan menggabungkan Seri 4 dan juga Seri 8 menjadi Seri 6 Baru pada tahun 2026. Autos.id – Saat sedan BMW Seri 6 besar terbukti...

Berita Otomotif

BMW Seri i8 akan mendapat keluarga baru dengan hadirnya model i8 Coupe dan Roadster yang memperkuat model mewah Seri 8. Keduanya akan mendapatkan fitur...

Berita Otomotif

Akan ada lima mobil baru BMW dan MINI yang bakal diperkenalkan di GIIAS 2017. Kemungkinannya adalah i3, i8 Roadster, Seri 8 Coupe, dan Seri...

Video

BMW 8 Series Coupe Concept ditawarkan dalam tiga pilihan yakni mesin enam silinder 3.0 liter turbocharged, mesin turbocharged 4.4 liter V8, dan V12 turbocharged...