Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita Otomotif

Berpotensi Mudah Terbakar, BMW i4 dan iX Terkena Recall Di Amerika Serikat

Berpotensi Mudah Terbakar BMW i4 dan iX Terkena Recall Di Amerika Serikat
BMW i4

Kurang lebih ada sekitar 83 unit BMW i4 dan iX yang terkena recall karena masalah voltase baterai yang tinggi serta berpotensi menyebabkan mobil terbakar tersebut.

Autos.id – Sebuah kabar kurang menyenangkan datang dari pabrikan mobil premium asal Jerman, BMW. Dua produk mobil listriknya BMW i4s dan iXs terkena recall atau penarik unit kembali. Diduga recall ini terjadi karena voltase baterai mobil ini yang melebihi batas standar yang berpotensi akan membuat mobil mudah terbakar.

Penarikan unit kembali atau recall ini juga sudah sesuai dengan rekomendasi dari Badan Keselamatan Jalan Raya Nasional Amerika Serikat atau NHTSA.

Berpotensi Mudah Terbakar BMW i4 dan iX Terkena Recall Di Amerika Serikat

BMW iX

Unit Yang Terdampak Recall

Seperti yang dilansir oleh Carscoops pada Jumat (29/7/2022), jumlah unit yang terdampak recall ini ada sekitar 83 unit. Rinciannya adalah 56 unit BMW iX dengan 2 tipe yaitu iX xDrive50 dan iX M60 Crossover. Lalu untuk BMW i4 yang terkena recall ada 27 unit yang juga terdiri dari 2 tipe yaitu i4 eDrive40 dan i4 M50 Hatchback.

Badan Keselamatan Jalan Raya Nasional atau NHTSA menyebutkan sel baterai yang ada pada mobil-mobil ini memiliki voltase yang melebihi standar ketentuan. Hal tersebut berakibat pada baterai mobil yang mudah rusak dan terbakar yang disebabkan oleh hubungan pendek arus listrik yang sangat membahayakan tersebut.

Baterai listrik yang digunakan oleh BMW i4 dan iX sendiri menggunakan baterai yang disuplai oleh Samsung. BMW sendiri sudah menyadari masalah ini sejak bulan April silam. Terlebih adanya beberapa laporan insiden yang melibatkan beberapa BMW iX yang mengalami masalah baterai yang bermasalah tersebut.

Berpotensi Mudah Terbakar BMW i4 dan iX Terkena Recall Di Amerika Serikat

BMW i4 dan iX

Meskipun begitu dari beberapa laporan yang masuk, BMW menyebut belum ada laporan jatuhnya kobran cidera hingga korban jiwa karean permasalahan ini. Menyadari hal tersebut membuat piohak BMW segara melalukan recall pada iX dan i4 yang ada di Amerika Serikat tersebut. Nantinya para konsumen yang mobil termasuk daftar recall, baterai pada mobil mereka akan diganti dengan baterai spesifikasi baru yang sudah jauh lebih aman.

Tetapi apabila belum melakukan recall ini, pihak BMW menyarakan agar pemiliki mobil untuk sementara tidak memarkirkan mobil mereka di area dalam ruangan. Selain itu untuk sebisa mungkin agar mobil tidak dijalankan terlebih dahulu sebelum melalui proses recall. BMW sendiri akan mengirimkan surat pemberitahuan recall tersebut pada 19 September mendatang dan konsumen tidak dibebankan biaya dalam proses recall tersebut.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Berita Otomotif

Baterai yang akan terpasang di BMW iX ini diklaim bisa berjalan hingga 938 km ini dengan penggunaan komponen dan bahan yang lebih canggih. Autos.id...

Berita Otomotif

Recall dari tiga  brand mewah yaitu Mercedes-Benz, BMW, dan Maserati ini merupakan langkah pencegahan yang dilakukan badan regulasi pasar Tiongkok atau SAMR. Autos.id –...

Berita Otomotif

Tercatat ada 4 model dari BMW yang terdampak recall dari BMW soal masalah transmisi tersebut. Keeempat model BMW tersebut menggunakan transmisi buatan dari ZF....

Mobil

Minggu ini di konferensi teknologi 2022, BMW menunjukkan konsep BMW iX Flow yang berkolaborasi dengan E Ink. Autos.id  –  Fitur dari E-ink ini dapat...