Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita Otomotif

Beresiko Terbakar, BMW Recall Sekitar 1 Juta Unit Mobil

Karena Beresiko Terbakar, BMW Recall Sekitar 1 Juta Unit Mobil Diseluruh Dunia

Recall ini adalah yang ketiga dilakukan oleh BMW setelah tahun 2017 dan 2019 karena masalah mobil yang rentan korsleting dan terbakar.

Autos.id – Perusahaan otomotif Jerman, BMW baru-baru ini mengumumkan akan melakukan recall terhadap beberapa unit mobilnya di seluruh dunia. Tidak tanggung-tanggung ada sekitar 1,03 jutaan unit mobil BMW diseluruh dunia yang akan dilakukan recall karena beresiko terjadi kebaranan. Recall karena masalah mobil yang terbakar ini dilakukan untuk ketiga kalinya sejak tahun 2017 dan 2019.

Kurang lebih ada sekitar 917.106 unit di Amerika Serikat, 98.000 unit di Kanada, serta 18.000 unit BMW yang terdampak recall oleh BMW kali ini.

Karena Beresiko Terbakar, BMW Recall Sekitar 1 Juta Unit Mobil Diseluruh Dunia

BMW X3

Mobil Yang Terdampak Recall

Seperti yang diberitakan Reuters pada 10 Maret 2022, beberapa model BMW yang terdampak recall karena mobil yang berpotensi terbakar ini diantaranya Seri 1, Seri 3, Seri 5, X3, X5, serta Z4 produksi tahun 2006 hingga 2013. Diduga masalah mobil yang mudah terbakar itu terjadi karena pemanas untuk katup ventilasi bak mesin positif atau PCV yang berpotensi korsleting.

Adanya permasalahan pada bagian PCV ini selain berpotensi mudah terbakar karena adanya korsleting, juga akan mempengaruhi keselamatan berkendara. Recall yang dilakukan BMW kali ini berkaitan dengan mobil yang mudah terbakar ini adalah yang ketiga. Sebelumnya BMW pernah melakukan Recall pada tahun 2017 dan 2019 karena masalah seupa.

Ditahun 2017, BMW sempat melakukan recall pada sekitar 740 ribuan unit dan ditahun 2019 ada sekiat 184 ribuan unit yang terkena recall di Amerika Serikat. BMW sendiri menyebutkan bahwa banyaknya kendaraan yang terdampak recall sebelumnya akan membutuhkan perbaikan baru yang saat ini sedang dikembangkan. BMW berharap agar recall ini bisa segera dilakukan paling cepat pada pertengahan tahun ini.

Karena Beresiko Terbakar, BMW Recall Sekitar 1 Juta Unit Mobil Diseluruh Dunia

BMW Z4

BMW juga menyebutkan bahwa recall kali ini tidak melibatkan mobil-mobil yang sebelumnya mendapat recall yang serupa. Hal ini terjadi karena produksi dengan desain pemanas katup PCV yang sudah lebih ditingkatkan sehingga pemilik yang sebelumnya terdampak recall tidak perlu khawatir harus melakukan pergantian unit lagi.

Penarikan unit kembali atau recall yang dilakukan BMW ini dipicu karena serangkaian laporan kebakaran pada beberapa unit mobil. BMW menyebut bahwa penyelidikan menunjukan adanya masalah pemasok yang menyebbkan kerusakan pemanatas katup PCV dan berpotensi terjadi korsleting dan kebakaran.

Hingga saat ini, BMW belum menyebutkan tentang adanya korban jiwa maupun luka-luka karena sistem PCV yang rentan terbakar tersebut. BMW sendiri sebenarnya sudah menyampaikan agar pemilik mobil tidak perlu berhenti mengemudi menunggu perbaikan. Pengemudi baru diminta berhenti mengemudi apabula mencium bau asap dari area dekat kompartemen mesin atau dari bau plastik terbakar.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Mobil

Last updated on 19 Maret, 2024 Autos.id – Belum lama ini, Presiden Joko Widodo tengah menghadiri perhelatan acara KTT ASEAN – Australia yang diselenggarakan...

Mobil

Autos.id – Menghadirkan kualitas mobil yang nyaman, memiliki spek tinggi, dan juga kenyamanan yang tinggi, pabrikan BMW memang selalu memberikan pilihan mobil yang menarik...

BMW

BMW X1 dipasarkan di Indonesia dan memiliki berbagai kelebihan dan kekurangannya untuk segmen SUV. Autos.id – BMW X1 terbaru adalah SUV subkompak dan mewah...

Mobil

Autos.id – Bagi para pecinta otomotifnya, mobil pabrikan asal negeri Jerman yaitu BMW merupakan salah satu kendaraan yang cukup menarik untuk diketahui. Memiliki spesifikasi...

error: Content is protected !!