Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita Otomotif

Belum Rilis, Lamborghini Urus Baru Sudah Cetak Rekor Baru

Lamborghini akan meluncurkan versi terbaru dari Urus akhir bulan ini, yaitu pada 19 Agustus. Namun, sebelum rilis, mobil tersebut sudah mencetak sebuah rekor baru.

Autos.id  –  Dikendarai oleh Simone Faggioli, pengemudi tes dari Pirelli dan juara hillclimb, Urus mencetak rekor baru saat mendaki area Pikes Peak, titik tertinggi di Colorado, Amerika Serikat dengan mencatat waktu 10:32,064. Angka tadi mengalahkan rekor SUV sebelumnya yang dibuat oleh Bentley Bentayga pada 2018 dengan selisih waktu lebih dari 17 detik. Rouven Mohr, chief technical officer dari Lamborghini adalah salah satu yang mengusulkan upaya pendakian Pikes Peak.  Ia juga seseorang yang telah menjadi penggemar berat hillclimb sejak dia masih muda.

“Bagi saya, Pikes Peak adalah keajaiban,” kata Mohr. “Hanya ada beberapa tempat [di seluruh] dunia yang memberikan begitu banyak pengalaman, dari sudut pandang saya, tentang budaya mobil. Yang pasti Nürburgring adalah satu dan Pikes Peak adalah yang kedua.”

Urus Baru dengan Mesin V8

Seperti yang terlihat di foto, Urus yang memecahkan rekor tersebut dibungkus dengan kamuflase oranye dengan kalimat “Keep Raising the Bar” di sisi-sisinya. Ini adalah upaya terselubung Lamborghini untuk menutup fakta bahwa Urus barulah yang memecahkan rekor. Meskipun detail utama tentang Urus yang akan datang tetap dirahasiakan sampai saat itu, Lamborghini mengungkapkan beberapa hal tentang mobil yang baru saja menaklukkan salah satu jalur pendakian bukit paling terkenal sedunia ini.

Selain fitur keselamatan yang disesuaikan untuk pendakian, seperti pemadam api, roll cage dan kursi balap dengan enam titik harness, Urus versi baru ini benar-benar siap untuk perjalanan apapun denganmesin standard twin-turbo 4.0-liter V-8.

Meski belum dijelaskan perubahan lain pada model Urus baru ini  dengan SUV yang telah ada, tetapi pastinya mobil ini memiliki tenaga yang lebih besar, teknologi sasis yang ditingkatkan, dan aerodinamis yang lebih baik. Bumper depan memiliki saluran intake yang lebih besar, ada ventilasi baru di kap mesin, spoiler belakang lebih besar dan bumper belakang telah dimodifikasi. Lamborghini juga mengatakan Urus yang diperbarui memiliki versi baru dari ban Pirelli P Zero Trofeo R di mana pada Urus yang digunakan pada pendakian ini telah dilengkapi dengan roda 22 inci.

Pendakian dilakukan tepat setelah perhelatan Pikes Peak International Hill Climb, ajang pendakian bukit khusus otomotif, pada awal Agustus ini. Bahkan, rekor tersebut juga dicatat oleh pencatat waktu resmi balapan hill climp. Sekadar informasi Jalur Pikes Peak mencakup 12,42 mil dan terdiri dari 156 belokan di mana pengemudi harus naik 1.439 meter untuk pergi ke puncak. Meski lebih cepat dari Bentley Bentayga, sebenarnya rekor untuk mobil produksi yang mendaki Pikes Peak masih dipegang oleh Bentley Continental GT 2019 yang berlari mendaki gunung sekitar 14 detik lebih cepat.

 

 

Urus baru facelift tersebut kemungkinan akan membawa nama baru seperti Urus Evo atau Urus Performante. Lalu, juga akan diikuti oleh versi hybrid plug-in yang akan dirilis untuk seri selenjutnya. Di lain sisi, sepertinya Urus ST-X  one make race series yang direncanakan tidak akan muncul ke pasaran konvensional.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Mobil

Last updated on 29 Agustus, 2022 Modifikasi Lamborghini Urus dari G-Power selain memberikan upgrade tenaga hingga 780 Hp, juga memberikan part aksesoris modifikasi yang...

Berita Otomotif

Dengan menyentuh angka produksi 20.000 unit membuat Urus menjadi produk mobil Lamborghini terlaris sepanjang masa yang pernah didapatkan pabrika asal Italia tersebut. Autos.id –...

Mobil

Tersirat dalam siaran pers bahwasanya periode 2021 adalah tahun terbaik Lamborghini dalam hal penjualan dan profitabilitas. Mengikuti hal tersebut, Lamborghini siap mengeluarkan produk segar...

Mobil

Lamborghini Urus Evo yang diperbarui akan segera di tutup tahun ini dengan menghadirkan penyegaran siklus crossover, tetapi juga menerima faisa depan dan belakang yang...