Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita Otomotif

APAR Mobil Jenis, Pemasangan dan Kegunaan

APAR mobil.
APAR mobil. (Sumber: challengertalk.com)

APAR merupakan salah satu benda yang kini wajib ada di setiap unit mobil setelah adanya aturan tetap.

Autos.id – Pemerintah Indonesia telah menerapkan aturan bagi pemilik mobil pribadi. Dalam aturan itu, setiap pemilik mobil pribadi wajib memasang APAR (Alat Pemadam Api Ringan) di dalam mobil. Sementara tujuan dari pemasangan APAR untuk mobil adalah supaya pengendara dapat mengantisipasi terjadinya kebakaran di mobil.

Dalam artikel ini, ada berbagai informasi terkait APAR mobil seperti jenis, aturan pemasangan dan juga rekomendasi APAR mobil terbaik. Jadi, jangan terlewat untuk mendapatkan detailnya di bawah ini.

Letak menyimpan APAR mobil.

Letak menyimpan APAR mobil. (Sumber: Carmudi)

Aturan APAR untuk Mobil

Seperti yang disebutkan sebelumnya, Alat pemadam yang dipasang di mobil sudah diatur pemerintah melalui Kementerian Perhubungan, yaitu: Peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Darat Nomor: KP 972/AJ 502/DRJD/2020 Tentang Fasilitas Tanggap Darurat Kendaraan Bermotor.

Aturan tersebut disebut dapat meminimalisir kemungkinan terjadinya kebakaraan bermotor, termasuk pada mobil pribadi. Bahkan aturannya juga berlaku pada mobil penumpang dan mobil barang sesuai isi Pasal 2 ayat 2, 3, dan 4.

Pada Pasal 2 ayat 2, berbunyi: “kendaraan bermotor untuk mobil penumpang, mobil barang landasan mobil penumpang, dan landasan mobil wajib dilengkapi fasilitas tanggap darurat berupa alat pemadam api ringan.”

Selain itu, wajib ada stiker khusus yang berbentuk segitiga terbalik yang terdapat tulisan “Alat Pemadam Api” pada Alat Pemadam Mobil. Kemudian juga harus ada simbol Alat Pemadam dan tanda panah bawah.

Sementara bagi yang tidak mengikuti aturan ini, maka sanksinya adalah hukuman penjara satu bulan dan/atau denda Rp 250 ribu (sesuai Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 Pasal 278).

Jenis APAR untuk Mobil

APAR memiliki banyak jenis. Namun, untuk digunakan di mobil, ada satu jenis APAR yang sesuai yaitu APAR powder. APAR jenis itu dapat mengatasi kebakaran di mobil yang sering terjadi akibat arus listrik mobil. Hal ini dikarenakan bahan dry chemical powder yang bersifat isolator.

Dry chemical powder pada APAR powder bekerja dengan cara mengganggu reaksi kimia pada area yang terbakar. Selain itu, APAR powder dapat mencegah api agar tidak muncul lagi dengan mengeluarkan partikel kering pada area yang terbakar.

Ukuran APAR untuk Mobil

Ada sejumlah ukuran APAR mobil yang dianjurkan untuk pemakaian. Jika ingin yang ringan, Anda dapat menggunakan APAR mobil berukuran 1 kg. APAR dengan ukuran itu dapat dipasang di sejumlah tempat, salah satunya di bawah jok kemudi mobil.

Untuk memasangnya, Anda harus lebih dulu memasang bracket, kemudian pasang baut pada bracket agar tidak lepas. Selanjutnya, pasang kain untuk meminimalisir benturan pada APAR dan pasang APAR tersebut dengan posisi horizontal.

Sementara itu, Alat Pemadam dengan ukuran 3 kg juga dianjurkan. Seperti halnya APAR berukuran 1 kg, APAR 3 kg dapat dipasang di bawah jok kemudi atau di tempat lain. Namun jika ingin menggunakan ukuran ini, pastikan untuk memasangnya di atas bracket yang kuat dan mudah dibuka agar lebih mudah melepaskannya dari bracket.

Selain itu, perlu ingatjuga bahwa alat pemadam 3 kg tidak hanya cocok untuk mobil pribadi, tapi juga untuk mobil balap yang biasanya disimpan di batang rollbar agar dapat dijangkau dengan mudah oleh pebalap atau navigator.

Perawatan Alat Pemadam untuk Mobil

Untuk memastikan Pemadam mobil dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama, Anda harus menjaga perawatannya. Merawat Alat Pemadam tidak sulit karena hanya perlu memutar Alat pemadam dari atas ke bawah secara rutin minimal dua minggu sekali.

Saat memutar Pemadam, perhatikan suara serbuk di dalam tabung pemadam apakah masih terdengar naik turun atau tidak. Jika ya, maka Alat Pemadam masih dalam kondisi layak pakai. Cara ini pun dapat membuat serbuk di dalam Alat Pemadam tetap terpakai dan tidak menjadi kristal, sehingga Alat ini dapat di gunakan hingga 5 tahun.

Selain itu, merawat Alat Pemadam bisa dengan melakukan pergantian atau pengisian ulang setiap 3 atau 5 tahun, atau sampai Alat Pemadam habis kadaluarsa. Sedangkan untuk pengisian ulang, Anda dapat melakukannya setahun sekali atau hingga isi APAR benar-benar habis.

Ilustrasi memadamkan api dengan APAR mobil.

Ilustrasi memadamkan api dengan APAR mobil. (Sumber: procarreviews.com)

Rekomendasi Alat Pemadam untuk Mobil

Setelah membahas terkait aturan Pemadam untuk mobil hingga cara merawatnya, berikut adalah rekomendasi terbaik Alat Pemadam untuk mobil:

1.Firefix: Pemadam Kebakaran untuk mobil ini sudah tersertifikasi oleh pihak Damkar Jakarta, bahkan dapat diakses lewat aplikasi Firecek. Alat Pemadam untuk mobil ini tersedia dengan ukuran 1 kg dan harganya terjangkau, dimana satu set-nya dibanderol Rp180.000 dengan garansi selama 5 tahun.

2.Guard All: Pemadam Kebakaran untuk mobil yang satu ini pun sudah tersertifikasi oleh pihak Damkar Jakarta dan juga terhubung lewat aplikasi Firecek. Untuk ukurannya, Guard All juga memiliki yang 1 kg dengan harga Rp140.000

 

Sumber: Daihatsu.co.id

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Daftar Harga Mobil

MINI merupakan merek otomotif asal Inggris yang dimiliki oleh BMW dan menargetkan pasar mobil kecil. Autos.id – MINI adalah merek mobil yang terkenal dan...

Daftar Harga Mobil

Tahun 2023 sudah memasuki bulan ke-2 alias Februari, lalu ada perubahan harga model apa saja dari merek Mercedes Benz? Autos.id – Mercedes Benz adalah...

Berita Otomotif

Honda menerapkan penggunakaan teknologi Virtual Reality (VR) untuk mengembangkan setiap mobil di pasar AS. Autos.id – Honda memanfaatkan teknologi Virtual Reality (VR) canggih dalam...

Tips

Setir mobil terasa berat tentu membuat tidak nyaman, dan ada tips untuk mengatasinya. Autos.id – Setir mobil atau yang sering disebut sebagai kemudi, adalah...