Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita Otomotif

Apa Itu Toyota Safety Sense? Ini Penjelasannya

Fitur Toyota Safety Sense.
Fitur Toyota Safety Sense. (Sumber: Toyota Astra Indonesia)

Toyota memiliki fitur Safety Sense yang mungkin jarang dipahami, dan artikel ini membahasnya.

Autos.id – Karena perkembangan teknologi yang terus berkembang, Toyota terus berinovasi dengan menambah fitur canggih pada kendaraannya. Nah, salah satu fitur canggih yang belakangan ini makin banyak digunakan pada kendaraan Toyota adalah Toyota Safety Sense (TSS).

Keselamatan mobil penting sekali bagi sebagian besar pembeli ketika memilih mobil. Melalui Toyota Safety Sense, Toyota berusaha untuk mengurangi bahaya yang mungkin dihadapi pengemudi dan penumpang saat berkendara.

Ini adalah fitur yang dilengkapi dengan teknologi kamera dan sensor laser yang bekerja melalui empat sistem: Pre-Collision System, Lane Departure Alert, Automatic High-beam, dan Road Sign Assist.

Berikut adalah penjelasan dari empat sistem fitur keselamatan Toyota Safety Sense, yang masing-masing memiliki setidaknya lima keunggulan.

Ilustrasi penggunaan Toyota Safety Sense.

Ilustrasi penggunaan Toyota Safety Sense. (Sumber: AutinetMagz)

Peringatan Dini Bagi Pengemudi

Pertama, sistem Toyota Safety Sense dapat memberikan peringatan dini kepada pengemudi. Peringatan ini dapat berupa bunyi atau petunjuk di panel instrumen. Tujuan dari peringatan ini adalah untuk membuat pengemudi sadar akan bahaya.

Kerennya, sistem peringatan ini tidak hanya berfungsi pada saat-saat berbahaya tertentu, tapi Toyota Safety Sense juga bisa mendeteksi berbagai situasi berbahaya, seperti mobil dari arah berlawanan atau pejalan kaki yang sedang menyeberang. Dengan demikian, pengemudi diharapkan lebih waspada dan mengurangi risiko kecelakaan akibat kelalaian.

 

Tetap di Jalurnya

Fitur lain Toyota Safety Sense adalah Lane Departure Alert, yang memindai garis marka jalan. Jika pengemudi secara tidak sengaja keluar dari jalurnya, peringatan akan dikirim melalui sensor laser.

Sensor ini membuat mobil tetap berada di jalur dan membantu pengemudi mengantuk (kalau mengantuk sebaiknya jangan berkendara, ya). Namun, pengemudi harus lebih dulu menggunakan lampu sein jika mereka ingin berpindah jalur.

Baca juga: Mengenal Cruise Control dan Manfaatnya

Aman saat Malam Hari

Mengendarai mobil di malam hari memiliki potensi bahaya yang lebih tinggi daripada di siang hari. Untuk mengantisipasi hal ini, Toyota menawarkan fitur Automatic High-beam pada Toyota Safety Sense.

Fitur ini bekerja pada malam hari ketika sensor laser mendeteksi kekurangan cahaya di depan. Sistem meningkatkan visibilitas pengemudi dan mengantisipasi keberadaan kendaraan dari arah berlawanan dengan mengubah pencahayaan dari lampu dekat ke lampu jauh.

Penjelasan fitur Toyota Safety Sense.

Penjelasan fitur Toyota Safety Sense. (Sumber: Cintamobil)

Aman Untuk Kendaraan dari Arah Berlawanan

Ini salah satu fitur yang sangat bagus. Selain membaca tingkat cahaya di depan, fitur High-beam Automatic juga memindai kendaraan yang datang dari arah berlawanan. Jika kendaraan lain menggunakan lampu jauh, fitur ini akan secara otomatis beralih ke lampu dekat. Tidak seperti kebanyakan pengemudi yang emosian, ketika tersorot lampu jauh dari arah berlawanan malah membalas memberi lampu dim.

Jadi, dengan menggunakan fitur Toyota Safety Sense, orang lain dapat berkendara dengan aman tanpa khawatir terkena silau dari lampu kendaraan lain.

Baca jugaMengenal Sistem Pengereman Otomotif: Keamanan yang Tak Boleh Disingkirkan

Patuh Pada Rambu Lalu Lintas

Sensor laser dalam Toyota Safety Sense berfungsi untuk membaca rambu lalu lintas. Dengan fitur Road Sign Assist, sensor laser akan menampilkan rambu lalu lintas tertentu pada layar MID di panel instrumen dashboard.

Fitur ini memberikan peringatan mengenai larangan atau batas kecepatan di jalan jika pengemudi tidak melihat rambu tersebut. Fitur ini akan membantu pengemudi lebih patuh terhadap rambu lalu lintas selama perjalanan.

 

Sumber: Toyota Astra Indonesia

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Mobil

Last updated on 27 Mei, 2024 Autos.id – Tidak hanya mobil bertenaga listrik, mobil bertenaga BBM pun masih terus menunjukkan eksistensinya. Berbagai merek terus...

Mobil

Last updated on 27 Maret, 2024 Autos.id – Perkembangan mobil ramah lingkungan tengah menjadi trend pada saat ini di pasaran otomotifnya. Dalam hal ini,...

Berita Otomotif

Toyota Transmover menjadi mobil yang ‘paling dekat’ dengan Toyota Avanza, dimana juga dipilih untuk jadi armada taksi. Autos.id – Toyota Transmover, pada dasarnya, merupakan...

Daftar Harga Mobil

Last updated on 24 Januari, 2024 Mobil SUV masih menjadi primadona untuk masyarakat Indonesia, entah mobil baru atau bekasnya. Autos.id – SUV adalah singkatan...

error: Content is protected !!