Connect with us

Hi, what are you looking for?

Balap

Van der Mark Gantikan Rossi di GP Aragon

Pembalap Yahama Valentino Rossi yang mengalami cedera, dipastikan absen pada GP Aragon dan digantikan oleh Michael van der Mark.

AS, autos.id  Yamaha telah mengumumkan bahwa pembalap World Superbike, Michael van der Mark, akan menggantikan posisi Valentino Rossi untuk putaran MotoGP berikutnya di Aragon.

Rossi mengalami patah kaki dalam sebuah latihan motorcross menjelang balapan Misano akhir pekan lalu, dan terpaksa melewatkan event di rumahnya sendiri.

Sementara waktu pemulihannya diperkirakan memakan waktu satu bulan atau lebih, pembalap asal Italia itu sebelumnya tidak mengesampingkan mencoba mengendarai motor di Aragon, di mana trek MotoGP akan dimulai hanya 22 hari setelah kecelakaan itu.

Namun, pimpinan tim Yamaha Lin Jarvis kini telah memastikan Rossi tidak akan cukup bugar tepat pada waktunya untuk putaran selanjutnya. Dan dengan Yamaha mewajibkan dua pembalap untuk pabrikan mereka tetap berkontribusi di Aragon, dimana pembalap asal Belanda berusia 24 tahun, van der Mark, akan diplot sebagai pengganti Rossi.

Van der Mark – Yamaha

“Jelas hampir tidak mungkin bagi Valentino untuk mempersiapkan balapan di Aragon, Yamaha memutuskan untuk mencari pengganti yang mampu melakukannya dari dalam stok pembalap yang memiliki kontrak dengan pabrikan,” kata Jarvis seperti dikutip Motorsport.com (14/9/2017).

“Kami memutuskan bahwa Michael van der Mark harus memiliki kesempatan kali ini.

“Tidak pernah mudah untuk masuk menggantikan pembalap lain dan bahkan lebih sulit untuk menggantikan Valentino Rossi, tapi kami percaya bahwa Michael memiliki semua kredensial dan pengalaman untuk melakukan pekerjaan dengan baik.

“Kami akan memberinya dukungan terbaik dan berharap setiap keberhasilan untuk kesempatan yang menarik ini.”

Van der Mark bergabung dengan tim Yamaha di World Superbike untuk tahun 2017, setelah sebelumnya berada di pabrikan Honda, dimana dia memenangkan gelar Supersport 2014 dan mencetak sembilan podium Superbike.

Dia saat ini duduk di posisi ketujuh klasemen WSBK, dua tempat di belakang rekan setimnya Alex Lowes yang menjadi pembalap MotoGP untuk menggantikan Bradley Smith di Yamaha Tech 3 tahun lalu.

Lowes dan van der Mark membantu Yamaha untuk menang di Suzuka 8 Hours tahun ini, sementara yang terakhir juga mencatat dua kemenangan dengan Honda pada tahun 2013 dan 2014.

“Saya belum pernah menunggangi motor MotoGP sebelumnya, jadi ini akan menjadi pengalaman baru bagi saya,” kata van der Mark.

“Saya sangat penasaran untuk melihat bagaimana rasanya mengendarai mesin semacam itu. Saya sadar tidak akan mudah menjalani sesi latihan resmi tanpa uji coba sebelumnya.

“Meski begitu, saya sangat berterima kasih kepada Yamaha atas kesempatan ini. Saya yakin ini akan menjadi pengalaman belajar yang hebat.”

Ketidakhadiran Rossi di Misano membuat dia terpaut 42 poin dari pimpinan klasemen Marc Marquez dan Andrea Dovizioso dengan lima balapan yang harus dilalui.

Dia juga kini berada terpaut 26 poin di belakang rekan setimnya Maverick Vinales, yang lolos ke pole position di Misano dan menyelesaikan balapan di posisi keempat.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Motor

Yamaha YZF500 yang dilelang ini merupakan motor yang pernah dipakai balap Kenny Roberts Jr balapan debut di kelas GP500 tahun 1996 silam. Autos.id –...

Motor

Tanpa adanya tim satelit membuat Yamaha hanya akan menurunkan 1 tim dengan 2 motor saja untuk MotoGP musim 2023 mendatang. Autos.id – Sejak keikutsertaan...

MV Agusta

Meskipun tertarik kembali ke ajang MotoGP, MV Agusta belum akan kembali ke ajang balap motor bergengsi ini setidaknya dalam beberapa tahun kedepan. Autos.id –...

Motor

Meskipun akan memudahkan pembalap dalam mengendalikan motornya, nyatanya perangkat Ride Height pada motor MotoGP modern justru mengurangi keterlibatan pembalap dalam melajukan motor yang dikendarainya...