Connect with us

Hi, what are you looking for?

Balap

Tampil Dominan, Max Verstappen Tampil Sebagai Pemenang F1 GP Belanda 2022

Tampil Dominan, Max Verstappen Tampil Sebagai Pemenang F1 GP Belanda 2022

Berkat kemenangan di GP Belanda ini, Max Verstappen kini unggul hingga 109 poin atas Charles Leclerc dan Sergio Perez yang ada diposisi 2 dan 3 klasmen sementara.

Autos.id – Pembalap tim Red Bull Racing sekaligus juara dunia bertahan, Max Verstappen kembali menunjukan penampilan apiknya. Pada gelaran F1 GP Belanda yang berlangsung di Sirkuit Zandvoort pada Minggu (4/9/2022) Max tampil dominan dan memenangkan balapan di kandangnya sendiri sekaligus meraih kemenangan ke 10-nya musim ini.

Melengkapi posisi podium ada George Russell (Mercedes) dan rivalnya, Charles Leclerc (Ferrari) yang masing-masing finish kedua dan ketiga.

Jalannya Balapan

Balapan F1 GP Belanda di Sirkuit Zandvoort ini berlangsung sepanjang 72 lap dibawah cuaca cerah dan lautan fans Oranye yang mendukung penuh jagoan tuan rumah Max Verstappen yang start dari pole position. Selepas start, Max berhasil mempertahankan posisinya dari 2 pembalap Charles Leclerc dan Carlos Sainz diurutan 2 dan 3.

Tampil Dominan, Max Verstappen Tampil Sebagai Pemenang F1 GP Belanda 2022

Leclerc yang berambisi ingin mencuri kemenangan dari Verstappen berusaha keras memperpendek jaraknya dengan pembalap tuan rumah tersebut. Namun selama 10 lap awal, jarak kedua pembalap ini selalu konsisten diangka 1,2 detik. Memasuki lap ke 15, beberapa pembalap mulai melakukan pit stop-nya. Dan di pit stop pertama, Carlos Sainz sempat mendapat masalah karena wheel gan yang akan memasang ban Sainz sempat ditabrak oleh pembalap Red Bull, Sergio Perez yang baru selesai pit stop.

Hal tersebut membuat Carlos Sainz sempat terjun bebas keurutann 11 setelah melalui waktu pit stop yang cukup lama yaitu 12,7 detik. 3 Lap berikutnya, giliran Charles Leclerc yang masuk pit stop dan sempat turun keposisi 4 dibawah Verstappen dan 2 pembalap Mercedes, Lewis Hamilton, dan George Russell. Dan di lap 19 giliran Verstappen yang masuk pit dan meskipun sempat turun keposisi 3 namun dalam hitungan 10 lap berhasil kembali memimpin balapan.

Di lap ke 30 dan 31, giliran 2 pembalap tim Mervcedes, Lewis Hamilton dan George Russell yang masuk ke pit stop untuk mengganti ban baru. Memasuki lap 36, Hamilton yang berada di posisi 4 berusaha menyalip Sergio Perez tetapi usahanya masih belum membuahkan hasil. Barulah 1 lap setelahnya, Hamilton berhasil menyalip Perez ditikungan pertama dan merebut posisi 3.

Pada lap ke 48, pembalap tim Alpha Tauri, Yuki Tsunoda mengelukan masalah pada mobilnya dan sempat berhentu dipinggir lintasan. Alhasil Virtual Safety Car sempat dikibarkan sebelum akhirnya Tsunoda bisa menjalankan kembali mobilnya. Diduga ban mobil yang terpasang di mobil Tsunoda tidak terpasang dengan sempurna saat pit stop.

Pada masa Virtual Safet Car ini, beberapa pembalap memanfatkan periode ini untuk pit stop termasuk Max Verstappen. Balapan kembali dilanjutkan pada lap ke 50 dengan Verstappen masih memimpin lomba disusul Hamilton, Russell, dan Leclerc yang turun keposisi 4 setelah pit stop di periode VSC ini.

Memasuki lap 55, Valterri Bottas mengalami masalah pada mobilnya dan membuat dirinya gagal melanjutkan balapan. Mobil pembalap tim Alfa Romeo ini berhenti di pinggir track sebelum tikungan pertama dan membuat Safety Car akhirnya masuk ke lintasan. Dan di periode ini dimanfaatkan sebgian besar pembalap untuk kembali Pit Stop.

Tampil Dominan, Max Verstappen Tampil Sebagai Pemenang F1 GP Belanda 2022

Lewis Hamilton memutuskan untuk tidak masuk pit stop pada periode Safety Car ini. Lalu ada sebuah insiden yang kembali dialami Carlos Sainz. Saat keluar dari pit stop. Ia hampir menabrak pembalap Alpine, Fernando Alonso sehingga dirinya diganjar hukuman penalti 5 detik di akhir lomba. Safety Car sendiri masuk ke di lap 60 dan balapan kembali dilanjutkan.

Max Verstappen yang menggunakan ban soft kondisi baru berhasil menyalip Lewis Hamilton yang tidak masuk pit stop ditikungan pertama. Dan beberapa lap setelahnya, Hamilton juga harus disalip oleh Russell dan Leclerc yang membuat juara dunia 7 kali ini turun ke posisi 4. Carlos Sainz yang terkena hukuman penalti 5 detik yang seharusnya finish kelima harus turun ke posisi 8.

Hingga akhir balapan, Max Verstappen tidak terkejar dan berhasil memenangkan balapan GP Belanda kali ini. George Russell berhasil finish diposisi kedua serta Charles Leclerc yang kembali naik podium dan finish diposisi ketiga didepan Lewis Hamilton. Buntut dari penalti Carlos Sainz yang turun ke posisi 8, Sergio Perez, Fernando Alonso, dan Lando Norris naik satu posisi di urutan 5,6, dan 7.

Berkat kemenangan ini, membuat Max Verstappen semakin mendekatkan dirinya dengan gelar juara dunia keduanya. Ia sudah mengumpulkan 310 poin atau unggul hingga 109 poin atas Charles Leclerc dan Sergio Perez yang sama-sama mengumpulkan 201 poin. Balapan selanjutnya akan berlangsung di Sirkuit Monza, Italia pada gelaran GP Italia yang akan berlangsung akhir pekan ini dari 9 hingga 11 September mendatang.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Balap

Kemenangan di GP Italia ini membuat di musim ini, Max Verstappen sudah meraih kemenangan ke 11-nya musim ini dan sedang memburu rekor jumlah kemengan...

Balap

Dengan kemenangan di GP Belgia ini membuat kini Max Verstappen unggul hingga 93 poin atas rekan setimnya di Red Bull, Sergio Perez yang mengambil...

Balap

Balapan GP Prancis di Sirkuit Paul Richard akhir pekan ini merupakan balapan kedua terakhir sebelum libur pertengahan musim selama kurang lebih sebulan. Autos.id –...

Balap

Ini merupakan kemenangan ketiga Charles Leclerc dimusim ini serta merupakan kemenangan pertama yang ia dapatkan bukan saat meraih Pole Position. Autos.id – Setelah lama...