Connect with us

Hi, what are you looking for?

Balap

George Rusell Raih Kemenangan Perdana Di Seri F1 GP Sao Paolo

George Rusell Raih Kemenangan Perdana Di Seri F1 GP Sao Paolo

Kemenangan Di GP Sao Paolo ini juga menghentikan catatan tanpa kemenangan yang sudah dialami tim Mercedes sejak akhir tahun 2021 silam.

Autos.id – Seri ke-21 dari 22 diajang balap jet darat bergengsi Formula 1 digelar di Autodoromo Jose Carlos Pace, Sao Paolo, Brazil. Pada seri yang diberi nama GP Sao Paolo ini, pebalap tim Mercedes, George Rusell berhasil merebut kemenangan perdananya di ajang balap F1 di musim pertamanya bersama tim Mercedes.

Raihan ini melengkapi kesempurnaan pembalap Inggris yang memenangi balapan Spint Race sehari sebelumnya.

George Rusell Raih Kemenangan Perdana Di Seri F1 GP Sao Paolo

Jalannya Balapan

GP Sao Paolo ini merupakan satu dari tiga balapan di musim ini yang menghadirkan balapan Sprint Race di hari Sabtu. Pada balapan singkat selama 30 menit tersebut, George Russell meraih kemenangan di balapan Sprint Race tersebut serta berhak posisi start terdepan pada balapan utama sehari setelahnya.

Keesokan harinya pada hari Minggu (13/11/2022), balapan utama GP Sao Paolo dilangsungkan. Balapan ini berlangsung selama 71 lap dalam kondisi cuaca yang sangat cerah. George Russell yang start terdepan berhasil mempertahankan posisinya selepas start dibelakang rekan setimnya di tim Mercedes, Lewis Hamilton.

Insiden sudah terjadi di awal lomba saat peraih pole position pada sesi kualifikasi hari Jumat, pebalap tim Haas, Kevin Magnussen, ditabrak oleh pembalap tim Mclaren, Daniel Ricciardo. Kedua pembalap ini lantas tidak bisa melanjutkan balapan karena kerusakan pada kedua mobil ini. Safery Car pun keluar lintasan dan bertahan hingga lap 7.

Saat restart, dua insiden berbeda dialami oleh pembalap yang berbeda. Max Verstappen yang sudah mengunci gelar juara dunia menyenggol rival utamanya musim lalu, Lewis Hamilton. Meskipun masih sama-sama melanjutkan balapan, kedua mobil pebalap ini mengalami kerusakan ringan. Atas insiden tersebut, Max Verstappen dihukum penalti waktu selama 5 detik.

George Rusell Raih Kemenangan Perdana Di Seri F1 GP Sao Paolo

Insiden kedua di lap yang sama dialami oleh pebalap McLaren, Lando Norris yang menyenggol pebalap Ferrari, Charles Leclerc hingga ke pembatas tembok. Beruntung bagi Leclerc, ia masih bisa melanjutkan balapan. Beberapa pebalap satu persatu mulai masuk ke pit stop setelah beberapa lap, termasuk Max Verstappen yang harus menjalani penalti 5 detik di pit stop akibat insiden dengan Hamilton.

Pada lap ke 30, mobil Landi Norris mengalami masalah sehingga harus menepi ke pinggir trek dan membuatnya gagal finish. Dengan begitu membuat McLaren harus pulang dengan tangan hampa di GP Sao Paolo ini. Safety Car pun kembali masuk ke lintasan dan di momen inilah, para pebalap memanfaatkan periode ini untuk kembali ke pit stop.

Setelah restart, Russell terus mempimpin di depan Hamilton yang menguntit dibelakangnya. Sergio Perez yang sedang berjuang memperebutkan posisi kedua klasemen gagal mempertahankan posisinya di nomor tiga. Pebalap asal Meksiko ini disalip oleh dua pembalap Ferrari, Carlos Sainz, dan Charles Leclerc yang bangkit naik ke posisi empat setelah insiden di awal lomba dengan Norris.

George Rusell Raih Kemenangan Perdana Di Seri F1 GP Sao Paolo

Bahkan, Perez harus turun hingga ke posisi 7 setelah disalip oleh Fernando Alonso dan rekan setimnya, Max Verstappen yang menolak tim order di penghujung lomba. Hingga akhir balapan, Russell finish pertama sekaligus mewujudkan mimpinya untuk bisa memenangi balapan F1 pertama sepanjang karirnya. Melengkapi posisi podium ada Lewis Hamilton dan Carlos yang masing-masing finish nomor 2 dan 3.

Dengan hasil ini membuat perolah poin antara Charles Leclerc dan Sergio Perez kini sama persis dengan 290 untuk memperebutkan posisi kedua. Selain itu, berkat kemenangan Russell dan finish 1-2 dibalapan kali ini, membuat tim Mercedes mulai menempel ketat Ferrari untuk memperebutkan klasemen 2 konstruktor. Satu balapan tersisa akan berlangsung di GP Abu Dhabi di Sirkuit Yas Marina pada 18 hingga 20 November mendatang.

Sumber Gambar: Motorsport.com

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Balap

Seri F1 GP Abu Dhabi ini menjadi penutup 22 lomba sepanjang musim 2022 yang termasuk kedalam salah satu musim terpanjang dalam sejarah F1. Autos.id...

Balap

Ini merupakan gelar juara dunia kedua Max Verstappen setelah gelar pertama yang ia raih di musim lalu dan kali ini diraihnya secara meyakinkan. Autos.id...

Balap

Ini merupakan kemenangan kedua Sergio Perez di musim 2022 ini setelah kemenangan pertamanya di GP Monako pada awal musim kemarin. Autos.id – F1 musim...

Balap

Kemenangan di GP Italia ini membuat di musim ini, Max Verstappen sudah meraih kemenangan ke 11-nya musim ini dan sedang memburu rekor jumlah kemengan...