Connect with us

Hi, what are you looking for?

Balap

Secara Dramatis, Lewis Hamilton Menangi Balapan GP Rusia Yang Penuh Drama

Secara Dramatis, Lewis Hamilton Menangi Balapan GP Rusia Yang Penuh Drama

Balapan yang penuh drama dimana hujan turun dilap-lap akhir akhirnya berhasil dimenangkan Lewis Hamilton sekaligus menjadi pembalap pertama yang berhasil memenangkan 100 balapan sepanjang karirnya.

Rusia, Autos.id РPembalap Mercedes, Lewis Hamilton berhasil meraih kemenangan pada balapan GP Rusia yang berlangsung di Sirkuit Sochi Autodrom. Pada balapan yang berakhir dramatis karena turunnya hujan di 5 lap terakhir tersebut, membuat pembalap asal Inggris tersebut meraih kemenangan ke 100nya diajang Formula One. Dan dengan jumlah kemenangan tersebut sekaligus membuatnya menjadi pembalap pertama yang meraih 100 kemenangan sepanjang karirinya di Formula One. Pembalap Red Bull, Max Verstappen yang start dari posisi paling belakang karena mengganti unit mesinnya berhasil finish kedua dan membaut persainagan gelar juara dunia melawan Lewis Hamilton juga semakin sengit karena hanya berselisih 2 poin.

Sedangkan podium ketiga diraih oleh pembalap Ferrari, Carlos Sainz yang pada lap-lap awal perlombaan sempat memimpin perlombaan. Pembalap Mclaren, Lando Norris yang memimpin dihampir sepanjang balapan harus finish kedelapan setelah ia sempat menolak masuk pit stop karena hujan yang mengguyur di 5 lap tersisa.

Diposisi klasmen pembalap sendiri, Lewis Hamilton mengambil alih puncak klasmen dari Max Verstappen dengan 246,5 poin dan hanya berselish 2 poin saja dari Max Verstappen diklasmen sementara pembalap dan menyisakan 7 balapan lagi. Sedangkan untuk klasmen konstruktor, Mercedez masih berada diurutan teratas dengan 397,5 poin disusul Red Bull dengan 364,5. Perebutan posisi ketiga klasmen konstruktor juga tidak kalah menariknya antara Mclaren dan Ferrari, dimana Mclaren masih unggul dengan 234 poin, dan Ferrari diposisi keempat dengan 216,5 poin.

Lewis Hamilton

 

Jalannya Balapan

Lando Norris yang start dari posisi terdepan langsung disalip oleh Carlos Sainz yang start diposisi kedua setelah selepas tikungan pertama, lalu disusul George Russel (Williams) diposisi ketiga. Sedangkan Hamilton yang start diposisi keempat turun dua posisi keposisi enam diakhir lap pertama. Verstappen dan Valterri Bottas (Mercedes) juga terlibat pertarungan yang sengit dibarisan belakang setelah kedua pembalap tersebut mendapat hukuman start dari belakang setelah keduanya mengganti mesin mereka.

Kedua pembalap tersebut berduel untuk memperebutkan posisi ke 14 dan akhirnya Verstappen berhasil menyalip Bottas untuk mencoba merangsek kebarisan depan. Dilap 12, Norris kembali mencoba untuk kembali merebut posisi pertama yang dierbut Sainz diawal lomba dan usaha Norris pun berhasil untuk kembali mengambil alih pimpinan balapan dilap ke 14. Sedangkan Sainz sendiri setelah disalip oleh Norris terus turun posisinya disalip oleh Hamilton dan Sergio Perez (Red Bull).

Adapun Verstappen semakin lama semakin mendekat kebarisan depan sebelum akhirnya harus turun posisi lagi karena melakukan pit stop bersama dengan Hamilton. Kemudian Norris juga melakukan pit stop dan turun keposisi empat dan pimpinan balapan direbut oleh Perez yang belum melakukan pitstop disusul oleh Fernando Alonso (Alpine) dan Chareles Leclerc (Ferrari). Ketiga pembalap tersebut secara bergantian masuk pit stop dan membuat Norris kembali menjadi pimpinan balapan.

Secara Dramatis, Lewis Hamilton Menangi Balapan GP Rusia Yang Penuh Drama

Di sisa 10 lap, persainagn antara Norris dan Hamilton mulai terlihat ketat dimana Hamilton mencoba mencari kesempatan untuk menyalip Norris untuk mengambil alih pimpinan balapan. Norris sendiri merncoba untuk mempertahankan posisinya dan selalu konsisten menjaga jarak dengan Hamilton direntang gap 1,1 detik setiap lap.

 

Drama mulai tersaji menjelang akhir balapan dimana hujan tiba-tiba turun dan para pembalap mulai kesulitan mengendalikan mobil mereka ditrek yang basah dengan ban kering. Hal tersebut membuat beberapa pembalap melakukan pit stop untuk mengganti ban kering ke ban intermediate. Tapi hal yang berbeda dilakukan oleh Norris dimana ia nekat tidak melakukan pit stop dan melanjutkan balapan dengan ban kering ditrek yang basah.

Keputusan Norris harus dibayar mahal setelah Norris melebar karena sulitnya mengendalikan mobil dengan ban kering ditrek basah dan disalip Hamilton. Akhirnya Norris melakukan pit stop di 2 lap terakhir dan turun keposisi 8. Hamilton yang sudah mengganti ban di 2 lap sebelumnya berhasil mengamankan posisinya hingga akhir balapan dan memenangi balapan GP Rusia kali ini, disusul Verstappen dan Sainz yang melengkapi posisi podium.

Secara Dramatis, Lewis Hamilton Menangi Balapan GP Rusia Yang Penuh Drama

Sirkuit Sochi Autodrom Rusia

 

Raihan 100 kemenangan yang didapatkan Hamilton menjadikan dirinya sebagai pembalap pertama yang meraih raihan 3 digit kemenangan selama berkarir di Formula One. Sementara untuk Norris, nampaknya ia masih harus menunggu lagi untuk bisa merasakan kemenangan dibalapan F1. Balapan selanjutnya akan berlangsung di Sirkuit Istanbul Park, Turki, pada 8 Oktober mendatang. Disirukit ini tahun lalu, Lewis Hamilton mengunci gelar juara dunia ketujuhnya dan mensejajarkan dirinya dengan Michael Schumacher yang sama-sama mengoleksi 7 gelar juara dunia.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Balap

Ajang balap F1 Academy ini merupakan terobosan terbaru dari F1 untuk memberi kesempatan lebih kepada para pembalap wanita yang ingin mewujudkan mimpinya balapan di...

Mobil

Kerjasama Audi dan Sauber ini sekaligus memastikan Audi akan turun sebagai tim pabrikan dengan support dari Sauber mulai musim 2026 mendatang. Autos.id – Setelah...

Balap

Saat ini Renault hanya menyuplai mesin untuk Alpine yang tidak lain adalah tim utama mereka di ajang Formula One sejak tahun 2021 silam. Autos.id...

Balap

Balapan terakhir musim 2021 di GP Abu Dhabi yang penuh dengan drama akhirnya dimenangkan oleh Max Verstappen setelah melalui pertarungan yang ketat dengan Lewis...