Balap

Rio Haryanto Resmi Jadi Pembalap F1 2016

Rio Haryanto Resmi Jadi Pembalap F1 2016
Pembalap Indonesia Pertama yang Berlaga di F1

Jakarta, Autos.id – Indonesia akhirnya secara resmi memiliki pembalap Formula Satu (F1) melalui bakat emas Rio Haryanto. Mewakili Merah Putih, Rio akan bergabung dengan pembalap Jerman, Pascal Wehrlein, di bawah payung Manor Racing F1.

Pengumuman Rio Haryanto menjadi pembalap F1 pertama dari Indonesia ini dilakukan oleh pihak Pertamina di Jakarta. “Rio sudah resmi jadi pembalap F1. Cuma ada satu kata, sukses buat Rio,” kata Wianda Poesponegoro, Juru Bicara Pertamina. Itu artinya Rio menggeser dua kandidat pembalap Manor Racing lainnya Alexander Rossi (Amerika Serikat) dan Will Stevens (Inggris).

Jalan terjal harus dilalui Rio menuju kursi kokpit jet darat tersebut untuk bertarung bersama Lewis Hamilton dkk. Batu sandungan Rio untuk bisa masuk F1 terbesar yakni masalah pendanaan. Untuk dapat bergabung dengan Manor Racing selama semusim penuh, pihak Rio harus membayar uang 15 juta Euro atau sekitar Rp 225 miliar. Namun, pekan lalu pihak Rio baru membayar uang muka 3 juta Euro.

Rio Akan Berlaga Bersama Pascal Wehrlein

Rio Akan Berlaga Bersama Pascal Wehrlein

Guna melunasi kewajiban pendanaan tersebut, pihak Pertamina telah menyatakan bakal menyumbang 5,2 juta Euro sebagai sponsor utama. Pemerintah melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) juga telah berniat menyumbang Rp 100 miliar. Namun belakangan ternyata dana itu harus terlebih dulu mendapat persetujuan DPR RI. Kabar terakhir tersiar jika pengusaha muda, Sandiaga Uno, menyatakan akan memberikan dukungan terhadap Rio.

“Rio merupakan salah satu kebanggaan bangsa. Saya tidak terlalu aktif di olahraga otomotif, tetapi melihat perkembangan Rio, saya kira ini adalah hal yang membanggakan. Semua pihak harus mendukung Rio demi mengharumkan Indonesia,” ujar Sandiaga, seperti dikutip dari Kompas.com

Rio Masuk Line Up Pembalap F1 2016

Rio Masuk Line Up Pembalap F1 2016

Kepastian Rio untuk bergabung menjadi line-up pembalap F1 musim 2016 ini pun sudah diberitakan oleh tim Manor Racing F1. Melalui akun Twitter resmi Manor Racing, tim balap yang didirikan John Booth tampak bergairah dengan terpenuhinya kuota pebalap mereka. “Kabar baik! Kami telah menandatangani kontrak dengan Rio Haryanto sebagai pembalap kedua. Kami tahu, dia pebalap yang muda dan ‘lapar’. Line-up kami untuk 2016 sudah komplet,” demikian bunyi tweet Manor Racing.

Rio Haryanto merupakan pembalap 23 tahun yang musim lalu turun di ajang GP2. Sepanjang musim 2015, Rio sukses tiga kali naik podium sebagai juara pertama sehingga dilirik tiga tim Formula 1, satu diantaranya Manor Racing. Dan ternyata tim yang berbasis di Inggris ini yang kemudian memberikan tawaran resmi kepada pihak Rio. Selanjutnya, Rio akan bertolak ke Barcelona untuk mengikuti latihan pra-musim dan juga peluncuran resmi tim Manor Racing pada 22 Februari 2016.

Comments

0 comments

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular

Review Mobil & Motor, Komparasi, Harga, Komunitas, Modifikasi dan Berita Industri Otomotif Indonesia.
To Top