Connect with us

Hi, what are you looking for?

Balap

Max Verstappen Raih Juara F1 GP Emilia Romagna

Max Verstappen Keluar Sebagai Pemenang F1 GP Emilia Romagna
Max Verstappen

Dalam seri GP Emilia Romagna ini, Max Verstappen meraih Grand Slam dengan meraih pole position, memimmpin sepanjang balapan, dan meraih fastest lap.

Autos.id  – Juara bertahan F1, Max Verstappen keluar sebagai pemenang balapan F1 GP Emilia Romagna pada Minggu (24/4/2022). Pada balapan yang berlangsung di Autodromo Enzo e Dino Ferrari, Imola, Italia tersebut pembalap Red Bull memimpin sepanjang balapan dan merebut grand slam dengan raihan sempuran pole position, memimpin sepanjang balapan, menjadi pemenang serta meraih fastest lap.

Rekan setim Verstappen Sergio Perez finish di posisi kedua disusul pembalap Mclaren, Lando Norris. Dua pembalap Ferrari, Charles Leclerc dan Carlos Sain mendapat nasib sial pada balapan kandang tim Kuda Jingkrak ini.

Jalannya Balapan

Balapan yang berlangsung selama 63 lap di mulai dalam kondisi lintasan basah setelah beberapa jam sebelumnya di guyur hujan. Saat start di mulai, Verstappen yang start dari pole position kali ini berhasil mempertahankan posisinya. Charles Leclerc yang start dari posisi kedua melorot ke posisi 4 setelah tikungan pertama setelah di salip Sergio Perez dan Lando Norris.

Max Verstappen Keluar Sebagai Pemenang F1 GP Emilia Romagna

Start F1 GP Emilia Romagna 2022

Rekan setim Leclerc di Ferrari, Carlos Sainz justru harus mengalami nasib sial. Start dari posisi keempat, ia justru harus mengakhir balapan lebih awal setelah ia disenggol oleh pembalap Mclaren, Daniel Ricciardo ditikungan pertama. Mobil Sainz terperangkap di gravel sehingga mobilnya tidak bisa dijalankan lagi. Sainz menjadi pembalap pertama yang harus mengakhiri balapan.

Safety Car pun masuk ke lintasan dan berlangsung hingga lap kelima. Setelah balapan di lanjutkan, Verstappen mulai melebarkan jaraknya dengan para pesaing di belakangnya. Pada lap ketujuh, pembalap tim Alpine, Fernando Alonso harus mengakhiri balapan lebih cepat. Juara dunia F1 2 kali ini harus mengakhiri balapan karena sidepot mobilnya yang mengalami kerusakan setelah sempat bersenggolan dengan pembalap Haas, Mick Schumacher.

Memasuki lap ke 18, kondisi lintasan yang mulai mengering membuat semua pembalap yang tersisa satu per satu masuk pit stop untuk mengganti ban intermediate mereka ke ban kering. Dalam salah satu momen pit stop, pembalap Alpine, Esteban Ocon menyalip pembalap Mercedes, Lewis Hamilton saat berada di pit lane.

Karena dianggap membahayakan, Ocon pun dikenai hukuman penalti tambahan waktu 5 detik. Kembali ke barisan depan, Verstappen semakin nyaman memimpin balapan dan terus memperlebar jaraknya hingga 12 detik atas Perez. Sedangkan Perez sendiri masih harus berjibaku dengan Leclerc untuk memperebutkan posisi kedua.

Max Verstappen Keluar Sebagai Pemenang F1 GP Emilia Romagna

Insiden Antara Carlos Sainz dan Daniel Ricciardo

15 lap menjelang finish, beberapa pembalap juga melakukan pit stop kedua seperti Verstappen, Perez, Leclerc, dan Norris. Namun pada lap ke 54, nasib sial dialami oleh Leclerc. Sedang dalam posisi mengejar Perez, pembalap Monako ini justru terpelintir dan keluar lintasan. Meskipun masih bisa melanjutkan balapan, sayap depan mobilnya mengalami kerusakan sehingga ia terpaksa harus pit stop lagi.

Alhasil ia pun sempat melorot hingga ke posisi 9. Namun dengan ban soft yang lebih cepat serta di dukung mobil Ferrari yang mumpuni membuat ia bisa bangkit dan finish di posisi keenam. Beberapa lap menjelang finish, persaingan seru terjadi antara pembalap Mercedes, George Russell dan pembalap Alfa Romeo, Valterri Bottas untuk memperebutkan posisi keempat.

Duel ini sendiri berhasil dimenangkan oleh Russell setelah ia berhasil menahan berbagai serangan dari Bottas. Hingga akhir balapan, Verstappen keluar sebagai pemenang disusul Perez dan Norris yang melengkapi posisi podium. Charles Leclerc yang sempat melorot ke posisi 9 berhasil finish di urutan 6. Hasil positif juga diraih tim Aston Martin yang akhirnya meraih poin dengan Sebastian Vettel finish di urutan 8 dan Lance Stroll di posisi 10.

Pembalap lainnya yang berada di 10 besar seperti pembalap Alpha Tauri, Yuki Tsunoda yang finish di posisi 7 dan pembalap Haas, Kevin Magnussen yang finish di posisi 9. Sedangkan juara dunia 7 kali, Lewis Hamilton hanya berhasil finish di posisi 13. Bahkan ia harus di overlap pembalap terdepan dan juga kesulitan untuk menyalip beberapa pembalap didepannya.

Max Verstappen Keluar Sebagai Pemenang F1 GP Emilia Romagna

Podium F1 GP Emilia Romagna 2022

Hasil balapan ini tetap membuat Leclerc mmenuncaki klasmen pembalap. Dan berkat kemenangan dan fastest lap yang didjapatkan, membuat Verstappen naik ke posisi kedua klasmen pembalap. Balapan selanjtnya akan berlangsung di MiamI, Amerika Serikat dalam debut GP Miami yang akan berlangsung dari tanggal 6 hingga 8 Mei mendatang.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Balap

Seri F1 GP Abu Dhabi ini menjadi penutup 22 lomba sepanjang musim 2022 yang termasuk kedalam salah satu musim terpanjang dalam sejarah F1. Autos.id...

Balap

Kemenangan Di GP Sao Paolo ini juga menghentikan catatan tanpa kemenangan yang sudah dialami tim Mercedes sejak akhir tahun 2021 silam. Autos.id – Seri...

Balap

Ini merupakan gelar juara dunia kedua Max Verstappen setelah gelar pertama yang ia raih di musim lalu dan kali ini diraihnya secara meyakinkan. Autos.id...

Balap

Ini merupakan kemenangan kedua Sergio Perez di musim 2022 ini setelah kemenangan pertamanya di GP Monako pada awal musim kemarin. Autos.id – F1 musim...