Connect with us

Hi, what are you looking for?

Balap

Max Verstappen Kuasai GP Meksiko, Sergio Perez Finish Ketiga!

Max Verstappen Memenangkan GP Meksiko, Sergio Perez Finish Dipodium Pada Balapan Kandangnya

Last updated on 28 November, 2021

Keberhasilan Max Verstappen memenagkan GP Meksiko serta Sergio Perez yang finish di urutan ketiga membuat persaingan gelar juara dunia dan konstruktor musim 2021 semakin sengit dengan 4 balapan tersisa.

Mexico City, Autos.id Max Verstappen berhasil memperlebar jaraknya dengan Lewis Hamilton dalam persaingan memperbutkan gelar juara dunia F1 setelah memenangkan balapan GP Meksiko. Pada balapan yang berlangsung di Autodromo Hermanos Rodriguez, Minggu (7/11/2021) waktu setempat, pembalap Red Bull tersebut berhasil meraih kemenangan keduanya di sirkuit ini sekaligus meraih kemenang kedua beruntun di balapan benua Amerika.

Lewis Hamilton yang menjadi pesaing utama dalam meraih gelar juara dunia finish di urutan kedua. Rekan setim Verstappen, Sergio Perez yang membalap didepan publik sendiri berhasil finish di urutan ketiga sekaligus memecahkan rekor sebagai pembalap Meksiko pertama yang finish di Podium di balapan kandangnya.

Jalannya Balapan

Pembalap Mercedes Valterri Bottas, yang start dari urutan pertama gagal mempertahankan posisinya saat Verstappen yang start menyalipnya. Sialnya lagi, selepas tikungan pertama, Bottas disenggol oleh pembalap Mclaren, Daniel Ricciardo dan membuatnya posisinya harus melorot kebarisan belakang. Di tikungan yang sama, insiden juga melibatkan pembalap Haas Mick Schumacher dan Yuki Tsunoda dari Alpha Tauri yang menyebabkan kedua pembalap tersebut tidak dapat melanjutkan balapan.

Baca juga: Menangi GP Qatar, Hamilton Pertipis Jarak Poin Dengan Verstappen

Max Verstappen Memenangkan GP Meksiko, Sergio Perez Finish Dipodium Pada Balapan Kandangnya

Adanya insiden tersebut membuat Safety Car keluar ke trek dan balapan berlanjut setelah 5 lap kemudian. Selepas restart, Verstappen memimpin balapan diikuti oleh Hamilton, Perez, Pierre Gasly, Charles Leclrec, Carlos Sainz yang melengkapi posisi 6 besar diakhir lap ke 6. Setelah itu tidak terjadi perubahan signifikan hingga memasuki periode pitstop.

Pada Lap 30, Lewis Hamilton memutuskan masuk pit stop untuk mengganti bannya. Setelah keluar pit stop, ia berada di urutan ketiga tepat di belakang Perez yang belum melakukan pit stop. 4 lap kemudian, giliran Verstappen yang masuk pit stop dan berada di belakang Perez yang belum melakukan pit stop. Karena belum melakukan pit stop, Perez memimpin jalannya dan mencetak rekor sebagai pembalap Meksiko pertama yang memimpin jalannya balapan didepan supporter sendiri.

Pada lap ke 41, Perez akhirnya masuk pit stop untuk mengganti bannya. Hal ini juga membuat Verstappen kembali mengambil alih pimpinan balapan. Verstappen sendiri mulai menjauh dari kejaran Hamilton, bahkan Hamilton mulai didekati oleh Perez dibelakangnya sekaligus untuk membantu Verstappen yang sempat didekati Hamilton dibeberapa lap sebelumnya.

Perez sendiri mencoba untuk menyalip Hamilton. Terlebih dengan mobil Red Bull yang pada balapan kali ini lebih cepat dengan mobil Mercedes. Tetapi usaha Perez untuk bisa menyalip Hamilton tidak berhasil dan membuatnya finish ketiga. Verstappen sendiri tidak terkejar lagi hingga akhir balapan sekaligus meraih kemenangan keduanya di sirkuit ini, Hamilton finish kedua setelah Perez.

Lalu di belakangnya ada Pierre Gasly dari Alpha Tauri, serta duo pembalap Ferrari, Charles Leclerc dan Carlos Sainz yang finish di urutan kelima dan keenam. Sebastian Vettel (Aston Martin), Kimi Raikkonen (Alfa Romeo), Fernando Alonso (Alpine), dan Lando Norris (Mclaren) melengkapi 10 besar balapan. Hasil ini membuat Verstappen memperlebar jaraknya dengan Hamilton di klasmen pembalap dengan selisih 19 poin. Sedangkan raihan podium Perez mendapat sambutan suka cita oleh para penonton tuan rumah yang akhirnya bisa melihat pembalap tuan rumah yang bisa naik podium di balapan kandangnya.

Baca juga: Persaingan Gelar Juara Dunia F1 Musim 2021 Berlanjut Di GP Qatar

Max Verstappen

Hasil Balapan GP Mexico 2021

  1. Max Verstappen (Belanda) (Red Bull)
  2. Lewis Hamilton (Inggris) (Mercedes)
  3. Sergio Perez (Meksiko) (Red Bull)
  4. Pierre Gasly (Prancis) (Alpha Tauri)
  5. Charles Lecrec (Monako) (Ferrari)
  6. Carlos Sainz (Spanyol) (Ferrari)
  7. Sebastian Vettel (Jerman) (Aston Martin)
  8. Kimi Raikkonen (Finlandia) (Alfa Romeo)
  9. Fernando Alonso (Spanyol) (Alpine)
  10. Lando Norris (Inggris) (Mclaren)
  11. Antonio Giovinazzi (Italia) (Alfa Romeo)
  12. Daniel Ricciardo (Australia) (Mclaren)
  13. Esteban Ocon (Prancis) (Alpine)
  14. Lance Stroll (Kanada) (Aston Martin)
  15. Valterri Bottas (Finlandia) (Mercedes)
  16. George Russell (Inggris) (Williams)
  17. Nicholas Latifi (Kanada) (Williams)
  18. Nikita Mazepin (Rusia) (Hass)
  19. Mick Schumacher (Jerman) (Hass) – gagal finish
  20. Yuki Tsunoda (Jepang) (Alpha Tauri) – gagal finish

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Balap

Kemenangan ke 14 Max Verstappen di musim 2022 pada balapan GP Meksiko ini berpotensi akan kembali bertambah meningat F1 masih menyisakan 2 seri tersisa...

Balap

  Secara resmi, pemenang Grand Prix Monaco tahun ini akan tetap tinggal di Red Bull Racing hingga akhir 2024. Sergio “Checo” Perez, pembalap F1...

Balap

Hasil finish 1-2 yang didapatkan Pascal Wehrlein dan Andre Lotterer ini membuat Porsche untuk pertama kalinya finish 1 dan 2 sepanjang keikutsertaan tim ini...

Balap

Balapan terakhir musim 2021 di GP Abu Dhabi yang penuh dengan drama akhirnya dimenangkan oleh Max Verstappen setelah melalui pertarungan yang ketat dengan Lewis...