Connect with us

Hi, what are you looking for?

Balap

Juara MotoGP 2023 Mandalika, “Pecco” Bagnaia Rebut Kembali Posisi Pertama

Francesco Bagnaia dari Ducati Team (depan)

Pertamina Grand Prix of Indonesia (Indonesian GP) 2023 sukses digelar. Sejumlah kejutan mewarnai race MotoGP, Moto2, dan Moto3.

Mandalika, Autos.id  – Puncak pelaksanaan PertaminaGrand Prix of Indonesia (Indonesian GP) 2023 di Pertamina Mandalika International Circuit, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), pada hari ketiga (15/10) telah digelar. Di kelas paling bergengsi, MotoGP, pembalap dari Ducati Lenovo Team, sekaligus juara MotoGP 2022, Francesco “Pecco” Bagnaia berhasil menjadi juara setelah melalui pertarungan sengit dalam 27 laps yang digelar.

Rider Italia tersebut tampil menakjubkan pada race MotoGP Mandalika setelah tak mampu menunjukkan performa maksimal sejak sesi latihan bebas hingga Tissot Sprint (sprint race).

Mengawali balapan di grid lima pada posisi 13, Pecco ‘menggila’ dengan tampil nyaris tanpa cela hingga mampu mengamankan podium pertama dengan torehan waktu 41 menit 20,293 detik.

Francesco Bagnaia (Tengah), Maverick Vinales (kiri) dan Fabio Quartararo (kanan)

Podium kedua direbut oleh rider Spanyol dari Aprilia Racing, Maverick Vinales, dengan selisih waktu 0,306 detik. Menyusul di posisi ketiga runner up MotoGP 2022, Fabio Quartararo. Rider asal Prancis dari tim Monster Energy Yamaha MotoGP tersebut hanya berselisih 0,433 detik dari Pecco.

Adapun pertarungan para riders berjalan panas sejak lap pertama. Pembalap Spanyol dari Prima Pramac Racing yang tampil dominan pada sprint race kemarin, Jorge Martin, langsung menyodok ke posisi pertama dari posisi start enam sejak balapan baru dimulai. Dia pun sempat mengukir selisih waktu hingga 2 detik dengan rider di belakangnya.

Namun, nasib sial menimpa Martin yang terjatuh pada lap ke-13 dan tak mampu melanjutkan balapan. Nasib serupa juga menimpa rekan setim Martin asal Prancis, Johann Zarco yang terjatuh pada lap ke-15.

Dua pembalap Spanyol dari Repsol Honda Team, Marc Marquez dan Joan Mir juga sama-sama gagal finish setelah terjatuh masing-masing pada lap ke-8 dan ke-11. Adapun sehari sebelumnya, Marquez juga gagal finish pada sprint race.

Kembali dua riders Spanyol dari tim yang sama, Pol Espargaro dan Augusto Fernandez, gagal menyelesaikan balapan. Dua pembalap dari GASGAS Factory Racing Tech3 itu terjatuh masing-masing pada lap ke-2 dan ke-13.

Pembukaan MotoGP 2023 Mandalika dimeriahkan oleh atraksi udara

Sementara itu, rider Italia peraih pole position dari tim Mooney VR46 Racing Team, Luca Marini, itu harus menelan pil pahit setelah gagal melanjutkan balapan pada lap ke-5. Adik juara dunia 9 kali Valentino Rossi itu terjatuh setelah bersinggungan dengan rider Afrika Selatan dari Red Bull KTM Factory Racing, Brad Binder. Sempat mencoba melanjutkan balapan, Marini akhirnya harus masuk ke pit lane dan gagal finish.

Dengan hasil race tersebut, klasemen pembalap pada MotoGP 2023 kembali berubah setelah pada hari sebelumnya terjadi ‘kudeta’ pimpinan klasemen usai ajang sprint race. Pecco kembali menggeser Martin di posisi pertama dengan  dengan 346 poin. Martin masih membayangi dengan 328 poin, disusul rider Italia dari Mooney VR46 Racing Team, Marco Bezzecchi, dengan 283 poin.

Hasil race di Sirkuit Mandalika pun menambah panas tensi menuju tangga juara MotoGP tahun ini. Pasalnya, sejumlah riders masih berpeluang merengkuh gelar juara dalam ajang kejuaraan balapan yang hanya menyisakan lima seri lagi.

Kesuksesan gelaran Indonesian GP 2023 itu juga dibuktikan dengan tingginya jumlah pengunjung yang mencapai 103.000 kunjungan, melampaui target yang ditetapkan sebanyak 80.000 kunjungan.

Sementara itu, Presiden Direktur Dyandra&Co. Daswar Marpaung mengungkapkan kesuksesan pelaksanaan Indonesian GP 2023 tak lepas dari berbagai keseruan side event yang ada di Sirkuit Mandalika. Menurutnya, sejumlah program pendukung dan tenant yang disajikan turut menunjang antusiasme penonton yang hadir.

MotoGp 2023 Mandalika dihadiri lebih dari 100 ribu penonnton

“Kehadiran side event menjadi nilai tambah bagi penonton yang datang ke empat zona yang kami sediakan. Sebanyak 103 UMKM turut meriahkan gelaran ini, mulai dari yang menyediakan makanan, minuman, kerajinan hingga pakaian tersebar di berbagai zona side event,” pungkasnya.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Berita Otomotif

Surabaya, Autos.id  –  Indonesia International Motor Show (IIMS) Surabaya yang berlangsung dari 29 Mei hingga 2 Juni 2024 di Grand City Convex, Surabaya, menarik...

Berita Otomotif

Surabaya, Autos.id  – Tuntas gemilang perhelatan Indonesia International Motor Show (IIMS) di Jakarta 15-25 Februari lalu, Dyandra Promosindo siap melanjutkan kesuksesan tersebut di kota...

Berita Otomotif

Jakarta, Autos.id  –  Menyusul kesuksesan tahun 2023, pesta otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024, akan segera diselenggarakan pada 15-25 Februari 2024 di JIExpo...

Balap

Last updated on 24 Oktober, 2023 Jakarta, Autos.id  – Sebanyak 5 anggota komunitas dari beragam klub motor Honda yang tergabung dalam Asosiasi Honda Jakarta...

error: Content is protected !!